Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Konkret
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27342Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Gugus II Kecamatan Bangli yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Bebalang yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Kawan yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata, diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 21 dan kelompok control sebesar 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,63, sedangkan, ttabel dengan dk 56 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,02. Hal ini berarti, thitung lebih besar dibandingkan ttabel (thitung = 5,63 > ttabel = 2.02) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli.
References
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17.
Asri, N. L., Suarni, N. K., & Arum, D. (2013). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1).
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. refrensi jakarta.
Azhari, F. (2018). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa dalam Materi Teks Fiksi. Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa Dalam Materi Teks Fiksi, 5(3), 129–139.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Gede, A. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media.
Harahap, R. (2017). Pokok Bahasan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah: Perbandingan Kurikulum Tingkat Satuan (Ktsp) Dan Kurikulum 2013 (K-13). Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 109–126.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10940
Koyan, i wayan. (2012). Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. universitas pendidikan ganesha.
Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.
Siswono, T., & Novitasari, W. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe ”What’s Another Way”. Jurnal Transformasi, 1–13.
Solekha, F. N., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Optics Communications, 63(2).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). bumi aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)