Video Pembelajaran Geografi SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.55275Keywords:
Video Pembelajaran, Geografi, Kearifan Lokal, HOTSAbstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengaitkan kearifan lokal dalam pembelajaran serta kurangnya penggunaan media oleh guru berpengrauh terhadap proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan, profil dan mengetahui efektivitas video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek validasi adalah lima ahli media, lima ahli desain, dan empat ahli materi serta 26 siswa. Subjek uji efektivitas berjumlah 30 siswa dan subjek validasi soal 30 siswa. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, deskritif kualitatif dan statistik inferensial uji t serta uji effect size. Hasil penelitian adalah (1) deskprisi desain video pembelajaran. (2) profil video pembelajaran (3) evektifitas video pembelajaran melalui uji effect size, hasilnya 2,614 dengan kategori “strong effect”. Dengan demikikan, video pembelajaran geografi SMA berbasis kearfian lokal dapat diterapkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan High Order Thinking Skills.
References
Adam, S. S., Rindarjono, M. G., & Karyanto, P. (2020). Sistem Informasi Geografi untuk Zonasi Kerentanan Kebakaran Lahan dan Hutan di Kecamatan Malifut, Halmahera Utara. Jurnal Teknologi Informasi Dan Imlu Komputer, 6(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651674. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651674
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 1(4), 597–602. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2449
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Astawa, I. B. M. (2015). Pengembangan Kurikulum Geografi Berkerarifan Lokal Kebutuhan Bali Sebagai Ekologi Pulau Kecil. Media Komunikasi Geografi, 14(1). https://doi.org/10.23887/mkg.v14i1.1741.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Dahlan, D., Pemana, L., & Oktariani, M. (2020). Teacher’s Competence And Difficulties ini Constructing HOTS Instrumens ini Economics Subject. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 111 – 119. https://doi.org/10.21831/cp.v39I1.28869. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28869
Dewi, L. (2018). Learning Design Using ADDIE Approach To Improve Students Critical Thinking Skills in Becoming Ethical Librarians. Jurnal Edulib; Journal of Library and Information Science, 8(1), 99–119. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10901. DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10901
Diani, R., Alfin, J., Anggraeni, Y. M., Mustari, M., & Fujiani, D. (2019). Four-Tier Diagnostic Test with Certainty of Response Index on the Concepts of Fluid. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012078. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012078
Efendi, D., & Sumarmi, Utomo, D. . (2020). The effect of PjBL plus 4Cs Learning Model On Critical Thinking Skills. ,. Journal for the Education of Gifred Young Scientist, 8(4), 1509 – 1521. https://doi.org/10.17478/jegys.768134. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.768134
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4, 1494–1499. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.615.
Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018). Peningkatan Keterampilan Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. . Jurnal Edubiotik (Pendidikan, Biologi Dan Terapan), 3(2), 12–18. https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175. DOI: https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Khaerunnisa, E. , & A.S., P. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano; Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Kusuma, M. D., Abdurrahman, Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. Journal of Research & Method in Education, 7. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632. DOI: https://doi.org/10.9790/7388-0701052632
Lestari, N. K. A. S., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mardhiyah, R. ., Aldriani, S. N. ., Citta, F., & Zulfikar, M. . (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Abad 21 Sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.6.1.
Nurlenasari, N., Lidinillah, D. A. ., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21st Century Skills Of Fourth-Grade Student In STEM Learning. Journal of Physics: Conf. Series, 10(1381). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2), 128 – 135. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27. DOI: https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,& Pengembangan Journal Of Education Graduate School Of Universitas Negeri Malang, 4(11), 1457–1463. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12990. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12990
Putra, P., & Aslan. (2019). Exercising Local-Wisdom-Based Character Education In Madrasah; an Ethnograpic Study In a Madrasah In Sambas, West Kalimantan. ,. Journal Of Islamic Education Studies, 7(2), 167–183. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.167-183. DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.167-183
Putri, P. H., & Sriyanto. (2022). Efektifitas penggunaan media google earth dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan keterampilan geogradi siswa kelas X IPS SMA Negeri 52 Jakarta. Edu Geography Journal, 10(2), 15–34. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60521. DOI: https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i2.60521
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Retnoasih, N. (2018). Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 49–53. https://doi.org/10.26740/jppms.v2n2.p48-53.
Riantika, R. F. P., & Hastuti. (2019). Kajian Kearifan Lokal Dalam Perspektif Geografi Manusia. Geomdia : Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/gm.v17i1.28265.
Rohaini, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320
Sajidan, & Afandi. (2018). High Level Thinking Skills Empower Studens Primarry Educatio Through Innovative Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conderence Series., 1(2), 9–19. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26724. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26724
Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Syamsuddin. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Jurnal Inspirasi Pendidikan, Volume 5(1), 104–115. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3216.
Thenga, M., Goldschagg, P., Ferguson, R., & Mandikonza, C. (2020). Teacher Professional Development and Geography Teachers’ Pedagogical Practices For Climate Change Education. Southern African Jurnal of Environmental Education, 36, 34–47. https://doi.org/10.4314/sajee.v36i1.17. DOI: https://doi.org/10.4314/sajee.v36i1.17
Wahyuningtyas, R. S., & Simanjuntak, F. N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Pro-Life, 7(3), 276–287. https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102. DOI: https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21 : Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dikuasai siswa dalam menghadapi abad 21 hanyalah kemampuan terhadap teknologi dan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 186–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868. DOI: https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indri Astuti, Darini, Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)