Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986

Keywords:

minat, motivasi, fisika

Abstract

Minat siswa yang kurang terhadap suatu pelajaran akan membuat siswa merasa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran. Siswa cenderung malas belajar karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekolah khususnya dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis hubungan minat serta motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berupa purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji didapatkan hasil uji T dengan nilai sig.(2- tailed) < 0.05 dan uji korelasi antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05. Maka, penelitian ini yaitu terdapat perbedaan minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika antara kedua kelas dan terdapat hubungan antara minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Implikasi penelitian ini diharapkan akan dapat menunjang meningkatnya minat serta motivasi belajar siswa di jenjang sekolah menengah atas, serta harapannya minat dan motivasi belajar siswa juga meningkat secara kompeten dibidang mata pelajaran fisika.

Author Biographies

Ahmad Mansur Nawahdani, Universitas Jambi

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Elza Triani, Universitas Jambi

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Miftahul Zannah Azzahra, Universitas Jambi

Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Maison Maison, Universitas Jambi

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Dwi Agus Kurniawan, Universitas Jambi

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

Defri Melisa, SMA Negeri 10 Batanghari

Guru Fisika SMA Negeri 10 Batanghari

References

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21. https://www.academia.edu/download/35904799/Hal._11-21_Minat_dan__ motivasi_belajar.pdf.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03108

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11–16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133

Awe, E. Y, & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.

Awe, Ermelinda Yosefa, & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.

Berliana, N., Enawati, E., & Lestari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27820/75676578050.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66. DOI: https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66

Diawati, L. P., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452

Effendi, M., & Yogie, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654. DOI: https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd. DOI: https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Febriliani, L. (2018). Hubungan Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 10–18. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24049.

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570

Fransiska, L., Subagia, I. W., & Sarini, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 68. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214

Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464

Guay, F., Chanal, J., Ratelle, C. F., Marsh, H., Larose, S., & Boivin, M. (2010). Intrinsic, identified, and controlled types of motivation for school subjects in young elementary school children. British Journal of Educational Psychology, 80(4), 711–735. https://doi.org/10.1348/000709910X499084. DOI: https://doi.org/10.1348/000709910X499084

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380 DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. https://media.neliti.com/media/publications/188212-ID-hubungan-antara-minat-belajar-dengan-has.pdf. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Koloay, C. C. J. (2017). Implementasi Model Kooperatif Tps Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 98–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629

Laksono, Y. S, Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.

Laksono, Yustinus Setio, Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143

Lie, G., & Triposa, R. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 110–128. https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.38189/jan.v2i1.89

Lin, W. R., Lin, C. Y., & Ding, Y. H. (2020). Factors affecting the behavioral intention to adopt mobile payment: An empirical study in Taiwan. Mathematics, 8(10), 1–19. https://doi.org/10.3390/math8101851. DOI: https://doi.org/10.3390/math8101851

Meidawati, Sobron A.N, Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Mukti, F., Connie, C., & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57–63. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801. DOI: https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1831

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215

Rosiana, L. D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 19–26. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24432.

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77. https://doi.org/10.2411/jikeperawatan.v7i1.49. DOI: https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v7i1.494

Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.18. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.18

Sari, M., & Masruroh, F. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 02(02), 36–51. http://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/335.

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061

Sulfemi, W. B. (2017). Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smk Pelita Ciampea. Edutecno, 17(106), 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/cbp7f. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/cbp7f

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal RontalKeilmuan, 5(1), 17–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/vi. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13670

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wahid, A. H., & El Iq Bali, M. M. (2021). Problematika pembelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Edureligia, 05(01), 1–17.

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850. DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Widiartha, K. D. R., Manuaba, I. B. S., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)