Kebutuhan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Fungi Kelas X SMA/MA

Authors

  • Putri Azizah Universitas Negeri Padang
  • S. Syamsurizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.40393

Keywords:

Booklet, Suplemen Bahan Ajar, Kingdom Fungi

Abstract

Bahan ajar mempunyai manfaat yang beragam terutama untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu siswa memahami materi yang diajarkan oleh guru. Pada setiap kegiatan belajar mengajar, tentunya guru memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kurikulum yang berlaku, agar pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuan pengembangan booklet sebagai suplemen bahan ajar pada materi kingdom fungi kelas X SMA/MA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang dibatasi sampai tahap define (pendefinisisan). Subjek penelitian ini adalah satu orang guru biologi dan 70 orang peserta didik kelas XI IPA. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang menunjang pemahaman tentang materi kingdom fungi yaitu berupa booklet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang menunjang pemahaman tentang materi kingdom fungi yang valid dan praktis dan bentuk bahan ajar yang sesuai dengan analisis kebutuhan adalah booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas X pada materi kingdom fungi.

Author Biographies

Putri Azizah, Universitas Negeri Padang

Jurusan Biologi

S. Syamsurizal, Universitas Negeri Padang

Jurusan Biologi

References

Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas VII SMP. BIOPEDAGOGI : Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 8–15. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916

Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Laila Rahmi, Y. (2021). Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Arum, T. S., & Wahyudi, W. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 239. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p239-250

Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8620.

Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 70–78. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927. DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2927

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979. DOI: https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-modul IPA bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran. UNP Press.

Nasar, A., & Kaleka, M. B. U. (2019). Effectiveness of Experimental Laboratory Methods on Understanding the Concept of Light , Science Processes Skills , And Scientific Attitudes of Students. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 7(3), 262–270. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2333 DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2333

Octiana, N., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Syamsurizal, S. (2020). Validity of Booklet on Pattern of Inheritance in the Law of the Minister as a Genetic Learning Suplement in High School Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat Pada Hukum Mendel sebagai Suplemen. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi FMIPA UNP, 5(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/apb.v5i3.7092. DOI: https://doi.org/10.24036/apb.v5i3.7092

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154. https://103.23.224.239/GeoEco/article/view/8930.

Putri, O. D., Nevrita, N., & Hindrasti, N. E. K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 14. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2004

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://repository.um.ac.id/60712/.

Ristiyani, D. (2014). Pengembangan LKS Fisika Materi Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Terintegrasi Karakter dengan Pendekatan Saintifik. Universitas Negeri Semarang.

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH (School from Home). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24796

Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320

Sari, E. P., Sukardi, Tasrif, E., & Ambiyar. (2020). Optimalisasi Penggunaan E-learning dengan Model Delone dan McClean. Journal of Education Technology, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Darussyamsu, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material supplement for XI grade students. 7(1), 95–103. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.12828. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.12828

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Thiagrajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2. DOI: https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159

Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Zulaeha, I., Sulisyaningrum, S., Suratno, S., Pristiwati, R., & Arsanti, M. (2021). Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs / SMP di Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(2), 41–46. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/48993. DOI: https://doi.org/10.15294/jce.v1i2.48993

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Azizah, P., & Syamsurizal, S. (2022). Kebutuhan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Fungi Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 121–126. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.40393

Issue

Section

Articles