Bahan Ajar E-Book Interaktif Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29740Keywords:
perkembangan teknologi, bahan ajar e-book, praktikum akuntansi lembagaAbstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada abad 21 berkembang sangat pesat, menuntut dunia pendidikan untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-book dan untuk menganalisis kualitas bahan ajar e-book yang mana telah mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu researchh and development (R&D), 4D dari Thiragarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define, design, develop dan sedangkan tahap disseminat tidak dilaksanakan. Pada penelitian ini menggunakan subjek uji coba yang terdiri dari tiga ahli yaitu, materi, bahasa, serta grafis. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa bahan ajar e-book mendapat kriteria sangat layak berdasarkan rata – rata hasil validasi ahli materi, bahasa dan grafis serta bahan ajar siap dilakukan uji coba kepada peserta didik..
References
Aini, E. N., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontektual Mata Pelajaran Akuntansi Dan Keuangan Lembaga. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 331–335.
Anisa, C. A., & Rohayati, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perbankan Dasar Berbasis Kontekstual Pada Materi Kredit Perbankan Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).
Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 2016, 1.
Choi, J. I., Heo, H., Lim, K. Y., & Jo, I. H. (2011). The development of an interactive digital textbook in middle school English. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 7105 LNCS, 397–405. https://doi.org/10.1007/978-3-642-27142-7_47
Chung, K. S., Byun, H. W., Kim, S., & Yu, H. C. (2018). Interactive digital textbook development methodology for higher education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(4–2), 1534–1539. https://doi.org/10.18517/ijaseit.8.4-2.5636
Darlen, R. F., Sjarkawi, & Lukman, A. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1), 13–23.
Dewi, D., & Suci, R. (2012). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo Devita Rezalia Dewi Suci Rohayati Abstrak. Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan, 1(2015), 0–216.
Ebied, & Rahman. (2015). The Effect of Interactive Ebook on Students Achievement at Najran University in Computer in Education Course. Journal of Education and Practice, 6(19), 71–82.
Gonzales, J. ., Guzman, J. ., Dormido, S., & Berengeul, M. (2013). Development Of Interaktif books for Control Education. IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline), 10(PART 1), 49–54. https://doi.org/10.3182/20130828-3-UK-2039.00038
Hidayat, A., Suyatna, A., & Suana, W. (2017). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Materi Fisika Kuantum Kelas Xii Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 05(02), 87–101.
Lee, H. J., Messom, C., & Yau, K. L. A. (2013). Can an electronic textbooks be part of K-12 education?: Challenges, technological solutions and open issues. Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(1), 32–44.
Marta, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114.
Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114
Mohammed, M., Ebied, A., Ahmed, S., & Rahman, A. (2015). The effect of interactive e-book on students’ achievement at Najran University in computer in education course. Journal of Education and Practice, 6(19), 71–83. Retrieved from www.iiste.org
Mulyasa. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Munwarah, I. zdatul. (2016). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Kuliah Komunikasi Data Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri. Jurnal Pendidikan Teknik …, 4, 1–5. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/article/16966/44/article.pdf
Nurjanah, E. (2015). Pengembangan E-Bookinteraktif Pada Materi Menyimak Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Pangkalan Bun Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Kumai. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3, 388–397.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.
Pratamana, wenang dwi, & Dewi, novi ratna. (2014). Pengembangan E-Book Ipa Terpadu Tema Suhu Dan Pengukuran Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4267
Pratiwi, A. Z., & Rochmawati. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Pendekatan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pustpitasari, A., & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).
Rahmawati, N. D., & Susilowibowo, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Semester 2 Smk Negeri 10 Surabaya. 360–365.
Rahmawati, S., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual Untuk SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 383–391.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel -Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Royani, L., & Susanti. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Di SMK Susanti Abstrak. 173–181.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning (teori & aplikasi PAIKEM). Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tri, D., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. 02(01), 1–6.
Wijayanti, S., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan E-book Interaktif Kesetimbangan Kimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 481–492.
Yulianti, E., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-book interaktif laju reaksi berbasis representasi kimia. (65), 481–492.
Yusup, Y., Santoso, S., & Istifarida, B. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X Sma N 1. Paedagogia, 20(2), 134. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)