Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307Keywords:
Gaya Kognitif, Sikap Ilmiah, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Rendahnya Kompetensi pengetahuan IPA yang dimiliki peserta didik disebabkan oleh kurang diperhatikannya perbedaan karakteristik individu dalam merancang suatu proses pembelajaran seperti gaya kognitif dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 136 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah anggota sampel dalam penelitian ini adalah 110 orang siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex post facto studi korelasi. Data gaya kognitif dikumpulkan dengan metode tes menggunakan perangkat instrument GEFT. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode non tes menggunakan perangkat instrument kuesioner sikap ilmiah. Sedangkan data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan pencatatan dokumen nilai UAS. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0,261 atau berpengaruh sebesar 26,1%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05) dengan R Square 0,225 atau berpengaruh sebesar 22,5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0, 261 atau berpengaruh sebesar 26,1%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
References
Andriani, N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 06(2). Https://Doi.Org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Dewi, N. N. R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letda Made Putra. Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, 5(2), 1–10.
Ekan, N. W., Partadjaja, T. R., & Renda, N. T. (2013). Kontribusi Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banyuasri Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1), 1–9.
Hasanudin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran - Teori Dan Aplikasi. Syiah Kuala Universiti Press.
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.5.2.105-111.
Khairawati, ., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 7(1), 52. Https://Doi.Org/10.29406/Jpk.V7i1.1090.
Khairawati, H. M. R. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif Jurnal Pendidikan, 7(2), 42–52.
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V5i2.8588.
Mariastha, I. M. W., & Sudana, D. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Segugus 1 Kecamatan Marga. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24. Https://Doi.Org/10.26714/Jps.6.1.2018.24-33.
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4c Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V Sd Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1). Https://Doi.Org/10.24036/0201321729-0-00.
Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. Https://Doi.Org/10.23887/Jppundiksha.V49i2.9012.
Prahasta, K. A. (2016). Pengaruh Model Pogil Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i3.16140.
Putu, I. P., & Antara, A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(63), 76–84.
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. Https://Doi.Org/ 10.24246/J.Sw.2019.V35.I2.P168-175.
Rahmah Hanifah Imron, P. S. (2019). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sma. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (Tps). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67. Https://Doi.Org/10.21070/ Pedagogia.V3i1.58
Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02), 100–113. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V2i02.9754.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Deepublish.
Syakban, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 014 Geringging Baru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5). Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i5.7815.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal Of Education Technology, 3(1), 15. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i1.17959.
Widiana, I. W., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V6i1.8562.
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester Iv Jurusan Pgsd Upp Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jisd.V2i1.15515.
Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 25(1), 11. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i1.24471.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)