Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27353Keywords:
Quantum Teaching, Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD Gugus VIII Abiansemal. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Abiansemal sebanyak 9 kelas dengan 219 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata nilai siswa yang mengikuti model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan yaitu 26.16 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 24.03. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis polled varians. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (dk = 59 dengan thitung = 5,297 dan harga ttabel = 2,001) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Agung, A. A. Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Singaraja: FIP Undiksha
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas, Purwekerto:Yayasan Sanitarian Banyumas
Dewi, Santika. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa” Volume 2, Nomor 2 (hlm. 1-8). Tersedia pada
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15389
DePorter, Bobbi. Dkk. 2010. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Hartini, Sri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Bentuk Penilaian Portofolio Berbasis Kelas Dan Jenis Sekolah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa”. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 1-14). Tersedia pada
https://mathline.unwir.ac.id/index.php/Mathline/article/view/40
Kurniawan, Adi. 2014. “Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semester 1 Sd Gugus 7 Sukawati”. Volume: 2 Nomor 1. (hlm. 1-10). Tersedia pada
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2233
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)