Bahan Ajar Berbantuan Adobe Flash Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Rekonsiliasi Fiskal

Authors

  • Noviana Adzania Sani Universitas Negeri Surabaya
  • Susanti Susanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34160

Keywords:

Bahan Ajar Kontekstual, Adobe Flash, Rekonsiliasi Fiskal

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam tercapainya cita- cita nasional bangsa Indonesia. Oleh karenanya, kurikulum senantiasa mengalami perubahan untuk memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian pengembangan ini guna menghasilkan bahan ajar kontekstual berbantuan adobe flash sesuai kurikulum 2013 saat ini. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian model 4D dari Thiagarajan dimana meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, desain, pengembangan, serta penyebaran. Namun karena terkendala waktu dan terhalang biaya tidak dilakukan sampai tahap penyebaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini dari para ahli meliputi ahli materi, ahli grafis, dan ahli bahasa untuk mengetahui proses pengembangan  dan kelayakan bahan ajar. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian yang didasarkan pada perhitungan-rata- rata validasi ahli materi, ahli grafis, dan ahli bahasa bahan ajar mendapat kategori sangat layak dengan nilai 86,82 %, sehingga bahan ajar siap digunakan dan mendukung dalam proses belajar mengajar di SMK. Kriteria sangat layak yang menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar siap diuji cobakan kepada peserta didik.

References

Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778.

Alawiyah, M., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran SMK Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 422–428. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30789/28026.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479–485. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258.

Arya, W. L., & Alawiyah, Y. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Tematik Tema 4 (Hidup Bersih dan Sehat) Kelas II SDN Sumbersuko Kabupaten Probolinggo. AL-Ahya, 01(01), 219–232. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.700.

Badariah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46744.

Chung, K. S., Byun, H. W., Kim, S., & Yu, H. C. (2018). Interactive digital textbook development methodology for higher education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(4), 1534–1539.

Dewi. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Fitri, R., & Bundo, M. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan di Kota Padang. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi …, 4(2), 784–793. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.379.

Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320.

Isdayanti, Dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(2), 390–406. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Ma’ratusholihah, Priyanto, & Damayani, A. . (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19411.

Mauludy, N. B. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Penerapan “Belajar Daring” Pada Siswa Luar Biasa Di SD Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional, 244–247.

Muntoro, P., & Puspasari, D. (2017). Pengembangan Modul pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis-jenis Surat atau Dokumen Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 44. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p44-53.

Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.

Nilawati, N., Rusdinal, R., & Subandi, A. (2020). Development of an ICT-based Interactive Training Module in Improving Organizational Development Competencies for Elementary School Principals. International Conference on Elementary Education, 2(No1).

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Oktavia, R. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. SEMESTA Pendidikan IPA, 2(1), 32–36. http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta.

Palupi, R. A., & Susanti. (2019). The Development of Tax Administration Module Contextual Based on the Fiscal Reconciliation Material for Vocational School. International Conference on Economics, Education, Business and Accounting, 329–347. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4017.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Raharjo, M. W. C., Suryati, S., & Khery, Y. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 8. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.102.

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Reconstruction of Learning Materials with Socio-Scientific Issues Context on Food Additives Content to Improving Student. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8814/9018.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Sutriyono, F. N., & Adha, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Macromedia Flash Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 2599–2600. https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.21232.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN).

Windyariani, S., & Sutisnawati, A. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas untuk melatihkan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 19–25.

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Sani, N. A., & Susanti, S. (2021). Bahan Ajar Berbantuan Adobe Flash Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Rekonsiliasi Fiskal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 183–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34160

Issue

Section

Articles