Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis

Authors

  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Ripai Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34274

Keywords:

kebutuhan guru, pengembangan, Sintaksis

Abstract

Guru Bahasa Indonesia SMA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu guru masih kurang dapat memahami materi Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan ilmu Sintaksis. Salah satunya mengenai struktur kalimat dan jenis kalimat. Dalam penempatan struktur kalimat masih dirasakan ada kesulitan. Hal itu membuat pemahaman guru berbeda dengan guru lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dalam pengembangan buku Bahasa Indonesia SMA berbasis Sintaksis. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru Bahasa Indonesia SMA Kota Semarang. Teknik pengambilan data dengan cara pendistribusian angket secara daring, wawancara, dan FGD daring kemudian dianalisis dengan mengguakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis kebutuhan awal ini diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ilmu Sintaksis masuk dalam pembahasan pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Kurikulum yang saat ini digunakan adalah kurikulum 2013 revisi. Dalam kurikulum ini pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Materi Bahasa Indonesia dalam beberapa teks pembelajaran terdapat pembahasan yang berkaitan dengan ilmu Sintaksis yaitu mengenai pembahasan kalimat.

References

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Alawiyah, M., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran SMK Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 422–428. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30789/28026.

Amelia, D. J. (2018). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di SD Wajak. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/.

Awalludin. (2019). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja. Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 6(2), 93--101. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1270296.

Bahtiar, R. S. (2019). Persepsi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 174.

Barustyawati, A. A., & Adnyani, N. L. P. S. (2018). Analisis Kebutuhan Terhadap Materi Pembelajaran Introduction To Linguistics Berbasis E-Learning Untuk Mahasiswa Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 13(2), 58--67. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/16445.

Bukran. (2016). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Guru SMA Kelas X di Kabupatenlombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2), 225–239. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/17/17 .

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786.

Hadi, S. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(1), 74–78. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.108.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 105–117.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.

Hendrati, F. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Harga Diri dengan Kinerja Guru SD di Malang Masyarakat Indonesia mempunyai harapan Sebaik-baiknya. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(2), 151–160. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/227.

Kamiana, A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 165. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351.

Libiawati, D., Indihadi, D., & Nugraha, A. (2020). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 77--82.

Mulyaningtyas, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 151–160. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3070.

Muntoro, P., & Puspasari, D. (2017). Pengembangan Modul pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Jenis-jenis Surat atau Dokumen Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 44. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p44-53.

Nirmalita, D. D., Santoso, A. B., & Winarsih, E. (2019). Analisis Buku Teks Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(2).

Nurhamidah.I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. SEBATIK Journal, 23(2). https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/775.

Purwadhi. (2019). Pengembangan Kurikulum dakam Pembelajaran XXI. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201.

Sanjiwana, C. M., Pudjawan, & Margunayasa. (2013). Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 No: 1 Ta(2).

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Sudaryanto. (2007). Peningkatan Penguasaan Konsep Sintaksis Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Peta Konsep Pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(1), 110–123. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/6814.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118.

Downloads

Published

2021-06-04

How to Cite

Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. (2021). Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34274

Issue

Section

Articles