Persepsi Peserta Didik Terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.33476Keywords:
STEM, LKPD, Suhu dan KalorAbstract
Sekolah belum menerapkan atau membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah seperti apa yang dibutuhkan pada abad 21. Sekolah masih menggunakan media pembelajaran konvensional karena keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor dan mengetahui persepsi peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA. Instrumen pengumpulan data terdiri: lembar observasi, angket validasi, dan angket persepsi peserta didik. Teknik analisis data kualitatif secara deskriptif dan data kuantitatif dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa LKPD tersebut layak untuk digunakan dengan nilai kelayakan 3,36 dengan kategori sangat baik. Maka media pembelajaran berupa LKPD terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor layak digunakan pada proses pembelajaran. Adanya pengembangan LKPD diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar khususnya memahami materti suhu dan kalor. Selain itu guru dapat menggunakan LKPD ini dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.
References
Aldila, C., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13665.
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017a). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017. STEM Untuk Pembelajaran Sains Abad 21. 23 September 2017, 1(1), 722–731. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/738.
Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017b). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, 1998, 722–731.
Annafi, N. (2016). Pengaruh Penerapan Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Di Man 1 Kota Bima. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 98. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2097.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.
Aristo, R. W., & Tampubolon, T. (2019). Stem Approach Students’ Worksheet Development with 4D Model in Sound Waves Topic. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(4), 2017–2020. www.ijsred.com
Asyhari, A., Wati, W., Irwandani, & Saidah, N. U. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter Melalui Four Steps Teaching Material Development. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, October, 37–58. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10539.85285.
Bybee, R. W. (2010). What is STEM education? Science, 329(5995), 996. https://doi.org/10.1126/science.1194998.
Çinar, S., Pirasa, N., Uzun, N., & Erenler, S. (2016). The effect of STEM education on pre-service science teachers’ perception of interdisciplinary education. Journal of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 118–142. https://doi.org/10.12973/tused.10175a.
Dan, K., Ilmiah, K., Pada, S., & Pelajaran, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3600.
Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108.
Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.
Eko Mulyadi. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385 – 395. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836.
Khairul, F., Apertha, P., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 284.
Lestari, R. P. (2018). Pengembangan LKPD Berbantu Phet Simulation Berbasis STEM-PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lumbantoruan, A., Irawan, D., Siregar, H. R., Lumbantoruan, D., Nasih, N. R., Samosir, S. C., Dewi, U. P., Putra, D. S., & Orin Hidayusa Wiza. (2019). Identification of students’ science process skills in Basic Physics Practicum II in using e-module. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 49 – 55. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14185.
Lutfi, Ismail, & Azis, A. A. (2017). Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains , kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.
Munaris, M., & Riadi, B. (2018). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Mesuji terhadap Kurikulum 2013 Edisi Revisi. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 19(1), 54–60. https://doi.org/10.23960/aksara/v19i1.pp54-60.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805.
Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 543–556.
Nurhayati, I., Yusandika, A. D., Basyar, S., & Anjelinar, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 353–362. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4361.
Pertiwi. (2012). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor. 50(February), 3–10.
Prismasari, D. I., Hartiwi, A., & Indrawati. (2019a). Science , Technology , Engineering and Mathematics ( Stem ) pada Pembelajaran IPA SMP. Seminar Nasional Pendidikan FIsika 2019 “Integrasi Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0,” 4(1), 43–45. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15123/7454%0Ahttp://tiny.cc/cajjlz.
Prismasari, D. I., Hartiwi, A., & Indrawati. (2019b). Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 Science , Technology , Engineering and Mathematics ( Stem ) pada Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019. Seminar Nasional Pendidikan FIsika 2019 “Integrasi Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0,” 4(1), 43–45.
Rahman, A., Diantoro, M., & Yuliati, L. (2018). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Hukum Newton di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 903–911. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i7.11337.
Rahmiati, & Pianda, D. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matemtika di Dalam Kelas. Cv. Jejak.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276.
Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.
Rohani. (2019). Media Pembelajaran.
Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2018). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis STEM Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, 5(3), 152–162. google schoolar
Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dengan Media Lkpd Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas Viii-B Mts Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.
Suratmi, Santri, D. J., & Laihat. (2017). Keunggulan Lokal Sumatera Selatan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA: STEM Untuk Pembelajaran Sains Abad 21, c, 692–696.
Sutrio. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures ( Cups ) Berbantuan Lkpd Nurul Fitriani , Gunawan , Sutrio Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram. III(1).
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia, XI(1), 65–79.
Talevi, D., Socci, V., Carai, M., Carnaghi, G., Faleri, S., Trebbi, E., Bernardo, A. D. I., Capelli, F., & Pacitti, F. (2020). Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr, 55(3), 137–144. https://doi.org/10.1708/3382.33569.
Wang, H., Moore, T. J., Roehrig, G. H., & Park, M. S. (2011). STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice STEM Integration : Teacher Perceptions and Practice. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 1(2), 1–13. https://doi.org/10.5703/1288284314636.
Yani. (2018). PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS SERVICE LEARNING UNTUK PENDAHULUAN Perubahan kurikulum menuntut adanya peningkatan dalam proses pembelajaran . Kurikulum 2013 mengubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pendekatan pembelajaran yang berp. 2(1), 76–85.
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906.
Zainudin, & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada masa pandemi covid-19 berbasis keterampilan berpikir. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(1), 43–49. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima%0APENGEMBANGAN.
Zainurrisalah, T. F., Suwarma, I. R., & Jauhari, A. (2018). Mengukur Kemampuan Literasi Teknologi dan Rekayasa (Engineering) melalui Penerapan Pembelajaran STEM dalam Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 131–135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)