Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun

Authors

  • Shella Tasya Hidayatuladkia Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Mohammad Kanzunnudin Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Keywords:

Orang tua, Gadget, Anak Usia 11 Tahun

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan orang dewasa namun anak dan balita juga dapat memanfaatkan gadget  dalam aktifitas yang mereka lakukan setiap hari. Penggunaan gadget khusunya pada anak tentunya terdapat hal – hal yang positif maupun negatif. Peran orang tua dalam mengawasi anak sangat berpengaruh bagi anak dalam penggunaan  gadget. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak  dan mengetahui dampak penggunaan gadget  pada anak  usia 11 tahun di Desa Soco Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan studi kasus. Penelitian fokus pada penemuan realita, fakta dan data terkait dengan peran orang tua dalam mengontrol atau mengawasi penggunaan gadget pada anak  usia 11 tahun.  Data diperoleh langsung peneliti melalui wawancara dengan informan, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengontrol atau mengawasi penggunaan gadget  pada anak usia 11 tahun yakni 1) dengan membatasi waktu penggunaan gadget, 2) selektif dalam memilihkan aplikasi gadget  pada anak, 3) menemani anak dalam pengunaan gadget, 4) melatih tanggung jawab anak, 5) berinteraksi  sosial. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dampak positif dan dampak negatif dalam penggunaan gadget. Dampak positif penggunaan gadget yakni menambah pengetahuan, memperluas jaringan persahabatan, dan mempermudah komunikasi, sedangkan dampak negatif  penggunaan gadget  mengabaikan perintah orang tua, kecanduan, serta konsentrasi belajar yang menurun. 

Author Biographies

Shella Tasya Hidayatuladkia, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mohammad Kanzunnudin, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sekar Dwi Ardianti, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ariston, Y & Frahasini. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar”. Journal Of Educational Review And Research. 1 (2). 86 – 91

Chusna, Puji Asmaul. 2017. “Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak”. Dinamika Penelitian:Media Komunikasi Sosial Keagamaan. 17 (2). 315 – 329

Dahlia, Ti., Safiah, Intan & Soedirman. 2017. “Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Perkembangan Karakter Anak Pada Usia Sekolah Dasar Di Sdn 20 Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (4). 143 – 149

Fatmala, Shofia., Bintoro , Henry Suryo., Ardianti, Sekar Dwi. 2021. “Analisi Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa”. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 1 - 10

Harsela, Febey & Qalbi, Zahratul. 2021. “Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu”. Jurnal Pena Paud. 1 (1). 27 – 39.

Haryanto, Agus Tri. (2021). Data Pengguna Gadget di Indonesia. Diakses tanggal 01 agustus 2021 dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-547210/penggunaa-internet-indonesia-tembus-2026-juta

Nugrahani. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.Surakarta

Raudhoh. 2017. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Studi Gender dan Anak. 2 (1). 83 – 107

Roza, Emilia., Kamayani, Mia & Gunawan. 2018. “Pelatihan Mmemantau Penggunaan Gadget pada Anak”. Jurnal SOLMA. 7 (2). 208 – 214

Sahriana, Nanang. 2019. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini”.Jurnal Smart PAUD. 2 (1). 60 – 66

Saputri, Adek Diah & Pambudi, Diah Ayuning. 2018. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini”. Proceedings of The 3 rdAnnual Conference on Islamic Early Childhood Education. Vol 3. 265 – 277

Suryameng. 2019. “Pendampingan Dialogis Orang Tua dalam Penggunaan gadget pada Anak Usia Dini”. Dunia Anak:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2). 40 – 49.

Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syifa, L., Setianingsih, E.S & Sulianto, J., 2019. “ Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar “. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (4). 527 – 533

Tesa, Alia & Irwansyah. 2018. “Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital”. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT. 14 (1). 65 – 78

Yanizon, A., Rofiqah, T & Ramdani. 2019. “Upaya Pencegahan Pengaruh Gadget pada Anak melalui Kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Dampak Gadget Kepada Ibu-Ibu Kelurahan Tanjung Uma”. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2). 121-132

Zulfitria. 2017. “Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar. HOLISTIKA:Jurnal Ilmiah PGSD. 1 (2). 95 – 102

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Issue

Section

Articles