Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa

Authors

  • Ni Luh Komang Ayu Suwandewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27454

Keywords:

Visualization Auditory Kinesthetic, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD N. 2 Sempidi sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA SD N. 3 Sempidi sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,416 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 45 diperoleh ttabel = 2,021. Hasil analisis menunjukkan thitung = 2,416 > ttabel = 2,021, maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran VAK berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh kelompok eksperimen yaitu 87,73 lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 82,57. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran VAK berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Mengwi tahun ajaran 2019/2020.

Author Biography

Ni Luh Komang Ayu Suwandewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharun, Hasan. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Nurja.

Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia. DePorter, Bobbi, dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Penerbit Kaifa.

Desstya, Anatri, dkk. 2017. “Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia”. Profesi Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 2) https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/download/2745/3444 (diakses tanggal 5 Juni 2020)

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Parwati, Candra. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Bermediakan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Volume 1, Nomor 3 (hlm. 148-150) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19342/ 11438 (diakses tanggal 3 November 2019)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Silberman, Melvin L. 2018. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widiani, Rai. (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V” Jurnal Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 7) https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10755 (diakses tanggal 8 Juni 2020)

Widiartha, K. D. R. (2018) “Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 147-148) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/15396/9393 (diakses tanggal 3 November 2019)

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Suwandewi, N. L. K. A. (2020). Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27454

Issue

Section

Articles