Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud Tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD N 2 Sayan yang berjumlah 23 siswa dan siswa kelas IV SD N 3 Sayan yang berjumlah 23 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung= 26,733 > ttabel=2,021 adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil analsis data model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual yaitu 26,00 dan skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 15,58. Hasil uji-t dengan ttabel dengan db = 23 + 23 - 2 = 44 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,021. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020.
References
Agung, A.A.G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Dantes, Nyoman. 2012. Analisis dan Desain Eksperimen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YRAMA WIDYA.
Mendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud
Rosarina, Gina, dkk. (2016). “Penerapan Model Discovery Learning Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda”. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Nomor 1, (hlm 371-380).
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
http://novehasanah.blogspot.com/2016/06/kelebihan-kekurangan-discovery-learning.html?m=1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)