Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA

Authors

  • Titin Ulandari Universitas Negeri Padang
  • S Syamsurizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688

Keywords:

Booklet, Suplemen Bahan Ajar, Protista

Abstract

Peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak pembahasan materi pada bahan ajar masih terbatas secara tekstual dan gambar pendukung belum berwarna dan kurang menarik. Peserta didik juga kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat diamati langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa booklet yang dapat dijadikan sebagai suplemen terutama pada materi Protista. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Validasi media dilakukan oleh ahli bidang materi, ahli bidang bahasa, dan ahli bidang media. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli untuk masing-masing aspek validitas yaitu kelayakan isi 87,50%, kelayakan kebahasaan 87,87%, kelayakan penyajian 98,33%, dan kelayakan kegrafikaan 91,66%. Rerata hasil uji validitas adalah 91,34% dengan kriteria sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa booklet layak dijadikan sebagai suplemen bahan ajar pada materi Protista.implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi Protista.

Author Biographies

Titin Ulandari, Universitas Negeri Padang

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang, Sumatera Barat

S Syamsurizal, Universitas Negeri Padang

Jurusan Biologi

References

Bagaray, F. E. K., Wowor, V. N. S., & Mintjelungan, C. (2016). Perbedaan efektivitas DHE dengan media booklet dan media flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 126 Manado. Jurnal E-GiGi, 4(2), 76–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13487.

Dewi, E. R., & Wahyuningsih, S. (2018). Efektivitas Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan pada Dokter Kecil tentang Keamanan Pangan Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.242.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.

Gunawan, H. (2020). Pengembangan E-Modul Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi Dalam Persamaan Dasar Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 84. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4311.

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Urgensi Pengembangan Booklet Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI. BJBE, 3(1), 59–66.

Harahap, I. A., Helendra, H., Farma, S. A., & Syamsurizal, S. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP. Bioeducation Journal, 4(2), 103–110. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.272.

Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran menurut Al-Ghazali. JURNAL QATHRUNÂ, 1(1), 84–98.

Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang Digunakan Oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 129–146.

Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Mahendrani, K. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7936.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Masdiana Sinambela*, T. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Umum Sebagai Sumber Belajar Untuk Buku Peganggan Mahasiswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3).

Oktarina Puspita Wardani. (2017). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Sma “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“ Kelas X SMA. JPBSI, 2(2).

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.

Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.

Sinambela, P. nauli josip mario. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(2), 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067.

Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.

Syamsurizal, S., Aghnia, E., Darussyamsu, R., & Alicia, S. (2021). JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ) Developing human movement system booklet as a biology teaching material supplement for XI grade students. 7(1), 95–103.

Wardani, G. T. W. dan I. K. (2017). Efektifitas Suplemen Bahan Ajar Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas IV SD Galuh Tisna Widiana dan Indra Kusuma Wardani Pendidikan Guru Marasah Ibtidaiyah Galuh dan Indra , Efektifitas Suplemen Bahan Ajar ... untuk menemukan sesuatu . Pendeka. 3, 41–55.

Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. 3(1), 1–9.

Wulandari, I., & Ndaru Mukti Oktaviani. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.

Downloads

Published

2021-07-28

How to Cite

Ulandari, T., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 301–307. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688

Issue

Section

Articles