E-Modul Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Program Aplikasi Accurate Accounting V5 untuk Siswa Kelas XI

Authors

  • Anggit Pratama Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Joni Susilowibowo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.36500

Keywords:

Electronic Modul, Android, Accounting, School, Accurate Accounting V5, Accounting Education

Abstract

Dampak pandemi covid-19 memaksa guru dan siswa melaksanakan pembelajaran daring karena tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung sehingga guru dan siswa membutuhkan suatu inovasi baru yang selaras dengan perkembangan IPTEK yaitu bahan ajar yang dapat diakses siswa ketika berada dirumah dan meminimalisir penjelasan guru untuk mengembangkan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa bahan ajar e-modul berbasis android pada mata pelajaran komputer akuntansi program aplikasi Accurate Accounting V5 untuk siswa kelas XI pada materi Perusahaan Jasa yang akan dikemas secara praktis, efektif, serta menarik. Pengembangan e-modul komputer akuntansi berbasis android untuk program aplikasi Accurate Accounting V5 ini dikembangkan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri empat tahapan yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner di dalam pengumpulan data, metode ini diterapkan dengan cara memberikan pernyataan-pernyataan kepada responden yakni, ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil analisis validitas e-modul yang dilaksanakan diperoleh bahwa E e-modul berbasis android program akuntansi Accurate Accounting secara keseluhan rata-rata skor validitas dari ahli memperoleh pesentase 91,31 %. Maka e-modul komputer akuntansi berbasis android untuk program aplikasi Accurate Accounting V5 produk bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Anggit Pratama Putra, Universitas Negeri Surabaya

Saya Mahasiswa Dari Program Studi Pendididkan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya

References

Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative , Active , Systematic, Effective) Sebagai Alternatif, Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 197–202.

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon, 8(2), 72 – 86. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.

Denisa, L., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul Kontekstual Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Berbasis Flip Pdf Professional. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 79–87. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/38899.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.

Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijal.v3i2.13003.

Fonda, A., & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi Grade Of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122.

Gozali, F., & Lo, B. (2012). Pemanfaatan Teknologi Open Source Dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(1), 47–57. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9767.

Gunawan, H. (2020). Pengembangan E-Modul Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi Dalam Persamaan Dasar Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 84. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4311.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478.

Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292.

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material IOP Publishing. Journal of Physics, 1572(1), 012017.

Kuncahyono, & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292–304. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999.

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(1), 1–7. https://doi.org/doi.org/10.37729/jips.v1i1.570.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 5–9. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/16.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. CV Alfabeta.

Santosa, P. I. (2011). No Model Konseptual Pemanfaatan Teori Flow Dalam eLearning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 24–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v1i1.9756.

Saurina. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2016.v20i1.27.

Sepriana, R., Sefriani, R., Wijaya, I., & Lestari, P. (2019). Pengujian Validitas Modul Interaktif Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Macromedia Director MX. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 120–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.25.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731.

Surjono, H. (2009). Pengantar e-learning dan penyiapan materi pembelajaran. In E-learning.

Suwasono. (2013a). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Suwasono. (2013b). Pengembangan E-Modul Online Elektronika Analog Pada Pendidikan Jarak Jauh. Teknologi Dan Kejuruan, 36(1), 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/tk.v36i1.4070.

Szép, S. G. (2017). Konzeption und Implementierung eines neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach ZahnerhaltungskundeConception and implementation of a novel E-learning module with EbM learning contents in operative dentistry. Zeitschrift Für Evidenz, Fortbildung Und Qualität Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438.

Wulandari, I., & Ndaru Mukti Oktaviani. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.

Downloads

Published

2021-07-16

Issue

Section

Articles