Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang

Authors

  • Mufaridah Mufaridah UniversitasMuria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Santoso Santoso UniversitasMuria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Achmad Hilal Madjdi UniversitasMuria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28488

Keywords:

Modul pembelajaran tematik, kearifan lokal, pengenalan budaya

Abstract

. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran  tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal untuk pengenalan budaya Sedan Rembang  yang memiliki kevalidan dan keefektifan. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir , dan diseminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di kecamatan Sedan. Desain pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal ini terdiri atas 3 bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi modul terdiri atas kutipan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, konsep pembelajaran, serta latihan latihan. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,25 dengan persentasi 81% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,5 dengan persentasi 83% dan kategori sangat baik.. Untuk hasil respon guru diperoleh hasil rata-rata 3,73 dengan jumlah skor 470 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,92 dengan jumlah skor 752 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan dikuat dengan respon guru dan peserta didik maka modul pembelajaran tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran  

References

Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Anderson, L.W. & D.R.,Krathwohk. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). (Alih bahasa oleh Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BPSDMPK. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum2013 . Jakarta: Kemendikbud

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik danPenilaian. Jakarta: Rajawali Pers

Adi, Bayu laksono. 2018. An Investigation Of Local Wisdom To Support Adult Literacy Program.

https://grdspublishing.org/index.php/people/article/view/1559. Diunduh pada 30 Januari 2019

Dahliani.2015.Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era. https://www.ijern.com/journal/2015/June-2015/13.pdf. Diunduh pada 29 Januari 2020

Dek Ngurah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sd Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada.

http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74. Diunduh pada 28 Januari 2020

Hermin, Tri, dkk. 2010.Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799/1039. Diunduh pada15 Januari 2020

Kristanti, Anastasia.2015.Pengertian Pendidikan menurut KH Dewantara dan Driyarkara. https://anastasiakristanti.blogs.uny.ac.id/2015/09/2017.Diunduh pada 10 Juni 2019.

Mohammad Kanzunnudin. 2012. The Important Role of Fairy Tale in Investing National’s Culture Values. Eprints.umk.ac.id. diunduh pada 20 Januari 2020

Mohammad Kanzunnudin, dkk. 2019. Education In Era 4.0 Based On Local Wisdom:Existence Of Value And Technology.

https://www.researchgate.net/publication/336514678_Education_In_Era_40_Based_On_Local_Wisdom_Existence_Of_Value_And_Technology. Diunduh pada 27 Januari 2020

Mohammad Kanzunnudin, dkk .2017. Structure and Values of Story Pross of the People of Kudus Society. available at http: www.serialsjournal.com

Nurdiansyah&Nahdliyah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.

https://core.ac.uk/download/pdf/151573668.pdf. Diunduh pada 30 Januari 2020

Nurul Zuriah. 2016. Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136

Sofnidar & Husni. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan kontekstual.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7156. Diunduh pada 3 Januari 2020

Syarifudin, dkk. Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Daerah polewali mandar. http://repository.upy.ac.id/1813/. Diunduh pada 30 Januari 2020

Selfi Melindawati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar.

https://pdfs.semanticscholar.org/d8af/8f0048599a68c831c96b5616389e5f23b99e.pdf. Diunduh pada 1 Februari 2020

Tina Kartika.2016.Verbal Communication Culture And Local Wisdom:The Value Civilization Of Indonesia Nation. https://journal.binus.ac.id/index.php/Lingua/article/view/1424/0 diunduh pada 3 Februari 2020

Ulfah Fajarini. 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225. Diunduh pada 12 Januari 2020

Yuliana, Siti Sriyati, Yayan Sanjaya. 2017. Local wisdom of Ngata Toro community in utilizing forest resources as a learning source of biology.

https://www.researchgate.net/publication/318923143_Local_wisdom_of_Ngata_Toro_community_in_utilizing_forest_resources_as_a_learning_source_of_biology. Diunduh pada 26 Januari 2020

Downloads

Published

2020-09-10

How to Cite

Mufaridah, M., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 500–505. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28488

Issue

Section

Articles