E-LKPD Berbasis Scaffolding Question Prompt untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.57702Keywords:
ADDIE, E-LKPD, Critical Thinking Skills, Scaffolding Question PromptAbstract
Keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA rendah sehingga masih perlu dikembangkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Teknik dan instrument pengumpulan data penelitian ini antara lain angket, tes keterampilan berpikir kritis, wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Subjek uji coba dengan uji coba kelompok besar terdiri dari 32 siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian validitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt tergolong berkategori sangat valid sebesar 99%, tergolong sangat praktis dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%, tergolong efektif dengan hasil nilai N-gain sebesar 0.73 dan rata-rata angket respon siswa sebesar 85%. Berdasarkan hasil presentase validitas, kepraktisan dan efektivitas telah mencapai kategori sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga e-LKPD berbasis scaffolding question prompt layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA.
References
Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839. DOI: https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839
Aulia, D., & Aulia Zahroh, D. (2021). The Development of Scientific Literacy Based E-LKPD to Train Student’s Critical Thinking Skills in Growth and Development Materials. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3). https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16207. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16207
Azizah, M. I., & Kuswanti, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 405–417. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p405-417. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p405-417
Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Dewi, E., Rahmi, A., Gade, M., & Karnika, K. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Smpn 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, 3(3). https://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/view/507.
Fatra, M., Jatmiko, M. A., Sihombing, A. A., & Zahroh, U. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Madrasah Tsanawiyah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1146. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909
Handayani, P. H., Marbun, S., & Srinahyanti, S. (2019). Validitas bahan ajar sains berorientasi literasi sains untuk anak usia dini. Elementary School Journal Pgsd FIP Unimed, 9(4), 327–334. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16383. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16383
Hidayah, I. N., & Kuntjoro, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 384–393. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p384-393. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p384-393
Hidayah, N., & Suparman, S. (2020). Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis CTL untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2876.
Hidayati, N. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Kelas VI MI Al Firdaus Kota Bekasi Pada Konsep Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Serambi Akademica, 10(11), 1071–1081. https://doi.org/10.32672/jsa.v10i11.5503.
I.G.S. Darma, N.N. Padmadewi, & D.P. Ramendra. (2021). A Using Edmodo as Scaffolding Technique in SMK Masudirini for 10th Grade Students on Teaching Writing Skill in Academic Year 2019/2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 9(1), 32–36. https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i1.257. DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i1.257
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414. DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414
Jannah, M., Putra, A., Hufri, H., Dewi, W. S., & Sari, S. Y. (2019). Validitas dan praktikalitas LKPD berbasis strategi scaffolding pada materi pengukuran dan vektor untuk kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(4). https://doi.org/10.24036/7590171074.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD berorientasi contextual teaching and learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987
Maamuujav, U., Krishnan, J., & Collins, P. (2019). The utility of infographics in L2 writing classes: A practical strategy to scaffold writing development. TESOL Journal, September. https://doi.org/10.1002/tesj.484. DOI: https://doi.org/10.1002/tesj.484
Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 179–185. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12852.
Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42. DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
Prasetyono, R. N., Cipta, R., & Hariyono, S. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 4(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1111.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340. DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297–303. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma.
Randa, M., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1197–1206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352
Rizkika, M, Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142
Rojikin, M., Rasyid, R. Z., & Supeno, S. (2022). Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Ability of Students in Science Learning on Digestive System Materials. SEJ (Science Education Journal, 6(1), 1–21. https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1618. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1618
Sari, Y. M., & Valentino, E. (2016). An Analysis of Students Error In Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380. DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380
Setyarini, D. A. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Smp Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Scaffolding. FKIP E-PROCEEDING, 2(1), 7. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6249.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran.
Supandi, M., & Senam, S. (2019). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan game ritual tumpe. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25920. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25920
Suryaningsih, H., Medriati, R., & Purwanto, A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton di SMA Negeri kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/ajipf.1.1.44-52. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.28369
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Yuliana, N., Purwati, N., & Hanapi, H. (2022). Improving student’s logical thinking abilities and learning outcomes through guided inquiry model. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 345–351. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4822. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4822
Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nazhaa Octaviani S, Diah Wahyuni, Supeno, Rusdianto, Ulin Nuha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)