Kebutuhan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Fungi Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.40393Keywords:
Booklet, Suplemen Bahan Ajar, Kingdom FungiAbstract
Bahan ajar mempunyai manfaat yang beragam terutama untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu siswa memahami materi yang diajarkan oleh guru. Pada setiap kegiatan belajar mengajar, tentunya guru memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum yang berlaku, agar pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuan pengembangan booklet sebagai suplemen bahan ajar pada materi kingdom fungi kelas X SMA/MA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang dibatasi sampai tahap define (pendefinisisan). Subjek penelitian ini adalah satu orang guru biologi dan 70 orang peserta didik kelas XI IPA. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang menunjang pemahaman tentang materi kingdom fungi yaitu berupa booklet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang menunjang pemahaman tentang materi kingdom fungi yang valid dan praktis dan bentuk bahan ajar yang sesuai dengan analisis kebutuhan adalah booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas X pada materi kingdom fungi.
References
Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas VII SMP. BIOPEDAGOGI : Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 8–15. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916
Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Laila Rahmi, Y. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805
Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250
Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620.
Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977
Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927. DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-modul IPA bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran. UNP Press.
Nasar, A., & Kaleka, M. B. U. (2019). Effectiveness of Experimental Laboratory Methods on Understanding the Concept of Light , Science Processes Skills , And Scientific Attitudes of Students. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 7(3), 262–270. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2333 DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2333
Octiana, N., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Syamsurizal, S. (2020). Validity of Booklet on Pattern of Inheritance in the Law of the Minister as a Genetic Learning Suplement in High School Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel sebagai Suplemen. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi FMIPA UNP, 5(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/apb.v5i3.7092. DOI: https://doi.org/10.24036/apb.v5i3.7092
Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154. https://103.23.224.239/GeoEco/article/view/8930.
Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://repository.um.ac.id/60712/.
Ristiyani, D. (2014). Pengembangan LKS Fisika Materi Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Terintegrasi Karakter dengan Pendekatan Saintifik. Universitas Negeri Semarang.
Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH (School from Home). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796
Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320
Sari, E. P., Sukardi, Tasrif, E., & Ambiyar. (2020). Optimalisasi Penggunaan E-learning dengan Model Delone dan McClean. Journal of Education Technology, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131
Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Darussyamsu, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material supplement for XI grade students. 7(1), 95–103. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.12828. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.12828
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Thiagrajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2. DOI: https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., & Arsanti, M. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs / SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 41–46. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/48993. DOI: https://doi.org/10.15294/jce.v1i2.48993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)