Pengaruh Model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media Audio-visual terhadap Kompetensi pengetahuan IPS

Authors

  • Pande Made Aditya Pramana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27441

Abstract

Penelitian ini bermula dari hasil studi pendahuluan di kelas IV SD yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang nilai kompetensi pengetahuan IPS berada di bawah KKM. Selain itu belum diterapkannya model PAIKEM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yang di lakukan adalah kuantitatif dengan disain eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh peserta didik kelas IV yang ada di Gugus Peliatan yang terdiri dari 4 kelas denga 2 sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang di terapkannya model PAIKEMberbantuanmeida audio-visual untuk kelas IV SD Negeri 4Peliatan sebanyak 34 peserta didik dan kelas IV SD Negeri 1 Peliatan sebanyak 36 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang di belajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya mengunakan metode tes berupa tes objektif kompetensi pengetahuan IPS kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,699 lebih dari kelompok kontrol yaitu 0,45 dan setelah analisis uji hipotesis diperoleh  diperoleh thit0,916> ttab (a=0,05,70) =1,99, maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media audio-visual  berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian model ini dapat dijadikan bahan guru dalam memilih variasi saat proses pembelajaran dikarenakan sudah terbukti dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS.

References

Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V1i1.149

Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V3i1.157

Hanifah, U. (2016). Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 5(2), 301–330.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.212019.105

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Hikmah:Jaip.2017.Vol14(2).1027

Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2017.V7.I3.P214-225

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2018.V8.I3.P219-230

Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72.

Purwani, N. P. R., Darsana, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Journal For Lesson And Learning Studies, 1(2), 165–172. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V1i2.14714

Putu, N., & Dewi, J. (2020). Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2).

Rina Febriani, Zaitul, A. (2019). Vol. 1 No.4 Edisi 2 Juli 2019 Http://Jurnal.Ensiklopediaku.Org Ensiklopedia Of Journal. 1(4), 153–157.

Romadiastri, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Metode Pembelajaran Matematika Dengan Paikem Berbasis Ict Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (Mi). At-Taqaddum, 8(2), 210. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i2.1171

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Jakarta: Prenamedia Group.

Umi. (2016). Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 5(2), 301–330.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Aditya Pramana, P. M. (2020). Pengaruh Model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media Audio-visual terhadap Kompetensi pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 436–445. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27441

Issue

Section

Articles