Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688Keywords:
Booklet, Suplemen Bahan Ajar, ProtistaAbstract
Peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak pembahasan materi pada bahan ajar masih terbatas secara tekstual dan gambar pendukung belum berwarna dan kurang menarik. Peserta didik juga kesulitan memahami materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat diamati langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa booklet yang dapat dijadikan sebagai suplemen terutama pada materi Protista. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Validasi media dilakukan oleh ahli bidang materi, ahli bidang bahasa, dan ahli bidang media. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli untuk masing-masing aspek validitas yaitu kelayakan isi 87,50%, kelayakan kebahasaan 87,87%, kelayakan penyajian 98,33%, dan kelayakan kegrafikaan 91,66%. Rerata hasil uji validitas adalah 91,34% dengan kriteria sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa booklet layak dijadikan sebagai suplemen bahan ajar pada materi Protista.implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi Protista.
References
Bagaray, F. E. K., Wowor, V. N. S., & Mintjelungan, C. (2016). Perbedaan efektivitas DHE dengan media booklet dan media flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 126 Manado. Jurnal E-GiGi, 4(2), 76–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13487.
Dewi, E. R., & Wahyuningsih, S. (2018). Efektivitas Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan pada Dokter Kecil tentang Keamanan Pangan Sekolah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.242.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.
Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.100-108.
Gunawan, H. (2020). Pengembangan E-Modul Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi Dalam Persamaan Dasar Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 84. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4311.
Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Urgensi Pengembangan Booklet Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI. BJBE, 3(1), 59–66.
Harahap, I. A., Helendra, H., Farma, S. A., & Syamsurizal, S. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP. Bioeducation Journal, 4(2), 103–110. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.272.
Hermawan, A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran menurut Al-Ghazali. JURNAL QATHRUNÂ, 1(1), 84–98.
Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang Digunakan Oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 129–146.
Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.
Mahendrani, K. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Smp. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7936.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran ( Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran ). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).
Masdiana Sinambela*, T. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Umum Sebagai Sumber Belajar Untuk Buku Peganggan Mahasiswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3).
Oktarina Puspita Wardani. (2017). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Pada Buku Teks Sma “Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik“ Kelas X SMA. JPBSI, 2(2).
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.
Pralisaputri, Kurnia Ratnadewi Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964/4705.
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672.
Sinambela, P. nauli josip mario. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(2), 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067.
Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.
Syamsurizal, S., Aghnia, E., Darussyamsu, R., & Alicia, S. (2021). JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ) Developing human movement system booklet as a biology teaching material supplement for XI grade students. 7(1), 95–103.
Wardani, G. T. W. dan I. K. (2017). Efektifitas Suplemen Bahan Ajar Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas IV SD Galuh Tisna Widiana dan Indra Kusuma Wardani Pendidikan Guru Marasah Ibtidaiyah Galuh dan Indra , Efektifitas Suplemen Bahan Ajar ... untuk menemukan sesuatu . Pendeka. 3, 41–55.
Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. 3(1), 1–9.
Wulandari, I., & Ndaru Mukti Oktaviani. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)