Media Pembelajaran Berupa Komik Edukasi Bernuansa Spiritual dengan Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik SMP

Authors

  • Mia Marta Putri Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.35448

Keywords:

Media Komik Edukasi Bernuansa Spiritual

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran inovatif di sekolah masih terbatas, khususnya pada muatan IPA dengan materi sistem reproduksi pada manusia kelas IX SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berupa komik edukasi bernuansa spiritual tentang materi sistem reproduksi pada manusia. Model pengembangan dalam penelitian ini yaitu 4-D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini 2 orang dosen dan 1 guru IPA SMP serta 25 peserta didik Kelas IX. Metode dan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan rating scale berupa lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaf. Hasil analisis data diperoleh rata-rata validitas yaitu 83,02% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas terhadap komik edukasi bernuansa spiritual oleh guru adalah 94,23% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik 96,85% dengan kriteria praktis, sehingga media ini dapat digunakan sebagai salah satu media pendukung pembelajaran materi sistem reproduksi pada manusia. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam menghasilkan pemahaman yang lebih baik selama pembelajaran.

Author Biography

Ristiono Ristiono, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Biologi

References

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Aprilla. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2).

Apriyanti, R., Lufri, & Putri, D. H. (2018). Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual dalam Bentuk Komik Strip pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Bioeducation Journal, 2(2). https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.12.

Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22–33.

Baka, A., Laksana, D. N. ., & Dhiu, K. . (2018). Konten dan Konteks Budaya Lokal Ngada sebagai Bahan Ajar Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181.

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358.

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Lina Herlina. (2019). Realistic Mathematics Education ( Rme ) sebagai Sebuah Pendekatan pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Realistic Mathematics Education ( Rme ) As an Approach to Development of Mathematical Module Based on Multiple Intel. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 328–332. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396.

İlhan, G. O., Kaba, G., & Sin, M. (2021). Usage of Digital Comics in Distance Learning During COVID-19. International Journal on Social and Education Sciences, 3(1), 161–179. https://doi.org/10.46328/ijonses.106.

Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–166. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i9459.

Iza, N., & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Hasil Penelitian Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Gatul (Poecilia sp.). Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1. https://doi.org/10.17977/um052v10i1p1-10.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.

Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899.

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of E-Module Using Flip PDF Professional on tTmperature and Heat Material IOP Publishing. Journal of Physics, 1572(1), 012017.

Lailiyah. (2020). Pengembangan Media Komik Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/33521/29990.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344.

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273.

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108.

Rohmanurmeta, M. . & D. . (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.24269/muaddub.v11i2.1213.

Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Putri, M. M., & Ristiono, R. (2021). Media Pembelajaran Berupa Komik Edukasi Bernuansa Spiritual dengan Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 308–314. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.35448

Issue

Section

Articles