Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Melalui Aplikasi Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38832Keywords:
Daring, Google Class Room, Peran Orang TuaAbstract
Peran orang tua dalam proses pembelajaran daring sangatlah dibutuhkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran orang tua pada pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom pada masa pandemi. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang telibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV sekolah dasar, orang tua siswa, serta satu orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan cara menjabarkan hasil penelitian yang kemudian didukung oleh hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran daring siswa sekolah dasar cenderung mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi google clasroom serta mengalami kendala dalam memahami fitur-fitur yang telah tersedia di dalamnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan memaksimalkan peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran daring menggunakan google clasroom. Adapun peran orang tua dalam pembelajaran daring, yakni berperan sebagai guru dalam pembelajaran daring di rumah, berperan sebagai fasilitator, sebagai director, dan berperan sebagai motivator dalam pembelajaran daring dari rumah dan mampu membantu anak-anak dalam menyelesaikan kesulitan dalam pembelajaran daring di rumah menggunakan Google Classroom.
References
Alexandro, R., Putri, W. U., Hariatama, F., & Oktaria, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13(2), 92–108. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/3717/2846.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Arsy, G. R., Listyarini, A. D., & Nyumirah, S. (2021). Pendampingan Psikologis Orang Tua pada Anak Usia Sekolah selama Pembelajaran Daring. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(2), 161. https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.762.
Artatiningsih, A. (2021). Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Kejuruan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8833.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Budiarti, Marlinda Indah, Titing, T., & Dhipanusa, K. (2021). Keefektifan Penggunaan Google Class Room dan Zoom selama Pandemi Covid 19 pada Pembelajaran Matematika. JPB : Jurnal Patria Bahari, 1(1), 9–23. https://doi.org/10.54017/jpb.v1i1.16.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home during the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203/1326.
Data, A. B., Talizaro Tafonao, Sidabutar, D. L., & Rini Sumanti Sapalakkai. (2021). Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. ELEOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 50–62. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.5.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.
Emiyati, A., & Harming. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/336%0A.
Ervalna, N. N., Rapani, R., & Izzatika, A. (2021). Hubungan Peran Orang Tua dalam Pendampingan dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Anak di Era New Normal Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–19. https://doi.org/10.23960/pdg.v9i1.23167.
Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1187.
Fatonah, U., & Mulyono, R. (2021). Manajemen E-Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 150–159. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9906.
Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Orang Tua dan Guru dalam Memotivasi Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005.
Haerullah, H., & Eliham, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504/293.
Hamida, S., & Putra, E. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Mimbar Ilmu, 26(2), 302. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39024.
Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270.
Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925.
Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73/55.
Istiadaningsih, D., Adisel, & Fitriana, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyukseskan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SEKOLAH DASAR. Journal Of Elemantary School (JOES), 4(1), 6. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2024.
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.
Mahardini, A., & Mahitsa, M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102.
Manurung, R., Sadjiarto, A., & Sitorus, D. S. (2021). Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 729. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853.
Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1326.
Misesani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Madani), 5(4), 1640–1652. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5078.
Misnan. (2021). Analisis Pemanfaatan Google Classromm di Masa Pendemi C0vid-19. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 67–75. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.408.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.
Rahayu, P., Rohana, R., & Febriani, E. (2021). Analisis Peran Orang Tua sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 87–95. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.157.
Risalah, A., Ibad, Maghfiroh, Azza, M. I., Cahyani, & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring bagi Guru dan Siswa. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5.
Riyandi, A., Aulianita, R., Wiyatno, A., Triantori, V., & Musyaffa, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/ 3203 2336.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Sari, D. O., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Peran Orang Tua dalam Proses Penyesuaian Diri Anak Usia Dini terhadap Kegiatan Pembelajaran di Rumah. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 149–160. https://doi.org/ 10.30651/pedagogi.v7i2.7001.
Sarjono, S. (2021). Penetrasi Google Classroom pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Pembelajaran Daring di Era Pandemi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 424–434. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1914.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Suluh, M. (2018). Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.78.
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289.
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD melalui Peran Guru dan Orang Tua pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orang Tua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.
Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(7). https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., & Kelana, J. B. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 7(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2002.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.
Yuliantari, A. P. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring terhadap Peserta Didik SMAK Setia Bakti Ruteng Masa Pandemi Covid 19. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.36928/jrt.v4i2.784.
Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)