Media Aplikasi Kartu Bergambar Berbasis ARCS untuk Pembelajaran Materi Menulis Pantun dengan Metode Blended Learning

Authors

  • Alfiyatur Rohmaniyah Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.36568

Keywords:

Kartu Bergambar, ARCS, Blended Learning

Abstract

Masih banyak guru yang belum menerapkan bahan ajar inovatif yang dapat merangsang siswa dalam belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya keterampilan menulis, khususnya menulis pantun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media kartu bergambar berbasis ARCS dengan metode blended learning bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kualitatif yang memperoleh data berdasarkan penelitian sebelumnya dan dengan kepustakaan studi dokumen teks. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Angket kebutuhan dalam pengembangan produk yang akan dianalisis menggunakan data deskriptif kualitatif dengan cara penyajian data melalui beberapa pertanyaan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada pada saat penelitian. Untuk memperoleh hasil penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa aplikasi media kartu bergambar berbasis ARCS dalam pembelajaran teks pantun dengan metode blended learning lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran di masa pandemi.

References

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Andayani, T., & -, A. (2018). Improving Students’ Ability in Writing Narrative Text by Using Picture Series for the Eight Grade Students of Junior High School. JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/joall.v1i2.4174.

Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar Ilmu, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Artini, N. P. W. D., Suadnyana, I. N., & Wiarta, I. W. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbentuk Media Kartu Angka Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif PAUD Kusuma 2. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/10.23887/paud.v4i1.7532.

Asiyah. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a.

Hao, K. C., & Lee, L. C. (2021). The Development and Evaluation of An Educational Game Integrating Augmented Reality, ARCS Model, and Types of Games for English Experiment Learning: An Analysis of Learning. Interactive Learning Environments, 29(7), 1101–1114. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1619590.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254.

Hasanah, J., Wahyudiati, D., & Ningrat, H. K. (2018). Pengembangan Kartu Bergambar Sains sebagai Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan Kelas VIII MTS Darul Aman Selagalas Tahun Pelajaran 2015/2016. Biota, 9(2), 241–255. https://doi.org/10.20414/jb.v9i2.51.

Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668.

Huda, M. (2018). Blanded Learning: Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.

Ma, L., & Lee, C. S. (2021). Evaluating the Effectiveness of Blended Learning Using the ARCS Model. Journal of Computer Assisted Learning, 37(5), 1397–1408. https://doi.org/10.1111/jcal.12579.

Manalu, W. (Universitas N. J. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar dengan Teknik Make A Match untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.

Mekka Madaina Jamil. (2019). Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(1), 7–24. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/1401.

Nida, M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukma, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.

Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586.

Saharah, S., & Indihadi, D. (2019). Penggunaan Teknik Mind Mapping pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 9–15.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591.

Smith, K., & Hill, J. (2019). Defining the Nature of Blended Learning Through Its Depiction in Current Eesearch. Higher Education Research and Development, 38(2), 383–397. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1517732.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373.

Tomita, K. (2018). Does the Visual Appeal of Instructional Media Affect Learners’ Motivation toward Learning? TechTrends, 62(1), 103–112. https://doi.org/10.1007/s11528-017-0213-1.

Trisnayati, D., Suwatra, & Parmiti. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terpadu Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II SD. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.815.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Rohmaniyah, A., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2021). Media Aplikasi Kartu Bergambar Berbasis ARCS untuk Pembelajaran Materi Menulis Pantun dengan Metode Blended Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 315–322. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.36568

Issue

Section

Articles