Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Maulana Syafii Syafii Mahasiswa Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Keywords:

Metode Pelatihan, Teater, Rasa Percaya diri

Abstract

Kurangnya rasa percaya diri masih dialami oleh banyak anak di Indonnesia. Krisis percaya diri tersebut berpengaruh pada kurangnya upaya untuk berprestasi. Tujuan penelitian adalah menganalisis metode pelatihan teater untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode naratif kualitatif melaui tahap observasi, wawancara dan di lengkapi dengan dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu terdapat tiga jalur analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni pelatihan menggunakan metode olah tubuh dan terdapat 4 teknik gerak yaitu teknik cermin, teknik gerak dan tatap muka, teknik melenturkan tubuh, dan teknik gerak bersama. Kendala pelaksanaan pelatihan teater dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar di sanggar teater kampung budaya yaitu saling ejek atar teman, rasa malu dan munculnya rasa malas dalam pelatihan. Adapun cara mengatasi kendala pelaksanaan pelatihan teater yaitu pertama pemberian contoh, pengendalian dan yang paling penting motivasi.

Author Biography

Maulana Syafii Syafii, Mahasiswa Universitas Muria Kudus

Izin mempublish jurnal untuk syarat sidang skripsi, mohon banuanya. Terimakasih.

References

Aisara, F., Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.

Amri, U., & Damaianti, V. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Teater Tradisional Randai Berbasis Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 186–197. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5141. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5141

Asiyah. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7397/5169.

Evi, E., & Kafrawi, M. (2021). Sinematografi Pelatihan Pembuatan Film Bersama Teater Matan dan Mahasiswa FIB Unilak. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.31849/bidik.v1i2.6306. DOI: https://doi.org/10.31849/bidik.v1i2.6306

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Junaida, S., Kusdiyanti, H., & Churiyah, M. (2016). Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry Siti. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 75–93.

Komar, O. (2017). Correlation between the Qualification of Non-formal Education Program with the Graduates Competence. Journal of Nonformal Education, 3(2), 110 – 116. https://doi.org/10.15294/jne.v3i2.10945.

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas PAUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak Dan Lagu Di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1961. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1961

Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925

Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Nuryanto, S. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Mendongeng Cas Cis Cus di Ba Aisyiyah Kaponan 2 Ponorogo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24914/pnf.v3i1.8732.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Permatasari, D., & Pratiwi, Y. (2021). Karakteristik Naskah Drama Serial Bertema Cinta Tanah Air Karya Siswa Ektrakulikuler Teater SMAN 4 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 43 – 50. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10504. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10504

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Purnama, A. S., Maarifarsyah, M. K., Nengsih, P. R., Desiana, D., Putra, Y. G. H., & Anggraini, G. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Seni Teater Berbasis Kearifan Lokal Secara Daring untuk Anak-Anak Kampung Kumuh Pasar Keramat. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.971. DOI: https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.971

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136. DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136

Urfah, N. (2021). Urgensi Membangun Ekstrakulikuler Teater di Sekolah Menengah Jakarta Sebagai Upaya Peningkatan Apresiasi Sastra. Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 52–56. https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12939. DOI: https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12939

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Zulfajri, T. (2017). Strategi pengelolaan pelatihan pada kelompok teater (Studi kasus pengajian tubuh Tony Broer). Jurnal Tata Kelola Seni, 3(2), 83–92. https://doi.org/10.24821/jtks.v3i2.2636.

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Syafii, M. S., Fathurohman, I. ., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Issue

Section

Articles