Upaya Peningkatan Kinerja Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI Melalui Pembinaan in House Training
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37033Keywords:
Kinerja Guru IPA, In House TrainingAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kinerja guru dalam mengajar belum maksimal. Dilihat dari kelengkapan administrasi guru dalam mengajar perlu mendapatkan perhatian dari Kepala Sekolah.. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan pembinaan dalam bentuk In House Training sebagai wahana pembinaan diyakini dapat meningkatkan kinerja guru IPA dan berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan tindakan (action research) dengan siklus sebanyak dua putaran atau dua siklus. Setiap putaran atau siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Rancangan (Planning), 2) Pelaksanaan Kegiatan (Acting), 3) Observasi (Observing), 4) Refleksi/Tindakan (reflecting). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh yaitu peningkatan kinerja Guru IPA siklus I dengan nilai rata-rata = 7,2, 2), peningkatan kinerja guru IPA siklus II dengan nilai rata-rata = 10,2, 3). Peningkatan hasil belajar siswa Siklus I dengan nilai rata-rata = 75,4, dan peningkatan hasil belajar siswa siklus II dengan nilai rata-rata = 80. maka penerapan In House Training sebagai wahana pembinaan bagi guru IPA dapat meningkatkan kinerja Guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran, serta berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI secara signifikan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak pada kinerja guru dan hasil belajar siswa.
References
Aprilina Tarigan, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.462.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.
Asmalah, L. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(1), 55–74. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1935.
Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37–47. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47.
Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan insentif terhadap motivasi berprestasi guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379.
Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 355. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021.
Dudung, A. (2018a). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02.
Dudung, A. (2018b). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.
Erman, E. (2020). In House Training Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 5 Rakit Kulim Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3442–3449. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/884.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org.10.15294/jpii.v1i1.2010.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.
Learn, A., Radosta, L., & Pike, A. (2020). Preliminary assessment of differences in completeness of house-training between dogs based on size. Journal of Veterinary Behavior, 35, 19–26. https://doi.org/10.1016/j.jveb.2019.08.003.
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970.
Purwadhi. (2019). Pengembangan Kurikulum dakam Pembelajaran XXI. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(2), 103–112. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22201.
Putra, C. A. A., Yudana, M., & Natajaya, N. (2018). Hubungan motivasi berprestasi, prilaku kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja dengan kinerja guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12925.
Ristianey, F., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1310–1317. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3950.
Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6715.
Rozaini, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercyaan Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 6(2). https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335.
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785.
Setianingrum, R. S., Syamsuri, S., & Setiani, Y. (2020). Analyzing Students’ Learning Difficulties In Algebra. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n1a2.
Siska, A. J. (2018). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 98–103.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (Issue January 2016). Universitas Pendidikan Ganesha.
Suhartono, Murti, T., & Artikasari. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Pilihan Aktivitas Belajar (Pab) Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(3), 182–192. https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p182.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.
Widiyawati, Y. (2020). Pengaruh Leader Member Exchange, Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kinerja Guru. Perpustakaan STIE Putra Bangsa, 1–15.
Widoyoko, S. E. P. (2013). Optimalisasi Peran Guru dalam Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 22(2), 1–12. http://ejurnal.veteranbantara.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/148.
Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)