Mendukung Transformasi Digital melalui Penyusunan Program Studi Software Engineering
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39242Keywords:
STMM, Software Engineering, Program Studi BaruAbstract
STMM sebagai institusi di bidang perguruan tinggi memiliki peran dalam menjawab tantangan tersebut dengan menghasilkan lulusan-lulusan yang cakap dan unggul di bidang digital. Tujuan penelitian ini untuk dapat menyusun program studi baru yang dapat menghasilkan SDM unggul di bidang digital. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: analisis pasar, analisis kebutuhan industri, analisis internal STMM, penyusunan prodi baru hasil yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dilanjutkan dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana prodi baru. Kajian ini dilakukan dengan desk research dan focus group discussion dengan pimpinan dan para dosen. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah analisis awal untuk menyusun pembentukan program studi baru di STMM Yogyakarta. Kajian ini berisi visi dan misi, tujuan, sasaran, profil lulusan, standar kompetensi lulusan, bahan kajian, dan materi pembelajaran prodi baru. Hasil penelitian dapat menjadi bahan kajian untuk meningkatkan peran STMM dalam memenuhi kebutuhan SDM yang terampil digital. Implikasi penelitian ini adalah Program studi Software Engineering diharapkan mampu mencetak SDM yang memiliki keterampilan digital dan berkontribusi untuk pembangunan Indonesia maupun global agar potensi digital Indonesia tidak tertinggal.
References
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194.
Balyer, A., & Oz, O. (2018). Academicians’ Views on Digital Transformation in Education. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 5(4), 809–830.
Beach, R. H., & Lindahl, R. A. (2017). Instituting a New Degree Program: A Case Study of University Planning. Planning for Higher Education Journal, 45(4), 32–44.
C.Verhoef, P., Broekhuizen, T., Bart, Y., Bhattacharya, A., Dong, J. Q., Fabian, N., & Haenlein, M. (2021). Digital Transformation: A Multidisciplinary Reflection and Research Agenda. Journal of Business Research, 122, 889–901. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.022.
CC2020 Task Force. (2020). Computing Curricula 2020. Computing Curricula 2020. https://doi.org/10.1145/3467967.
Chorosova, O. M., Aetdinova, R. R., Solomonova, G. S., & Gerasimova, R. E. (2020). Spring 2020: toward a Digital Transformation of Education. In VI International Forum on Teacher Education (Vol. 1, pp. 381–393). https://doi.org/10.3897/ap.2.e0381.
Cokki, Soelaiman, L., & Puspitowati, I. (2019). Transformasi Digital Merek-Merek Indonesia dalam Bentuk Penempatan Produk pada Web Series di Situs Web Youtube. D EReMa Jurnal Manajemen, 14(1), 155–170. https://doi.org/10.19166/derema.v14i1.1305.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II).
Das, K., Gryseels, M., Sudhir, P., & Tan, K. T. (2016). Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity. McKinsey & Company, (October).
Direja, A. C. (2017). Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia. Edutech, 16(2). https://doi.org/10.17509/e.v16i2.7756.
Everett, Gerard D; McLeod, R. J. (2007). Software Testing Testing Accrosst the Entire Software Development Life Cycle. New Jersey: IEEE Press.
Fauzia, F., Virantika, A., & Firmansyah, G. (2021). Langkah-langkah Strategis Pemenuhan Kebutuhan SDM Talenta Digital di Lingkungan Pemerintahan Indonesia, 39–46. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/15.
Gebhart, M., Giessler, P., & Abeck, S. (2016). Challenges of the Digital Transformation in Software Engineering. The Eleventh International Conference on Software Engineering Advances Challenges, (c), 136–141.
Irawan, D. E. (2018). Kajian Pendidikan Tinggi IDRI untuk DPR RI dan Ristek Dikti 2018. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/NRB9K.
Ismail, M. H., Khater, M., & Zaki, M. (2017). Digital Business Transformation and Strategy: What Do We Know So Far? Manufacturer Article, (January), 36. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36492.62086.
Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. (S. S. Kusumawardani, Ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108 – 116. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/eduteach/article/view/1956.
Maksum, A., & Fitria, H. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021 (pp. 121–127). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/5498/4827.
Masykur, R., Rosidin, U., & Iqbal, A. M. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205.
Mawangi, G. T. (n.d.). Kemkominfo Akan Ubah STMM Yogyakarta Jadi Institut Digital Nasional.
Nugrahadi, E. W., Maipita, I., Ane, L., & Putra, P. D. (2018). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI di Fakultas Ekonomi Unimed. Niagawan, 7(1). https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9349.
OECD. (2020). Digital Transformation in the Age of COVID-19: Building Resilience and Bridging Divides. Digital Economy Outlook 2020 Supplement, 215(October), 438–443. https://www.oecd.org/digital/digital-economy-outlook-covid.pdf.
Pertiwi, W. K. (2020). Jokowi: Indonesia Butuh Lebih Banyak Software Engineer dan Kreator Konten.
Privalov, A. N., Bogatyreva, Y. I., & Romanov, V. A. (2019). Engineering Centre as Innovative Component of Professional Training of Future IT Specialists. Obrazovanie i Nauka, 21(7), 90–112. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2019-7-90-112.
Putri, N. I., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Munawar, Z. (2021). Kajian Empiris pada Transformasi Bisnis Digital. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 1–15. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/600.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891.
Ratnaya, I. G., Adiarta, A., Arsa, I. P. S., & Nurhayata, I. G. (2017). Studi Kelayakan Pembukaan Prodi S1 Teknik Elektro. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 272–275. http://ftk.undiksha.ac.id/semnasvoktek2017/assets/Prosiding_SEMNASVOKTEK_2017.pdf.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Sasongko, Y. A. T. 2021. (n.d.). Menkominfo: Indonesia Butuh 600.000 Talenta Digital untuk Atasi Digital Talent Gap.
Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo pada Pembelajaran Sejarah. Sejarah Dan Budaya, 14(2), 142–152. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152.
Smetanina, M. D., Yefremova, E. P., & Lazutkina, E. V. (2020). Digital Transformation of Higher Education. Siberian Journal of Anthropology, 4(3), 178–184. https://doi.org/10.31804/2542-1816-2020-4-3-178-184.
Society, I. C. (n.d.). Guide to the Software Engineering Body of Knowledge Version 3.0 (SWEBOK Guide V3.0).
Suci, I. G. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Transformasi Digital Dan Gaya Belajar (Vol. 1). http://eprints.binadarma.ac.id/4348/.
Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning). Jurnal Edueksos, VI(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v6i1.1412.
Suwadi. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI-SNPT Berparadigma Interkoneksi di Program Studi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/1414.
Tanjung, A. (2020). Pengembangan Kurikulum KKNI pada Matakuliah Konversi Energi Listrik. JURNAL TEKNIK, 14(1). https://doi.org/10.31849/teknik.v14i1.4206.
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Julnar Mimbar Ilmu. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.
Waseso, H. P., & Hidayat, M. S. (2017). Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI pada Prodi PGMI Unsiq Jawa Tengah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1). https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1376.
Widnyani, N. M., & Ni Luh Putu Surya Astitiani, B. C. L. P. (2021). Penerapan Transformasi Digital pada UKM selama Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87. Retrieved from http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen.
Wijiharjono, N. (2021). Business Analytics untuk Perguruan Tinggi: Studi Kasus atas Pembukaan Program Studi Baru di UHAMKA. https://doi.org/10.31235/OSF.IO/AHU8B.
Yunus, Raharjo, S., Handayani, M., Arifah, N., Rafli, Sitepu, N., Saleha, I. (2021). Peran Media Sosial di Era Transformasi Digital sebagai Sarana Komunikasi Karang Taruna Masyarakat Kampung Parung Serab Ciledug. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.71.
Zaoui, Fadwa, & Souissi., N. (2020). Roadmap for Digital Transformation: A Literature Review. In Procedia Computer Science, Elsevier B., 5(6), 21–28. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.07 .090.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)