Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996Keywords:
Orang tua, Gadget, Anak Usia 11 TahunAbstract
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan orang dewasa namun anak dan balita juga dapat memanfaatkan gadget dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari. Penggunaan gadget khusunya pada anak tentunya terdapat hal – hal yang positif maupun negatif. Peran orang tua dalam mengawasi anak sangat berpengaruh bagi anak dalam penggunaan gadget. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak dan mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun di Desa Soco Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan studi kasus. Penelitian fokus pada penemuan realita, fakta dan data terkait dengan peran orang tua dalam mengontrol atau mengawasi penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Data diperoleh langsung peneliti melalui wawancara dengan informan, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengontrol atau mengawasi penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun yakni 1) dengan membatasi waktu penggunaan gadget, 2) selektif dalam memilihkan aplikasi gadget pada anak, 3) menemani anak dalam pengunaan gadget, 4) melatih tanggung jawab anak, 5) berinteraksi sosial. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dampak positif dan dampak negatif dalam penggunaan gadget. Dampak positif penggunaan gadget yakni menambah pengetahuan, memperluas jaringan persahabatan, dan mempermudah komunikasi, sedangkan dampak negatif penggunaan gadget mengabaikan perintah orang tua, kecanduan, serta konsentrasi belajar yang menurun.
References
Ariston, Y & Frahasini. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar”. Journal Of Educational Review And Research. 1 (2). 86 – 91
Chusna, Puji Asmaul. 2017. “Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak”. Dinamika Penelitian:Media Komunikasi Sosial Keagamaan. 17 (2). 315 – 329
Dahlia, Ti., Safiah, Intan & Soedirman. 2017. “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Karakter Anak Pada Usia Sekolah Dasar Di Sdn 20 Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (4). 143 – 149
Fatmala, Shofia., Bintoro , Henry Suryo., Ardianti, Sekar Dwi. 2021. “Analisi Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa”. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 1 - 10
Harsela, Febey & Qalbi, Zahratul. 2021. “Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu”. Jurnal Pena Paud. 1 (1). 27 – 39.
Haryanto, Agus Tri. (2021). Data Pengguna Gadget di Indonesia. Diakses tanggal 01 agustus 2021 dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-547210/penggunaa-internet-indonesia-tembus-2026-juta
Nugrahani. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.Surakarta
Raudhoh. 2017. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Studi Gender dan Anak. 2 (1). 83 – 107
Roza, Emilia., Kamayani, Mia & Gunawan. 2018. “Pelatihan Mmemantau Penggunaan Gadget pada Anak”. Jurnal SOLMA. 7 (2). 208 – 214
Sahriana, Nanang. 2019. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini”.Jurnal Smart PAUD. 2 (1). 60 – 66
Saputri, Adek Diah & Pambudi, Diah Ayuning. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini”. Proceedings of The 3 rdAnnual Conference on Islamic Early Childhood Education. Vol 3. 265 – 277
Suryameng. 2019. “Pendampingan Dialogis Orang Tua dalam Penggunaan gadget pada Anak Usia Dini”. Dunia Anak:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2). 40 – 49.
Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syifa, L., Setianingsih, E.S & Sulianto, J., 2019. “ Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar “. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (4). 527 – 533
Tesa, Alia & Irwansyah. 2018. “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital”. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT. 14 (1). 65 – 78
Yanizon, A., Rofiqah, T & Ramdani. 2019. “Upaya Pencegahan Pengaruh Gadget pada Anak melalui Kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Dampak Gadget Kepada Ibu-Ibu Kelurahan Tanjung Uma”. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2). 121-132
Zulfitria. 2017. “Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar. HOLISTIKA:Jurnal Ilmiah PGSD. 1 (2). 95 – 102
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)