Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berasrama

Authors

  • Muhammad Sufyan As-Tsauri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43400

Keywords:

Pengembangan Kurikulum PAI, Sekolah Berasrama

Abstract

Pembelajaran agama terkadang memiliki hambatan dari segi penyampaian oleh guru seperti kurang mampunya guru dalam mengubah materi kognisi agama kepada siswa. Banyak kalangan memberi penilaian bahwa sekolah/madrasah hanya mampu melahirkan insan yang pintar dalam kognitifnya saja namun tidak dapat memunculkan akhlak mulia siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Padahal kurikulum kombinasi antara sekolah dan pesantren sudah dirancang agar peserta didik memiliki akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah asrama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum PAI yang ada digunakan merupakan kurikulum PAI perpaduan antara kurikulum nasional dan kurikulum khas pesantren yang disajikan dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan. Pengembangan kurikulum pendidikan di sekolah asrasa dimulai dari membentuk tim pengembang kurikulum, mendiagnosis kebutuhan peserta didik, dan mengformulasikan tujuan pembelajaran, memilih isi dan sekaligus mengorganisasinya dalam bentuk penentuan kitab-kitab dan kegiatan-kegiatan keagaman.

References

Abitolkha, A. M., Ismail, A. N., & Hady, Y. (2020). Contextualization of Islamic Education Curriculum in Junior High Schools. Tarbiya : Journal Of Education In Muslim Society, 7(1), 48 – 66. https://doi.org/10.15408/tjems.v7i1.13843.

Achruh, A. (2019). Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.9933.

Amin, M. I., Haryani, T. N., Arifah, N. H., & Husna, A. M. (2019). Islamic Education in Supporting De-radicalization: A Review of Islamic Education in Pondok Pesantren. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 259 – 272. https://doi.org/10.21580/nw.2018.12.2.2581.

Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.149.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331.

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Agama Islam (PAI) di Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.8.

Bakri, S. (2010). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Ngawi. UIN Malang.

Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412.

Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295 – 306. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603.

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Atika. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 174–202. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527.

Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Haq, M. Z. U., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. ISLAMIKA, 2(2), 251–275. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.791.

Ihsan, M. (2019). Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Mdrasah Aliyah di Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendiidkan Islam, 13(1), 207 – 226. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3576.

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109.

Khuzaimah, K. (2017). Paradigma pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah (analisis berbagai kritik terhadap PAI). Jurnal Kependidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1256.

Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School, 8(2), 295–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. D., & Gunawan, I. (2017). Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139–150. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p139.

Mangsi, R. (2017). Jurnal Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin; Aman dan Sehat bagi perkembangan Ruhani peserta didik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(1). Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/482.

Mardiana, D., & Suti’ah, S. (2020). Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum 2013 Revisi. AL-MISBAH: Jurnal Islamic Studies, 8(2), 60 – 67. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1959.

Muhaimin. (2008). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munir, A. S. (2021). Planning Management of Takhaṣṣuṣ al-Lughah al-ʿArabiyah Program at The Al-Kamal Integrated Islamic Boarding School Blitar. Alsuna, 4(1), 18 – 35. https://doi.org/10.31538/alsuna.v4i1.1296.

Mustaqim, I., & Wijayanti, W. (2019). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–23. Retrieved from http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpdi/article/view/1900.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995.

Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.

Riberu, J. (2001). Pendidikan Agama dan Tata Nilai, dalam Sindhunata (Editor), Pendidikan; Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: KANISIUS.

Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339.

Rouf. (2016). Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia. Tadarus, 5(1), 68–92. https://doi.org/10.30651/td.v5i1.345.

Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, 1(1), 47–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.5646876.

Sidik, F. (2016). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 100–114. Retrieved from. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/461.

Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02.

Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching-loving-caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120.

Sya’roni, M., Zaini, N., & Miftah, Z. (2017). Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah Model Boarding School Kabupaten Lamongan. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 118–130.

Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(2252), 1–11.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

As-Tsauri, M. S., & Erihadiana, M. (2022). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berasrama. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 43–49. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43400

Issue

Section

Articles