Urgensi Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Tentang Materi Bakteri Untuk Kelas X SMA

Authors

  • Veren Lativa Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Sa’diatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34668

Keywords:

Booklet, Pengembangan, Bakteri, Ensiklopedia

Abstract

Dalam proses belajar mengajar ditemukan kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Selain itu, peserta didik dalam memahami materi biologi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis urgensi pengembangan media booklet dilengkapi ensiklopedia tentang materi bakteri intuk kelas X SMA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian studi literatur. Jenis pengumpulan dari hasi observasi penyebaran angket kepada siswa dan guru serta hasil Penilaian Harian Peserta Didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan 100% setuju dalam pengembangan bahan ajar booklet dilengkapi ensiklopedia tentang materi bakteri. Total 80% peserta didik setuju dalam pengembangan bahan ajar booklet dilengkapi ensiklopedia tentang materi bakteri. Pengembangan pembelajaran booklet yang dilengkapi ensiklopedia tentang materi bakteri untuk menunjang proses pembelajaran biologi. Tambahan ensiklopedia akan menambah pengetahuan peserta didik dalam  mempelajari materi Maka media booklet dilengkapi ensiklopedia tentang materi bakteri intuk kelas X SMA dapat digunakan pada proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dapam proses pembelajaran.

Author Biography

Veren Lativa, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang, Pendidikan Biologi

References

Abrori, F. M., Mucti, A., & Listiani. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Daerah Perbatasan di Kalimantan Utara pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01(01), 43–55. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/article/download/1261/894.

Anggraini, N., & Zulfah, Z. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Kelas XI SMA pada Tahapan Pleminary Research. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.729.

Ayu Renita. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragam Hayati. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797.

Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371.

Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977.

Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Urgensi Pengembangan Booklet Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI. BJBE, 3(1), 59–66.

Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.

Hidayat, A., Saputro, S., & Sukardjo, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali DAN SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 47–56.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234.

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494.

Kamiana, A., Kesiman, M. W. A., & Pradnyana, G. A. (2019). Pengembangan Augmented Reality Book Sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 165. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351.

Kusumawati, E. R. (2016). Pengembangan Buku Lift the Flap Ensiklopedia Anak Tentang 18 Pakaian Adat Di Indonesia Bagian Barat. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(01), 129. https://doi.org/https://jurnal.unived.ac.id /index.php/jmi/article/view/467.

Mahendrani, K. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7936.

Muhammad Rizky, A., Lala, T., & Aji, D. (2020). Membangun negeri. Aasu, 1(2), 2.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Pranata, L., Indaryati, S., & Daeli, N. E. (2020). Perangkat Edukasi Pasien dan Keluarga dengan Media Booklet (Studi Kasus Self-Care Diabetes Melitus). Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 102–111. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1599.

Pratiwi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Fisika Berbasis Scientific Inquiry Learning dengan Nilai Karakter Islami pada Tema Cahaya. Journal of Educatio and Management Studies, 1(1), 1–6.

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.

Riswinarni, & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Leaflet Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy 2016.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Developing A Contextual Learning-Based Audio Visual Media On Material Of The Energy Source And Its Change For Four Grade Students At Elementary Schools Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 263–278.

Sunariyati, S., Miranda, Y., & Aminah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Angiospermae Berbasis Etnobotani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMA SMA Negeri 1 Kurun. Bioedukasi, 13(1), 53–60.

Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.

Syastra, M. T., & Adam, S. (2017). Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Model AIDA bagi Usaha Kecil dan Menengah. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS. https://doi.org/10.21456/vol7iss2pp114-119.

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan (Sardiman, 2011). 343 Ismi Fatimatus Zahro Utariyanti dkk,. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 343–355.

Widayat Prihartanta. (2015). Ensiklopedia umum (Nasional). Jurnal Adabiya, 5(85), 1–14.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454.

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Lativa, V., Syamsurizal, S., & Fuadiyah, S. (2021). Urgensi Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Tentang Materi Bakteri Untuk Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 215–220. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34668

Issue

Section

Articles