Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar Saat Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250Keywords:
Kecerdasan Emosional, Daring, Sekolah DasarAbstract
Pandemi covid 19 telah membawa dampak yang beragam salah satunya terjadinya perubahan proses pembelajaran disekolah menjadi pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan rendahnya minat serta motivasi siswa untuk belajar yang dipengaruhi oleh factor emosional yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan potret kecerdasan emosional anak saat pembelajaran daring siswa. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan kategori 2 siswa dengan prestasi belajar tinggi, 2 siswa dengan prestasi belajar rata-rata dan 2 siswa dengan prestasi belajar rendah. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara kepada siswa, guru dan orang tua siswa untuk menganalisis potret kecerdasan emosional siswa. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan analisis data kualitatif diperoleh hasil bahwa terdapat 2 siswa dengan prestasi belajar tingi, memiliki kecerdasan emosional sangat tinggi karena mampu mecapai 5 indikator dengan baik. 1 siswa laki-laki dengan prestasi belajar rata-rata memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan mencapai 4 indikator dengan baik. 1 siswa perempuan dengan prestasi belajar rata-rata memiliki kecerdasan emosional rata-rata karena mencapai 3 indikator dengan baik. 1 siswa laki-laki dengan inisial dengan prestasi belajar rendah memiliki kecerdasan emosional rendah karena mencapai 2 indikator dengan baik dan 1 siswa perempuan dengan prestasi belajar memiliki kecerdasan emosional sangat rendah karena hanya mampu mencapai 1 indikator dengan baik.
References
Adnyana, I. W. J., Suma, K., & Suswandi, I. (2017). Kontribusi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpf.v7i2.16788.
Agustini, N. K., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17620.
Akimas, H. N. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Wawasan Manajemen, 4(3), 259–271. https://doi.org/10.20527/jwm.v4i3.99.
Anggriani, A., Sarwi, S., & Masturi, M. (2020). The Effectiveness of Guided Discovery in Distance Learning to Improve Scientific Literacy Competencies of Primary School Students. Journal of Primary Education, 9(5), 454–462. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i4.42600.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103.
Arieska, Syafri, & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337.
Astuti, R., Sugiharto, B., & Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Locus of Control, Ethical Sensitivity, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Etis. Jurnal Aset (Akutansi Riset), 11(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v11i2.19921.
Ayu, S., & Dwi., M. F. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sd Takhassus Alquran Kalibeber Wonosobo. Jurnal Abdau., 2(1), 101–114.
Binali, T., Tsai, C.-C., & Chang, H.-Y. (2021). University students’ profiles of online learning and their relation to online metacognitive regulation and internet-specific epistemic justification. Computers & Education, 175. https://doi.org//10.1016/j.compedu.2021.104315.
Costa, M. G. da, Pinto, L. H., Martins, H., & Vieira, D. A. (2021). Developing psychological capital and emotional intelligence in higher education: A field experiment with economics and management students. The International Journal of Management Education, 19(3), 100516. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100516.
Dharmawan, N. A. S. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Pada Profesionalisme Kerja Auditor. Jurnal Ilmiah Akutansi Dan Humanika, 3(2). https://doi.org/10.23887/jinah.v2i2.1677.
Fauzia, F., Virantika, A., & Firmansyah, G. (2021). Langkah-langkah Strategis Pemenuhan Kebutuhan SDM Talenta Digital di Lingkungan Pemerintahan Indonesia. 39–46.
Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Ii Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Edukasi, 1(1). https://doi.org/10.22373/je.v1i1.320.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelegence. Gramedia Pustaka.
Gunarsih, F. D. (2016). Hubungan Interaksi Sosial, Konsep Diri, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri DI Kecamatan Pituruh. EKUIVALEN, 20(2), 211–216. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2901.
Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.
Karina, N. K. D., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006.
Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.
Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.
Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35(May 2020), 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.
Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590.
Maghfiroh, W., & Putri Mahanani, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 552–562. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p552-562.
Maison, M., Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2021). Perception, Attitude, and Student Awareness in Working on Online Tasks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 108–118. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18039.
Maqableh, M., & Alia, M. (2021). Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction. Children and Youth Services Review, 128(1). https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106160.
Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1). https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240.
Munirah, M., & Ahmad Putri, S. S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a2.2018.
Nambiar, D. (2020). The impact of online learning during COVID-19 : students ’ and teachers ’ perspective. The International Journal of Indian Psychology, 8(2), 783–793. https://doi.org/10.25215/0802.094.
Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3), 171-184. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216.
Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229.
Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36919.
Prafitriani, S., Umanailo, M. C. B., Indrayani, N., Lisaholit, S., & Chamidah, D. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Buru. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9121.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.
Priadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru(Studi Kasus SMA Negeri 6 DAN SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan). Jurnal Semarak, 1(3), 62–77. https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2260.
Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.
Putri, Y. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN Persero Area Klaten. Jurnal Studi Manajemen Organisasi. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i1.13416.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun. D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Rachmiati, I. (2016). Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 225–236. https://doi.org/10.21009/JPD.072.04.
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Kel. Dan Konseling, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.
Rambe, Hasanah, & Chairunnisa. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN 3 Medan T.P. 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145.
Ratnadi, N. W. R. W. N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 1(1). https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i02.p10.
Risma, D. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan : Penelitian Eksperimen. Jurnal Educhild Pendidikan Dan Sosial, 1(1). https://doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1628.
Sa’diyah, R. (2013). Urgensi Kecerdasan Emosional Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10375.
Saha, A., Dutta, A., & Sifat, R. I. (2021). The mental impact of digital divide due to COVID-19 pandemic induced emergency online learning at undergraduate level: Evidence from undergraduate students from Dhaka City. Journal of Affective Disorders, 294(June), 170–179. https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.07.045.
Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.
Sairo, A. I., Meta, M., & Berkhmas., M. Y. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946.
Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.
Saputra, N., Hikmah, N., Yustitia, V., Saputra, M., Wahab, A., & Junaedi, J. (2021). Implementation of Online Learning Using Online Media, During the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1802–1808. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1857.
Satriyono, G., & Vitasmoro, Pa. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 4 Kediri. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 3(1), 31–45. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.104.
Selvaraj, A., Radhin, V., KA, N., Benson, N., & Mathew, A. J. (2021). Effect of pandemic based online education on teaching and learning system. International Journal of Educational Development, 85(May), 102444. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102444.
Setiadi, Y. (2018). Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 1(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.
Supriyanto, D. H. (2021). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Proses Berfikir Siswa Kelas IV dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.208.
Suryana. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Indonesia. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.
Yaya Setiadi. (2018). Hubungan Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Kecemasan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1066.
Yesi, I., Riswan, J., & Ikbal., B. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Profit, 3(2). https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5565.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)