Tanggung Jawab dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar PKn dan Matematika

Authors

  • Diah Puji Nali Brata STKIP PGRI Jombang, Jombang, Indonesia
  • Syarifatul Mafulah STKIP PGRI Jombang, Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.53536

Keywords:

Tanggung Jawab, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran PKn dan Matematika saat ini masih berdasarkan pembelajaran konvensional sehingga peserta didik hanya fokus pada hafalan materi, kemampuan berpikir kritis masih rendah. Sebagian besar guru matematika dalam proses belajar mengajar tidak memberikan pengalaman belajar yang dapat memotivasi daya kreatif dan kritis, peserta didik tidak memahami tujuan pembelajaran, dan peserta didik pasif hanya fokus menerima materi yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggung jawab dan berpikir kritis peserta didik SMP  terhadap hasil belajar PKn dan matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengambilan data berupa dokumentasi dan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP sebanyak 9 kelas sebanyak 270 peserta didik. Sampel melalui random sampling, diperoleh sebanyak 33 peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linier ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini adalah tanggung jawab dan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar PKn dan matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan kemampuan berpikir kritis yang diimbangi dengan karakter tanggung jawab, akan menjadikan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa mampu menghadapi perkembangan zaman di era 5.0.

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95–107. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21–32. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139. DOI: https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133.

Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029. DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953.

Binasdevi, M. (2021). Hubungan Kegiatan Literasi Sekolah Dan Motivasi Belajar Melalui Mediasi Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pendidikan Dasar. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4793. DOI: https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4793

Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171

Brata, D. P. N., & Utomo, E. S. (2022). The Influence of Students ’ Religiosity , Critical Attitude , and Creativity on Self-Concept during Hybrid Learning. 12(3), 27–32. https://doi.org/10.9790/7388-1203032732.

Brata, D. P. N., & Veranda, E. F. (2021). The Influence of Google Classroom Media on The Character of Responsibility In SMKN 3 Jombang. 01(1), 274–280. DOI: https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i2.285

Brata, Utomo, E. S., & Sukardi, S. (2022). The Analysis of Students’ Attitudes Construction Based on Pancasila Profile to be Integrated with Teacher’s Lesson Plan in Junior High School in Pandemic Era. Proceedings of the 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021), 630(Icetech 2021), 313–320. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.045. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.045

Caciuc, V.-T. (2014). Reflections on the Ways to Build up Responsibility towards Nature in Primary School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 149, 136–141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.177. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.177

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan kewarganegaraan.

Darmanto, S. W., & Dwiyani, T. (2015). Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi dalam Penelitian Ilmiah.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Dementiy, L. I., & Grogoleva, O. Y. (2016). The Structure of Responsibility of Preschool and Primary School Age Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233(May), 372–376. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.161. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.161

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. Journal of Social Science and Education, 2(1), 71–84. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465 DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Dinuţă, N. (2015). The Use of Critical Thinking in Teaching Geometric Concepts in Primary School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 788–794. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.205. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.205

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313

Egok, A. S. . (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199. DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.072.01

Eliasa, E. I. (2014). Increasing Values of Teamwork and Responsibility of the Students through Games: Integrating Education Character in Lectures. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 196–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1415. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1415

Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 6(1), 88–95. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5907. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5907

Fitriana, D., Yusuf, M. ., & Susanti, E. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik untuk melihat berpikir kritis siswa materi perbandingan. Urnal Pendidikan Matematika, 10(2), 23–38. https://doi.org/0.22342/jpm.10.2.3629.23-38. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3629.23-38

Fitriyani, H., Yudianto, E., Maf’Ulah, S., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2020). Van Hiele’s Theory: Transforming and Gender Perspective of Student’s Geometrical Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012070

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49–57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585. DOI: https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Hasanah, A. (2021). Implementasi model pembelajaran interaksi sosial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639.

Insani, A. A., Nurdiyan, A., & Iryani, D. (2017). “Berpikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan. Journal of Midwifery, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.25077/jom.1.2.21-30.2016. DOI: https://doi.org/10.25077/jom.1.2.21-30.2016

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKn Dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42–52. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629. DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Kalasan. (2015). Penerapan metode Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 4 Kalasan.

Karami, M., Pakmehr, H., & Aghili, A. (2012). Another View to Importance of Teaching Methods in Curriculum: Collaborative Learning and Students’ Critical Thinking Disposition. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3266–3270. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.048. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.048

Kia, A. D. (2019). Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru PAK Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Shanan, 3(2), 77–94. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1580. DOI: https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1580

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114.

Lestari, P. A. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400

Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 126–134. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.413. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.413

Maf’Ulah, S., Fitriyani, H., Yudianto, E., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2019). Identifying the reversible thinking skill of students in solving function problems. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012033. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012033

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies to Solve Reversible Problems of Function: The Part of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012051. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012051

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2020). Exploring reversible thinking of preservice mathematics teacher students through problem-solving task in algebra. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012003. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012003

Maf’ulah, S., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning national Olympiad medals in science. World Transactions on Engineering and Technology Education.

Maf’ulah, S. (2022). Reversible Thinking of Fifth Graders : Focus on Linier Equations. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD), 6(1), 165–175. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.44017

Maf’ulah, Syarifatul, & Juniati, D. (2020). The effect of learning with reversible problem-solving approach on prospective-math-teacher students’ reversible thinking. International Journal of Instruction, 13(2), 329–342. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13223a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13223a

Maf’ulah, Syarifatul, & Juniati, D. (2021). Prospective Mathematics- Teacher Students ’ Reversible Thinking in Solving Math Insurance Problem. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6), 3124–3131.

Malahayati, E. N., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa SMA dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) [The relationship between metacognitive skills and critical thinking skills with high school students’. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 178–185.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter.

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) berbasis karakter dalam peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93

Nadhom, M., & Loskot, P. (2018). Survey of public data sources on the Internet usage and other Internet statistics. Data in Brief, 18, 1914–1929. https://doi.org/10.1016/j.dib.2018.04.107. DOI: https://doi.org/10.1016/j.dib.2018.04.107

Nurafiah, F., Nurlaelah, E., & Sispiyati, R. (2013). No TitlePerbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 1–18. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.36109. DOI: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i1.205

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.140. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.140

Rombout, F., Schuitema, J. A., & Volman, M. L. L. (2021). Teachers’ implementation and evaluation of design principles for value-loaded critical thinking. International Journal of Educational Research, 106(September 2020), 101731. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101731. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101731

Rosa, N. M. (2015). Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.104.

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogia Dan Pembelajaran, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440–447. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.709

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229

Sulardi, S., Nur, M., & Widodo, W. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning (PBL) untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(1), 8-2–810. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p802-810 DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p802-810

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi pendekatan saintifik pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial.

Tadege, A., Seifu, A., & Melese, S. (2022). Teachers’ views on values-education: The case of secondary schools in East Gojjam, Ethiopia. Social Sciences & Humanities Open, 6(1), 100284. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100284. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100284

Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher job satisfaction: the importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247. DOI: https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Wulandari, W., & Kiswoyo, K. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick Berbantu Media Coper Terhadap Hasil Belajar Siswa I Materi Penjumlahan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20987. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19453

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Brata, D. P. N. ., & Mafulah, S. (2022). Tanggung Jawab dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar PKn dan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 336–345. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.53536

Issue

Section

Articles