Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar

Authors

  • Vilda Gemi Nastiti Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Ezik Firman Syah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43764

Keywords:

psikologi sastra, struktur kepribadian, cerita anak, bahan ajar sastra.

Abstract

Kurangnya pemahaman guru dalam memilih bahan ajar sehingga anak didik hanya diberikan bahan ajar berupa buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi sastra dalam cerita anak liburan seru di desa nenek lulu karya anee rahman sebagai alternatif bahan ajar sastra di SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (kualitatif). Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode baca dan catat, kepustakaan, dan wawancara. Sumber data diperoleh dari buku cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman. Hasil penelitian yang diperoleh dikaitkan dengan teori struktur kepribadian Sigmund Freud. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepribadian tokoh utama Lulu, tokoh utama Ridwan, tokoh utama Kayla, tokoh utama Udin, dan tokoh utama Kamil dalam cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman dibagi menjadi tiga unsur, yaitu id, ego, dan superego. Cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu bisa dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SD karena sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru diharapkan dapat memanfaatkan cerita anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu karya Anee Rahman sebagai bahan ajar sastra yang berkaitan dengan materi ajar sastra di sekolah dasar.

Author Biographies

Vilda Gemi Nastiti, Universitas Esa Unggul Jakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ezik Firman Syah

FKIP

References

Aulia, F. H., Hendrawan, B. B., Firmansyah, E., Ramadhan, M. R., Yasar, E., & Hakim, A. L. (2020). Terjun Perkembangan Puisi dengan Pendekatan Moral dan Psikologi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Esa Unggul Jakarta, 3, 258–264.

Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203

Cresswell, J. W. (2012). Educational Research. Pearson.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Fajriyah, K., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2017). Kepribadian Tokoh Utama Wanita Dalam Novel Alisya Karya Muhammad Makhdlori: Kajian Psikologi Sastra. Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics (CaLLs), 3(1), 1. https://doi.org/10.30872/calls.v3i1.773. DOI: https://doi.org/10.30872/calls.v3i1.773

Fatah, R. A. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Tinjauan Psikologi Sastra. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 12 – 23. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412

Fitriani, S. A., & Nurchasanah. (2017). Keefektifan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1683–1691. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10333.

Indriani, Y. (2019). Respons Anak Terhadap Cerita Rakyat Malin Kundang. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 95–102. https://doi.org/10.21067/jibs.v5i2.3181. DOI: https://doi.org/10.21067/jibs.v5i2.3181

Isnaini, F. N., Krahayon, M. U., Safitri, H. I., & Lestari, D. (2018). Media Pengenalan Kebudayaan Lokal Berbasis Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24445

Kurniawan, P. Y. (2019). Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Interaktif Yang Berbasis Kearifan Lokal Brebes Dalam Mata Kulia Semantik. BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 170–176.

Mayring, P. (2014). Qualitative content analysis: theoretical foundation, basic procedures and software solution. SOAR. DOI: https://doi.org/10.1007/978-94-017-9181-6_13

Minderop, A. (2018). Psikologi Sastra: Kajian Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus (5th ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.

Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Gadjah Mada University Press.

Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201

Pradnyana, I. W. G., Artawan, G., & Sutama, I. M. (2019). Psikologi Tokoh dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 339–347. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21844.

Pratiwi. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(03), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.

Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812. DOI: https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812

Rahmawati, I. S., & Nurazizah, I. (2021). Analisis Tokoh-Tokoh Dengan Psikologi Sastra: Teori Persona Carl Jung Dalam Novel Terjemahan Demian Kisah Dari Masa Muda Emil Sinclair Karya Hermann Hesse. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2106 – 2115. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1754.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rohman, G. N. (2011). Pengaruh Nilai Cerita Anak Dan Kesusasteraan Dalam Menciptakan Pendidikan Humanis Bagi Anak Indonesia. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.18860/ling.v1i1.541. DOI: https://doi.org/10.18860/ling.v1i1.541

Sari, N. A. (2016). Perkembangan Anak Pada Tokoh Mona Dan Lisa Dalam Kkpk Monalisa Karya Alya: Teori Psikologi Sastra. Jurnal Pena Indonesia, 2(2), 185–201. https://doi.org/10.26740/jpi.v2n2.p173-182. DOI: https://doi.org/10.26740/jpi.v2n2.p173-182

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sultoni, M. (2019). Pemanfaatan Cerita Anak Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 2, 364–370.

Suprapto, L., Andayani, & Waluyo, B. (2014). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter Novel 9. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(3), 1–15.

Suyadmi. (2018). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Jalan Meraih Bintang Karya Fathor Rosyid: Kajian Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SD. SDN 03 Bangsri Karangpandan Karanganyar, 4(1), 105–108. https://doi.org/10.32585/.v4i1.103.

Syah, E. F. (2020). Representasi Kerusakan Lingkungan Pada Cerita Anak The Time Travelling River Karya Parinita Shetty: Kajian Ekokritik Sastra. Forum Ilmiah, 17(3), 295–304.

Tarini, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044

Toha, R. K., & Sarumpaet. (2017). Pedoman Penelitian Sastra Anak (Edisi Revi). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Umri, C. A., & Syah, E. F. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1261. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1261

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Nastiti, V. G., & Syah, E. F. (2022). Psikologi Sastra dalam Cerita Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 104–110. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.43764

Issue

Section

Articles