Pengaruh Model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media Audio-visual terhadap Kompetensi pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27441Abstract
Penelitian ini bermula dari hasil studi pendahuluan di kelas IV SD yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang nilai kompetensi pengetahuan IPS berada di bawah KKM. Selain itu belum diterapkannya model PAIKEM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yang di lakukan adalah kuantitatif dengan disain eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh peserta didik kelas IV yang ada di Gugus Peliatan yang terdiri dari 4 kelas denga 2 sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang di terapkannya model PAIKEMberbantuanmeida audio-visual untuk kelas IV SD Negeri 4Peliatan sebanyak 34 peserta didik dan kelas IV SD Negeri 1 Peliatan sebanyak 36 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang di belajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya mengunakan metode tes berupa tes objektif kompetensi pengetahuan IPS kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,699 lebih dari kelompok kontrol yaitu 0,45 dan setelah analisis uji hipotesis diperoleh diperoleh thit0,916> ttab (a=0,05,70) =1,99, maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media audio-visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian model ini dapat dijadikan bahan guru dalam memilih variasi saat proses pembelajaran dikarenakan sudah terbukti dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS.
References
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V1i1.149
Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V3i1.157
Hanifah, U. (2016). Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 5(2), 301–330.
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.212019.105
Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Hikmah:Jaip.2017.Vol14(2).1027
Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2017.V7.I3.P214-225
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I3.P219-230
Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72.
Purwani, N. P. R., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Journal For Lesson And Learning Studies, 1(2), 165–172. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V1i2.14714
Putu, N., & Dewi, J. (2020). Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2).
Rina Febriani, Zaitul, A. (2019). Vol. 1 No.4 Edisi 2 Juli 2019 Http://Jurnal.Ensiklopediaku.Org Ensiklopedia Of Journal. 1(4), 153–157.
Romadiastri, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Metode Pembelajaran Matematika Dengan Paikem Berbasis Ict Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (Mi). At-Taqaddum, 8(2), 210. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i2.1171
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenamedia Group.
Umi. (2016). Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 5(2), 301–330.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)