Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Putu Nata Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I G.A Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27353

Keywords:

Quantum Teaching, Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD Gugus VIII Abiansemal. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Abiansemal sebanyak 9 kelas dengan 219 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata nilai siswa yang mengikuti model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan yaitu 26.16 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 24.03. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis polled varians. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (dk = 59 dengan thitung = 5,297 dan harga ttabel = 2,001) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020.

 

Author Biographies

Putu Nata Wibawa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I G.A Agung Sri Asri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Singaraja: FIP Undiksha

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas, Purwekerto:Yayasan Sanitarian Banyumas

Dewi, Santika. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa” Volume 2, Nomor 2 (hlm. 1-8). Tersedia pada

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15389

DePorter, Bobbi. Dkk. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Hartini, Sri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Bentuk Penilaian Portofolio Berbasis Kelas Dan Jenis Sekolah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 1-14). Tersedia pada

https://mathline.unwir.ac.id/index.php/Mathline/article/view/40

Kurniawan, Adi. 2014. “Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semester 1 Sd Gugus 7 Sukawati”. Volume: 2 Nomor 1. (hlm. 1-10). Tersedia pada

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2233

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Wibawa, P. N., & Sri Asri, I. G. A. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 334–342. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27353

Issue

Section

Articles