Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berasrama
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43400Keywords:
Pengembangan Kurikulum PAI, Sekolah BerasramaAbstract
Pembelajaran agama terkadang memiliki hambatan dari segi penyampaian oleh guru seperti kurang mampunya guru dalam mengubah materi kognisi agama kepada siswa. Banyak kalangan memberi penilaian bahwa sekolah/madrasah hanya mampu melahirkan insan yang pintar dalam kognitifnya saja namun tidak dapat memunculkan akhlak mulia siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Padahal kurikulum kombinasi antara sekolah dan pesantren sudah dirancang agar peserta didik memiliki akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah asrama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum PAI yang ada digunakan merupakan kurikulum PAI perpaduan antara kurikulum nasional dan kurikulum khas pesantren yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan. Pengembangan kurikulum pendidikan di sekolah asrasa dimulai dari membentuk tim pengembang kurikulum, mendiagnosis kebutuhan peserta didik, dan mengformulasikan tujuan pembelajaran, memilih isi dan sekaligus mengorganisasinya dalam bentuk penentuan kitab-kitab dan kegiatan-kegiatan keagaman.
References
Abitolkha, A. M., Ismail, A. N., & Hady, Y. (2020). Contextualization of Islamic Education Curriculum in Junior High Schools. Tarbiya : Journal Of Education In Muslim Society, 7(1), 48 – 66. https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.13843. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.13843
Achruh, A. (2019). Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.9933.
Amin, M. I., Haryani, T. N., Arifah, N. H., & Husna, A. M. (2019). Islamic Education in Supporting De-radicalization: A Review of Islamic Education in Pondok Pesantren. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 259 – 272. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2581. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2581
Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.149.
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Agama Islam (PAI) di Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.8.
Bakri, S. (2010). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Ngawi. UIN Malang.
Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412
Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295 – 306. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603
Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Atika. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 174–202. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527. DOI: https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527
Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Haq, M. Z. U., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. ISLAMIKA, 2(2), 251–275. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.791. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.791
Ihsan, M. (2019). Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Mdrasah Aliyah di Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendiidkan Islam, 13(1), 207 – 226. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3576. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3576
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Khuzaimah, K. (2017). Paradigma pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah (analisis berbagai kritik terhadap PAI). Jurnal Kependidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1256. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1256
Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School, 8(2), 295–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. D., & Gunawan, I. (2017). Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139–150. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p139. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p139
Mangsi, R. (2017). Jurnal Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin; Aman dan Sehat bagi perkembangan Ruhani peserta didik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(1). Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/482.
Mardiana, D., & Suti’ah, S. (2020). Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum 2013 Revisi. AL-MISBAH: Jurnal Islamic Studies, 8(2), 60 – 67. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1959. DOI: https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1959
Muhaimin. (2008). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munir, A. S. (2021). Planning Management of Takhaṣṣuṣ al-Lughah al-ʿArabiyah Program at The Al-Kamal Integrated Islamic Boarding School Blitar. Alsuna, 4(1), 18 – 35. https://doi.org/10.31538/alsuna.v4i1.1296. DOI: https://doi.org/10.31538/alsuna.v4i1.1296
Mustaqim, I., & Wijayanti, W. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–23. Retrieved from http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/1900.
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Riberu, J. (2001). Pendidikan Agama dan Tata Nilai, dalam Sindhunata (Editor), Pendidikan; Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: KANISIUS.
Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339. DOI: https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339
Rouf. (2016). Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. Tadarus, 5(1), 68–92. https://doi.org/10.30651/td.v5i1.345.
Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, 1(1), 47–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.5646876. DOI: https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.18
Sidik, F. (2016). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 100–114. Retrieved from. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/461.
Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02
Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452
Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120. DOI: https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120
Sya’roni, M., Zaini, N., & Miftah, Z. (2017). Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Model Boarding School Kabupaten Lamongan. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 118–130.
Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(2252), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)