Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Fatimah Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Murtono . Universitas Muria Kudus, Kudus
  • Su’ad . Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741

Keywords:

media, perkalian, matematika, siswa kelas rendah

Abstract

. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran perkalian yakni media katela untuk operasi hitung perkalian kelas II SD di kecamatan Sulang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, pengujian lapangan, revisi, validasi, perbaikan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk bahan ajar. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II di kecamatan Sulang. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media, ahli materi serta ahli video animasi. Dari proses validasi ahli media diperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Validasi ahli materi memperoleh hasil 77% dengan rata-rata 3,09 dan kategori baik. Validasi ahli video animasi memperoleh hasil rata-rata 3,6 dengan prosentase 90% dan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi maka media katela untuk operasi hitung perkalian dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

References

Almanshur, & Ghony,Djunaidi.2012.Metode Penelitian Kualitatif.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Almira,A.2014.Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif.Forum Pedagogik 6 (01)

Arikunto, S.2010.Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Burhanuddin,dkk.2010.Teori Belajar dan Pembelajaran .Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Dimyati&Mudjiono.2002.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rieneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri.2002.Rahasia Sukses Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar.2011 Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Hanin,Fanida Purwanto.2014.Pengembangan Strategi Hitung dengan Struktur dan Pola Bilangan pada Siswa Sekolah Dasar.

Hardini,I&Puspitasari,D.2012.Strategi PembelajaranTerpadu.Yogyakarta:Familia

Heruman.2008.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Maulana, dkk.2015.Ragam ModelPembelajaran Di Sekolah Dasar.Sumedang: UPI Sumedang Press

Muchlas,Samani.2007.Pendidikan Bermkna:Integrasi Life Skill-KBK-CTL-MBS.Surabaya:SIC

Muhsetyo, Gatot. 2012. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pribadi, Benny Agus.2009.Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta:Dian Rakyat.

Sadiman,Arief S, dkk.2014.Media Pendidikan :Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta:Rajawali Pers.

Sardiman, A.M.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers.

Soesilowindradini.2019. Psikologi Perkembangan (Masa Remaja).Surabaya:Usaha Nasional

Sri Anitah,dkk. 2008.Strategi Pembelajaran di SD.Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Slavin,Robert E.(2005).Cooperative Learning.London:Allymand Bacon

Sudjana.2005.Metode Statistika.Bandung:Tarsito

Sugiyono.2015.Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Dilengkapi dengan Metode R& D. Bnadung: Alfabeta.

Sumiati & Asra.2009.Metode Pembelajaran.Bandung: Wacana Prima.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabeta.

Supandi.1992.Strategi Belajar Mengajar Penjaskes.Jakarta:Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sagala, Syaiful.2011.Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar.Bandung: Alfabeta.

SahajaIrwan.2014.PengertianPembelajaranMatematika.https://irwansahaja.blogspot.com/2014/06/pengertian -pembelajaran-matematika.html.Diunduh 3 Maret 2020.

Vula Eda.2011.Collaborative Action Research: Teaching of Multipolication and Division in the Second Grade.https://files.eric.ed.gov. Diunduh 5 Januari 2020.

McGuire WD.2017.Teaching multiplication facts during physical education:the effects on third-grade student academic development and on teacher perception.commons.lib.niu.edu/handle/10843/21074.Diunduh 9 Mei 2020

Sriyanti, Mustafa .dkk.2018. The Use of DakonmatikaMedia Game As Efforts to Increase Mathematics Learning Result of the fourth Grade Student at SD Negeri 61 Parepare.https://www.atlantis-press.com/proceedings/incomed-17/25893802.vol.160. Diunduh 9 Mei 2020

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Fatimah, D., ., M., & ., S. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741

Issue

Section

Articles