Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS

Authors

  • I Made Mahendra Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843

Keywords:

Media Video Animasi, IPS, Pengembangan

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran kususnya pada mata pelajaran IPS meyebabkan siswa mudah jenuh dalam proses pembelajaran yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis project yang efektif untuk digunakan. Sehingga jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan subjek penelitian yakni seorang ahli isi, seorang ahli desain pembelajaran, seorang ahli media pembelajaran dan siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan instrumen berupa angket/kuisioner, dengan teknik nalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (1) hasil uji validitas ahli isi mata pelajaran mendapatkan persentase sebesar 95%, (2) hasil uji validitas ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 76,92%, (3) hasil uji validitas ahli media pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 84,37%, dan (4) hasil uji coba perorangan mendapatkan persentase 83,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis project berada pada kualifikasi baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Media video animasi berbasis project dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.

References

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231.

Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik Universitas PGRI Semarang, 6(1), 25–33. https://doi.org/ 10.26877/ jp3.v6i1.7299.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351.

Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran), 6(1), 31–36.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–13.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Https://Doi.Org10.31004/Edukatif.V2i1.89.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.

Irianisyah, S., Harapan, E., & Houtman. (2020). Supervisi Kepala Sekolah dalam Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Innovative Education Journal, 2(3), 1–13.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Muslim, A., & Nurjannah. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas I MA NW Nurul Ihsan Tilawah Lombok Tengah. Jurnal Visionary; Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan, 6(2), 65–69. https://doi.org/10.36805/ manajemen.v4i1.377.

Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127.

Nurrita, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/ 1321/2/022099.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. Genta Mulia, XI(1), 126–130.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Prasetyo, F. (2019). Pentingnya Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep di IPS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 818–822.

Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. 21(1), 1–9.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 95.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. PT Grafindo Persada.

Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254987.

Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8), Juni 2018. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1(1), 436–441.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43–48.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja rosdakarya.

Tamayanti, P. A., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2019). Kontribusi Sikap Disiplin Dan Motif Berkompetisi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv. Media Komunikasi FPIPS, 17(2), 89–99. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i2.22227.

Tanjung, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. In Forum PAEDAGOGIK, 8(1), 132–148.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org /10.31571/saintek.v8i1.1105.

Wahyuni, Wibawa, I. M. ., & N.T, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 203–210. https://doi.org/ 10.23887/ijee.v2i3.15959.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v 5i2.8154.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.

Yulianti, L., & Wahyuningtyas, D. T. (2018). Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Model Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 78–84. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2352.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Saputra, I. M. M., & Surya Manuaba, I. B. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843

Issue

Section

Articles