Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927Keywords:
Perencanaan Program, Pendidikan Nonformal, Pengembangan Teknologi, Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)Abstract
Perkembangan teknologi menjadi tuntutan bagi pelaku UMKM. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitasnya melalui pendidikan nonformal. Pada pelaksanaan pendidikan nonformal terdapat proses perencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses perencanaan pendidikan nonformal. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yakni pengelola Rumah BUMN, tutor atau fasilitator rumah BUMN, dan pelaku UMKM. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni pedomanan wawancara yang berkaitan dengan proses perencanaan pendidikan nonformal. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Temuan penelitian terkait dengan proses perencanaan pendidikan nonformal yaitu adanya identifikasi kebutuhan agar program yang dilakasanakan sesuai dengan kebutuhan dan penyeleksian calon warga belajar karena pelaku UMKM memiliki beragam karakteristik sesuai kebutuhan program. Selanjutnya, penentuan program sesuai dengan kebutuhan dan penyiapan tutor untuk menjadi pendidik, penyiapan materi, dan pelatihan bagi para tutor untuk beberapa materi tertentu.
References
Aisyah, S. (2018). Perencanaan dalam Pendidikan. Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 715–731. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v7i1.314.
Anggraeni. (2019). Pengelolaan Program Kesehatan Masyarakat Melalui Forum Kesehatan Kelurahan Siaga (Fkks) di Kelurahan Plalangan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1), 23–39. https://doi.org/10.15294/pls.v3i2.34913.
Anisaturrahmi. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Nonformal pada Rumah Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 37–58. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i2.10291.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512.
Armeliza, D., Hasanah, N., & Mulyasari, I. (2020). Managerial Skills Improvement Of Finance and Management for Small Medium Enterprise. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 4(1), 59–73. https://doi.org/10.21009/JPMM.004.1.05.
Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70.
Chaudhary, A. K., Diaz, J., Jayaratne, K. S. U., & Assan, E. (2020). Evaluation Capacity Building in the Nonformal Education Context: Challenges and Strategies. Evaluation and Program Planning, 79, 101768. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2019.101768.
Gatot, M., & Mukri, S. G. (2020). Model Konseptual Perencanaan Program Desa Vokasi pada Lembaga Pendidikan Nonformal (Spnf) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bogor Melalui Program Kemitraan. Jurnal Obor Penmas, 3(2), 278–292. https://doi.org/ 10.32832/oborpenmas.v3i2.3612.
Greaves, M., Nabhani, M., & Bahous, R. (2019). Shelter in a Storm: A Case Study Exploring the Use of Psycho-Social Protection Strategies in Nonformal Refugee Education in Lebanon. International Journal of Educational Development, 66(1), 70–77. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.02.005.
Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678.
Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 81. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5063.
Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program - Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8111.
Irawan, I. C., & Dwijayanti, A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 17–24. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512.
Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 21–41. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.406.
Jefri, U., & Ibrohim, I. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 86. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.730.
Juwita, D. R. (2020). Makna Posyandu sebagai Sarana Pembelajaran Nonformal di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Meretas, 7(1). https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/159/106.
Khanzode, A. G., Sarma, P. R. ., Mangla, S. K., & Yuan, H. (2021). Modeling the Industry 4.0 Adoption for Sustainable Production in Micro, Small & Medium Enterprises. Journal of Cleaner Production, 279, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.123489.
Kurashita, Y., & Takami, K. (2019). User-Oriented Cache Deletion Algorithm in A Delayed Update-Tolerant Web Cache sSrver for Supporting A Nonformal Education. Procedia Computer Science, 160, 61–69. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.444.
Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669.
Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855.
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656.
Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38821.
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak Covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278.
Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Program Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16861.
Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554.
Nurdiyanti, Y., & Nurmalasari, N. (2020). Management of Skills Programs to Improve the Competencies of Graduates of Learning Citizens Manajemen Program Keterampilan dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Warga Belajar. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 176–185. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v8i2.436.
Nurfaal, A. R. (2017). Penyelenggaraan Program Pelatihan Tata Busana di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 107–118. https://doi.org//10.21831/diklus.v1i1.23860.
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(2), 147. https://doi.org/10.30983/es.v4i2.3591.
Raharjo, T. J., & Soleh, T. A. (2018). Implementasi Pelatihan Pengelasan Warga Belajar Kejar Paket C di UPDT SKB Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2). https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4897.
Rerung, R. R. (2018). Analysis and Design of MSMEs Support System Based on Information Technology (Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung UMKM Berbasis Teknologi Informasi). Journal Pekommas, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030103.
Romadoni, F. W., & Purwito, L. (2016). Manajemen Diklat Penyuluh Perpajakan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(2), 108–122. https://doi.org/10.17977/um041v10i2p108-122.
Saedin, D. P., & Latang, S. (2021). Peran Tutor Kejar Paket C di Pusat Pembelajaran ( PKBM Amanah Ummat ) di Kota Makassar. Pinisi Journal Of Education, 1(1). https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25813.
Samantha, G. (2018). The Impact of Natural Disasters on Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs): A Case Study on 2016 Flood Event in Western Sri Lanka. Procedia Engineering, 212, 744–751. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2018.01.096.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65.
Setyawati, R. (2019). Pengelolaan Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 103–1117. https://doi.org/10.21831/diklus.v3i2.27278.
Siregar, B. S., & Jaffisa, T. (2020). Peranan Pemerintah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Laut Dendang. Jurnal Publik Reform, 7(1), 8–14. https://doi.org/10.46576/jpr.v7i1.1371.
Sumadi. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Manajemen Organisasi di Karang Anom Klaten. Jurnal Budimas, 02(02), 153–157. https://doi.org/ 10.29040/budimas.v2i2.1441.
Supsiloani, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Bidang Pendidikan Nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.24114/antro.v5i1.13172.
Widodo, S. (2018). Analisis Kebutuhan Pendidikan Nonformal di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 21–25. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/10043/5802.
Yani, A. (2018). Pemberdayaan Perempuan melalui Program Sektor Nonformal pada Pembinaan Narapidana Perempuan melalui Program Keterampilan Menjahit di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Transformasi, 3(2), 1–13. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/740/694.
Yuliani, N. R. (2020). Penyuluhan Kewirausahaan bagi Kelompok UMKM guna Meningkatkan Motivasi dalam Berwirausaha. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 84–87. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1884.
Yuniarini, P. D., & Vembriati, N. (2019). Perbedaan Motivasi Kerja Tutor Pendidikan Nonformal Ditinjau dari Status Pekerjaan di Provinsi Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 243–248. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i02.p03.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)