Booklet Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.35641Keywords:
Validitas, Booklet, Nuansa Spiritual, VirusAbstract
Motivasi belajar peserta didik yang secara keseluruhan masih tergolong rendah. Hal ini dicirikan dengan kurangnya semangat peserta didik dalam pembelajaran biologi, kurang fokus sehingga perhatian terhadap pembelajaran mudah teralihkan, dan tidak sedikit peserta didik yang menunjukkan sikap malas berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet bernuansa spiritual pada materi virus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari tiga orang validator. Data dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pengujian validitas secara keseluruhan mencapai nilai dengan persentase sebesar 93,86. Nilai tersebut merupakan hasil perhitungan uji validitas yang ditinjau dari empat aspek dengan rekapitulasi perolehan nilai sebesar 94,44% pada aspek kelayakan isi/materi, 94,44% pada aspek kebahasaan, 95,83% pada aspek penyajian, dan 90,74% pada aspek kegrafikan. Hal ini mengindikasikan bahwa booklet bernuansa spiritual pada materi virus untuk peserta didik kelas X SMA/MA dinyatakan sangat valid karena telah memenuhi setiap indikator penilaian pada keempat aspek yang ditinjau. Penelitian ini dapat memberikan implikasi berupa manfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar.
References
Anesa, D. R., & Ardi. (2018). Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik SMA/MA. Bioeducation Journal, 2(2). https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.87.
Apriyanti, R., Lufri, & Putri, D. H. (2018). Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual dalam Bentuk Komik Strip pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Bioeducation Journal, 2(2). https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.12.
Bagaray, F. E. K., Wowor, V. N. S., & Mintjelungan, C. (2016). Perbedaan efektivitas DHE dengan media booklet dan media flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 126 Manado. Jurnal E-GiGi, 4(2), 76–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13487.
Baltes, P. B. (1997). On the Complete Architecture of Human Ontogeny; Selection, Optimization, and Compensation as Foundation of Developmental Theory. American Psychologist, 52 (4)(4), 366–380. https://doi.org/10.1037/0003-066X.52.4.366.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dewi, E. R., & Wahyuningsih, S. (2018). Efektivitas Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan pada Dokter Kecil tentang Keamanan Pangan Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.242.
Efendi, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NW Keruak Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.157.
Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977.
Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 854–861.
Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa arab. Lantanida Journal, 4(2), 129–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234.
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir.
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59.
Listya, A. (2018). Konsep dan Penggunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(1), 10–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837.
Noviarti, I., & Sumarmin, R. (2018). The Validity o f The Sudent Worksheets Based on Scientific Approach for Student or Student a t Senior High School /MA Class XI. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(1), 179–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v10.1.547.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.
Panjaitan, R. G. P., Titin, & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966.
Patonah, D., Wijaya, W. M., & Rosalin, E. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 45–37. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v19i1.17130.
Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV pada Tema 1 dengan menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340.
Pratiwi, Y. F., & Puspitasari, D. I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Booklet terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Ibu Balita Gizi Kurang di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 58–68. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jk.v10i1.5493.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.
Rimelvi, & Susanti, D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen, 3(4), 488–497. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i4.10506.
Sepriana, R., Sefriani, R., Wijaya, I., & Lestari, P. (2019). Pengujian Validitas Modul Interaktif Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Macromedia Director MX. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.25.
Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. 2(1), 109–116. https://doi.org/10.31226/osf.io/etg5n.
Sugiharni, G. A. D. (2018). The Development of Interactive Instructional Media Oriented to Creative Problem Solving Model on Function Graphic Subject. Journal of Educational Reserach and Evaluation, 2(4), 183–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v2i4.16694.
Sulistyaningrum, H., Kuntum, H., & Ummatin, K. (2018). Effectiveness Of Problem Solving Of Solso And Locus Of Control Against Mathematics Learning Achievements Of High School Students. Jurnal Teladan, Volume 3(2), 133–141. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif.
Wijayanti, E., Rohman, F., & Hastuti, U. S. (2016). Pengembangan Booklet Penyuluhan Nata de pamelo Bagi Para Petani Jeruk Pamelo di Magetan. Jurnal Pendidikan, 1(2), 874–880. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6293.
Wirahyuni, K., Anjani, A. H., & Wisudariani, N. M. R. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Puisi Berorientasi Pembelajaran E-Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 73–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32614.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)