Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28488Keywords:
Modul pembelajaran tematik, kearifan lokal, pengenalan budayaAbstract
. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal untuk pengenalan budaya Sedan Rembang yang memiliki kevalidan dan keefektifan. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall. Langkah penelitian adalah sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi hasil uji coba, uji validasi, revisi produk akhir , dan diseminasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di kecamatan Sedan. Desain pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal ini terdiri atas 3 bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi modul terdiri atas kutipan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, konsep pembelajaran, serta latihan latihan. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,25 dengan persentasi 81% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,5 dengan persentasi 83% dan kategori sangat baik.. Untuk hasil respon guru diperoleh hasil rata-rata 3,73 dengan jumlah skor 470 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,92 dengan jumlah skor 752 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan dikuat dengan respon guru dan peserta didik maka modul pembelajaran tematik kelas V SD berbasis kearifan lokal ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
References
Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama
Andi Prastowo. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Anderson, L.W. & D.R.,Krathwohk. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). (Alih bahasa oleh Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPSDMPK. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum2013 . Jakarta: Kemendikbud
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik danPenilaian. Jakarta: Rajawali Pers
Adi, Bayu laksono. 2018. An Investigation Of Local Wisdom To Support Adult Literacy Program.
https://grdspublishing.org/index.php/people/article/view/1559. Diunduh pada 30 Januari 2019
Dahliani.2015.Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era. https://www.ijern.com/journal/2015/June-2015/13.pdf. Diunduh pada 29 Januari 2020
Dek Ngurah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sd Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada.
http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74. Diunduh pada 28 Januari 2020
Hermin, Tri, dkk. 2010.Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799/1039. Diunduh pada15 Januari 2020
Kristanti, Anastasia.2015.Pengertian Pendidikan menurut KH Dewantara dan Driyarkara. https://anastasiakristanti.blogs.uny.ac.id/2015/09/2017.Diunduh pada 10 Juni 2019.
Mohammad Kanzunnudin. 2012. The Important Role of Fairy Tale in Investing National’s Culture Values. Eprints.umk.ac.id. diunduh pada 20 Januari 2020
Mohammad Kanzunnudin, dkk. 2019. Education In Era 4.0 Based On Local Wisdom:Existence Of Value And Technology.
https://www.researchgate.net/publication/336514678_Education_In_Era_40_Based_On_Local_Wisdom_Existence_Of_Value_And_Technology. Diunduh pada 27 Januari 2020
Mohammad Kanzunnudin, dkk .2017. Structure and Values of Story Pross of the People of Kudus Society. available at http: www.serialsjournal.com
Nurdiansyah&Nahdliyah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.
https://core.ac.uk/download/pdf/151573668.pdf. Diunduh pada 30 Januari 2020
Nurul Zuriah. 2016. Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136
Sofnidar & Husni. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan kontekstual.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7156. Diunduh pada 3 Januari 2020
Syarifudin, dkk. Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal Daerah polewali mandar. http://repository.upy.ac.id/1813/. Diunduh pada 30 Januari 2020
Selfi Melindawati. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar.
https://pdfs.semanticscholar.org/d8af/8f0048599a68c831c96b5616389e5f23b99e.pdf. Diunduh pada 1 Februari 2020
Tina Kartika.2016.Verbal Communication Culture And Local Wisdom:The Value Civilization Of Indonesia Nation. https://journal.binus.ac.id/index.php/Lingua/article/view/1424/0 diunduh pada 3 Februari 2020
Ulfah Fajarini. 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225. Diunduh pada 12 Januari 2020
Yuliana, Siti Sriyati, Yayan Sanjaya. 2017. Local wisdom of Ngata Toro community in utilizing forest resources as a learning source of biology.
https://www.researchgate.net/publication/318923143_Local_wisdom_of_Ngata_Toro_community_in_utilizing_forest_resources_as_a_learning_source_of_biology. Diunduh pada 26 Januari 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)