Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Made Wahyudi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307

Keywords:

Gaya Kognitif, Sikap Ilmiah, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Rendahnya Kompetensi pengetahuan IPA yang dimiliki peserta didik disebabkan oleh kurang diperhatikannya perbedaan karakteristik individu dalam merancang suatu proses pembelajaran seperti gaya kognitif dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 136 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah anggota sampel dalam penelitian ini adalah 110 orang siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian ex post facto studi korelasi. Data gaya kognitif dikumpulkan dengan metode tes menggunakan perangkat instrument GEFT. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode non tes menggunakan perangkat instrument kuesioner sikap ilmiah. Sedangkan data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan pencatatan dokumen nilai UAS. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0,261 atau berpengaruh sebesar 26,1%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05) dengan R Square 0,225 atau berpengaruh sebesar 22,5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0, 261 atau berpengaruh sebesar 26,1%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA.

Author Biographies

Made Wahyudi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Andriani, N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 06(2). Https://Doi.Org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Dewi, N. N. R., Manuaba, I. B. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Letda Made Putra. Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, 5(2), 1–10.

Ekan, N. W., Partadjaja, T. R., & Renda, N. T. (2013). Kontribusi Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Banyuasri Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1), 1–9.

Hasanudin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran - Teori Dan Aplikasi. Syiah Kuala Universiti Press.

Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.5.2.105-111.

Khairawati, ., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 7(1), 52. Https://Doi.Org/10.29406/Jpk.V7i1.1090.

Khairawati, H. M. R. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif Jurnal Pendidikan, 7(2), 42–52.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V5i2.8588.

Mariastha, I. M. W., & Sudana, D. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Segugus 1 Kecamatan Marga. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).

Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24. Https://Doi.Org/10.26714/Jps.6.1.2018.24-33.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4c Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V Sd Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1). Https://Doi.Org/10.24036/0201321729-0-00.

Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. Https://Doi.Org/10.23887/Jppundiksha.V49i2.9012.

Prahasta, K. A. (2016). Pengaruh Model Pogil Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i3.16140.

Putu, I. P., & Antara, A. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(63), 76–84.

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. Https://Doi.Org/ 10.24246/J.Sw.2019.V35.I2.P168-175.

Rahmah Hanifah Imron, P. S. (2019). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sma. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (Tps). Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67. Https://Doi.Org/10.21070/ Pedagogia.V3i1.58

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri, 2(02), 100–113. Https://Doi.Org/10.20961/Inkuiri.V2i02.9754.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Deepublish.

Syakban, S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 014 Geringging Baru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5). Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i5.7815.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal Of Education Technology, 3(1), 15. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i1.17959.

Widiana, I. W., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V6i1.8562.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester Iv Jurusan Pgsd Upp Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jisd.V2i1.15515.

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 25(1), 11. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i1.24471.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Wahyudi, M., & Agung Ayu Wulandari, I. G. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307

Issue

Section

Articles