Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Mempengaruhi Hasil Belajar

Authors

  • Rahayu Made Chandenni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27445

Abstract

Penelitiann ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil dari uji normalitas dengan menggunakan kolmogorov smirnov untuk rata-rata hasil belajar pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X̅ = 20,811 lebih besar daripada rata-rata hasil belajar pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol X̅= 18,032. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung= 3,518 > ttabel = 1,997) pada taraf signifikasi 5% (dk = 37 + 31 – 2 = 66) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar pengetahuan dalam pembelajaran IPA Kelas IV SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Author Biography

Rahayu Made Chandenni, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, Edisi 2, Cetakan Pertama. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2015). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Efendi, M. (2013). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Ke Empat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyastini, W., & Dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Gugus V Banjar. Jurnal Mimbar PGSD, 1(3).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, D. (2010). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy untuk Pembelajaran IPA Terintegrasi Menggunakan Model Project Based Learning, Problem Based Learning, Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Siswa S. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Chandenni, R. M. (2020). Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Mempengaruhi Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 426–435. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27445

Issue

Section

Articles