Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nur Alfiani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31623

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Talking Stick, Prestasi Belajar

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan peserta didik untuk beripikir kritis dan logis dalam menyelesaikan suatu permasalahan, namun pada kenyataannya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika masih dalam kategori rendah hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika kususnya pada materi pecahan untuk kelas III SD. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD pada materi Pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian quasi eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Hasil penarikan sampel menunjukkan bahwa terdapat 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 16 siswa sebagai kelompok sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji normalitas untuk mengetahui data yang diperoleh berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah skala ukur memiliki nilai yang sama atau tidak, dan uji hipotesis penelitian. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontro yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe talkig stick terhadap prestasi belajar siswa kelas III materi pecahan.

References

Aslami, A. D., KHB, M. A., & Endah H, D. (2019). Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2(3), 363. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22627.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10. 30998/formatif.v2i2.91.

Boinah. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14548.

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan Dan deret berdasarkan gaya berpikir. kreano, jurnal matematika kreatif-inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.

Hidayah, E. N. (2020). peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa melalui model pembelajaran talking stick. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759.

Ifanali. (2014). Penerapan Langkah-Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 147–158. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jepmt/article/ view/3217.

Isnaeni, I., Muhaemin, M., & Hasri, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i2.272.

Khasanah, D. L., & Soedjoko, E. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Aljabar. Unnes Journal Of Mathematics Education., 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3320.

Mariani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah 4 Batu. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166.

Maryono, Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750.

Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728.

Nisa, A. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(1), 1–9. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v2i1.370.

Pravitasari, N. (2020). Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua Dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 206–211. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.308.

Puspitawangi, K. R., Wibawa, I. M. C., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v4i1.6957.

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau Dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/download/3267/2335.

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika Vol., 2(1), 23–31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510.

Steven, D., La Ndia, L. N., & La Arapu, L. A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 15. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i3.9278.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718.

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Alfiani, S. N. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31623

Issue

Section

Articles