Pemetaan Kompetensi Dasar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal

Authors

  • Dadang Sukirman Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Piksa Dewi Ekantiningsih Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56363

Keywords:

Pemetaan kompetensi, Kompetensi guru, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Peran guru Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebagai mentor dan fasilitator, bukan pentransfer ilmu pengetahuan semata, karena ilmu tidak dapat ditransfer dari guru kepada anak tanpa keaktifan anak itu sendiri. Dalam melakukan kewenangan profesionalnya, guru dituntut untuk memiliki seperangkat kemampuan yang beraneka ragam. Pengembangan kompetensi profesional guru dapat dengan mengikuti diklat agar dapat menjalankan perannya dengan baik. Agar diklat dapat berjalan dengan baik, maka sebelumnya perlu dilaksanakan analisis kebutuhan diklat. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peta kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) non-formal di Kabupaten Sleman dari aspek kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga PAUD non-formal yang berada di wilayah kerja Kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini adalah guru PAUD non-formal berjumlah 336 orang. Sampel penelitian ini menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar kuisioner. Profil kompetensi aktual guru PAUD non-formal di Kabupaten Sleman pada aspek kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian kurang optimal. Dari hasil tersebut, penguasaan kompetensi tertinggi adalah kompetensi kepribadian, dilanjutkan dengan kompetensi pedagogik dan sosial. Penguasaan kompetensi paling rendah berdasarkan hasil penghitungan terdapat pada kompetensi profesional. Oleh karena itu, perlu adanya program kegiatan yang menunjang optimalisasi kompetensi guru tersebut.

 

References

Aditama, F. F. (2015). Pemetaan Kompetensi Guru Sebagai Metode Analisis Kebutuhan Diklat (Studi Kasus di PPPPTK BOE/VEDC Malang). Malang: Universitas Negeri Malang.

Agustina, W. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Batu Kuning Kecamatan Ulu Manna. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid 19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258–264. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Ali, M. (2020). Quality Education for Preparing Future Competencies. In Bandung: UPI Press.

Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684

Amyana, A. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2014). Korelasi Antara Disiplin Kerja, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Slbb. Jurnal Administrasi, 5. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/1328.

Arogundade, L., Akinwumi, T., Molemodile, S., Nwaononiwu, E., Ezika, J., Yau, I., & Wonodi, C. (2019). Lessons from a training needs assessment to strengthen the capacity of routine immunization service providers in Nigeria. BMC Health Serv Res 19, 1–12. https://doi.org/10.1186/s12913-019-4514-2. DOI: https://doi.org/10.1186/s12913-019-4514-2

Aydemir, S., & Demirkan, Ö. (2018). Gender-Aware Media Literacy Training: A Needs Analysis Study for Prospective Teachers. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 13(1), 6–30. DOI: https://doi.org/10.29329/epasr.2018.137.1

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.

Basri, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional.

Beaty, J. (1996). Skill for Preschool Teachers, Fifth edition. New Jersey: Merrill, an imprint of Prentice Hall.

Cahayanengdian, A., Oktaria, R., & Sofia, A. (2021). Pandangan Orang Tua Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Parental Views On Early Children Education. Urnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.380

Christianti, M. R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707

Creswell, J. W. (2014). Research Design 4th Edition. California: Sage Publisher Inc.

Darmadi, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313

Fitri, Y. M., & Mayar, F. (2019). Eksistensi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1227–1233.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429. DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381–390. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Khairah, Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijiati, M., & Lestari, V. A. (2021). Problematika Kompetensi di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. L-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(2), 87–98. http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i2.6281. DOI: https://doi.org/10.29300/kh.v2i2.6281

Khan, R. A., Khan, F. A., & Khan, M. A. (2011). Performance. Global Journal of Management and Business Research, 11(7), 63–68.

Kiam, & Kiam. (2014). Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Non Formal Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kecamatan Sintang. Jurnal Administrasi Publik Dan Birokrasi.

Lestari, J. N., Sasmiati, & Riswandi. (2018). Pemahaman Guru PAUD Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15047.

Lestariningrum, A., W, I. P., Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., Lailiyah, N., & Kuntjojo. (2019). Pengembangan Kompetensi Pendidik PAUD Melalui Diklat Kompetensi Sosial. Jurnal Terapan Abdimas, 4(1), 158–151. https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/4804. DOI: https://doi.org/10.25273/jta.v4i2.4804

Lutfiyah, L. L., & Winaryati, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa (SMA Muhammadiyah 1 Semarang). Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 207–215.

Malikkhah, Z., & Anam, N. (n.d.). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Mu’alim Jurnal Pendidikan Islam. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/2263.

Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R. ., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Muspiroh, N. (2016). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v4i2.655.

Norhalimah, T., & Sutarmanto. (2015). Analisis Kompetensi Kepribadian Guru Taman Kanak-Kanak Islam Semesta Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11), 1–3. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12453.

Novita, M., & Yulianti, P. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional Terhadap Penilaian Kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 241–254. https://doi.org/10.47233/jebd.v22i2.137. DOI: https://doi.org/10.47233/jebd.v22i2.137

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi kompetensi guru PAUD dalam melakukan asesmen pembelajaran dan perkembangan anak usia dini di kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Rahayu, D. I., & Fahruddin. (2019). Pemetaan Kompetensi Guru Paud Se Pulau Lombok Tahun 2018. Jurnal Pendidik Indonesia, 1–7. https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.62. DOI: https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.62

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/481.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.

Santosa, A. I., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(2), 69–80. https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103. DOI: https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103

Sappaile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1). https://doi.org/10.21009/jtp.v19i1.5334. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927

Setyowati, M., Dwiantoro, L., & Warsito, B. E. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Perawat terhadap Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(1), 61. https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.61-68. DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.8.1.2020.61-68

Srihartini, Y., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(2), 251–267. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i2.404

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–75. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/340.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya.

Susilo, P. H., & Rohman, M. G. (2018). Peningkatan Kompetensi Tik Guru Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Digital. Seminar Nasional Sistem Inf Ormasi, 1487–1494.

Suttrisno, Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409. DOI: https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., Tesaniloka, P., & Melinda. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816

Wathoni, L. M. N. (2020). Pendidikan Islam anak usia dini: pendidikan Islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini.

Yama, S. F., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Guru, Kompetensi Guru Dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Terhadap Kesiapan Guru Prodi Bisnis Manajemen Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 85–99. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9988.

Zuhri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Iklim Belajar Di Kelas Ix Smp Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten. El Moona: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 149–176. https://jurnal.fatahillah.ac.id/index.php/elmoona/article/view/9.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Sukirman, D., & Ekantiningsih, P. D. . (2023). Pemetaan Kompetensi Dasar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56363

Issue

Section

Articles