Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika

Authors

  • Erni Kusrini Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Jl. Sangnawaluh No 4 Pematangsiantar, Sumatera Utara 21136, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45006

Keywords:

Video Pembelajaran, Kemampuan Memecahkan Masalah, Efektif

Abstract

Kegiatan pembelajaran daring mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal–soal perhitungan fisika yang kompleks. Mahasiswa tidak memahami konsep sehingga kesulitan dalam memecahkan masalah fisika. Kesulitan yang dialami mahasiswa disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan oleh dosen cenderung biasa dan tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis efektifitas penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan one group pre test – post test design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti mata kuliah Fisika berjumlah 50 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan persamaan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar .000 < 0.005 artinya bahwa Ha diterima.  Karena Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat hasil yang signifikan dari penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah fisik. Sehingga penggunaan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika mahasiswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa selama proses pembelajar.

Author Biography

Erni Kusrini Sitinjak, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Jl. Sangnawaluh No 4 Pematangsiantar, Sumatera Utara 21136, Indonesia.

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Aisyah, P. N., Nuraini, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp. Journal On Education, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ardinata, K., & Parmiti, D. P. (2021). The Credibility of Listening Learning Videos for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 129–139. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/34369/18701. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.34369

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119

Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. , 1317(1), 0-5. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011

Choi, E., Lindquist, R., & Song, Y. (2014). Effects of problem-based learning vs. traditional lecture on Korean nursing students’ critical thinking, problem-solving, and self-directed learning. Nurse Education Today, 34(1), 52–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.02.012

Darmawan Harefa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231–234. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1540.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367 – 375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979.

Fortuna, R. A., & Fitria, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1034. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1034

Green, J. K., Burrow, M. S., & Carvalho, L. (2020). Designing for Transition: Supporting Teachers and Students Cope with Emergency Remote Education. Postdigital Science and Education, 2(3), 906–922. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s42438-020-00185-6

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018. DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018

Gunawan, Gunawan, Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019. DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14. DOI: https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14

Indriyani, I., & Putra, F. G. (2018). Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Materi Program Linier Metode Simpleks. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 353–362. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3008. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3008

Iswanto, E., Suharmono, R., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun Pelajaran. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI), 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2. DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905 – 1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356. DOI: https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Pranata, I. M. A., & Jayanta, I. N. L. (2021). Improving Students’ Comprehension about Energy Sources through Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35804.

Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171 – 181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725.

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantutatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267. https://doi.org/10.30651/must.v2i2.888. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v2i2.888

Usman, S. D., & Husnan, R. (2020). Efectivitas Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. EDUCATIONAL BUILDING Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 2, 59–65. https://doi.org//10.24114/ebjptbs.v6i2%20DES.22013.

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199.

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Wulandari, S. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Sitinjak, E. K. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 19–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45006

Issue

Section

Articles