E-LKPD Berbasis Scaffolding Question Prompt untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Diah Wahyuni Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Nazhaa Octaviani S Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Supeno Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Ulin Nuha Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Rusdianto Universitas Jember, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.57702

Keywords:

ADDIE, E-LKPD, Critical Thinking Skills, Scaffolding Question Prompt

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA rendah sehingga masih perlu dikembangkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Teknik dan instrument pengumpulan data penelitian ini antara lain angket, tes keterampilan berpikir kritis, wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Subjek uji coba dengan uji coba kelompok besar terdiri dari 32 siswa kelas VII SMP. Hasil penelitian validitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt tergolong berkategori sangat valid sebesar 99%, tergolong sangat praktis dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%, tergolong efektif dengan hasil nilai N-gain sebesar 0.73 dan rata-rata angket respon siswa sebesar 85%. Berdasarkan hasil presentase validitas, kepraktisan dan efektivitas telah mencapai kategori sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga e-LKPD berbasis scaffolding question prompt layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA.

References

Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839. DOI: https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839

Aulia, D., & Aulia Zahroh, D. (2021). The Development of Scientific Literacy Based E-LKPD to Train Student’s Critical Thinking Skills in Growth and Development Materials. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3). https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16207. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v8i2.16207

Azizah, M. I., & Kuswanti, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 405–417. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p405-417. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p405-417

Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dewi, E., Rahmi, A., Gade, M., & Karnika, K. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Di Smpn 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, 3(3). https://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/view/507.

Fatra, M., Jatmiko, M. A., Sihombing, A. A., & Zahroh, U. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Madrasah Tsanawiyah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1146. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909

Handayani, P. H., Marbun, S., & Srinahyanti, S. (2019). Validitas bahan ajar sains berorientasi literasi sains untuk anak usia dini. Elementary School Journal Pgsd FIP Unimed, 9(4), 327–334. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16383. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16383

Hidayah, I. N., & Kuntjoro, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 384–393. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p384-393. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p384-393

Hidayah, N., & Suparman, S. (2020). Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis CTL untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2876.

Hidayati, N. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Kelas VI MI Al Firdaus Kota Bekasi Pada Konsep Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Serambi Akademica, 10(11), 1071–1081. https://doi.org/10.32672/jsa.v10i11.5503.

I.G.S. Darma, N.N. Padmadewi, & D.P. Ramendra. (2021). A Using Edmodo as Scaffolding Technique in SMK Masudirini for 10th Grade Students on Teaching Writing Skill in Academic Year 2019/2020. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 9(1), 32–36. https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i1.257. DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i1.257

Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414. DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414

Jannah, M., Putra, A., Hufri, H., Dewi, W. S., & Sari, S. Y. (2019). Validitas dan praktikalitas LKPD berbasis strategi scaffolding pada materi pengukuran dan vektor untuk kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 12(4). https://doi.org/10.24036/7590171074.

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD berorientasi contextual teaching and learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Maamuujav, U., Krishnan, J., & Collins, P. (2019). The utility of infographics in L2 writing classes: A practical strategy to scaffold writing development. TESOL Journal, September. https://doi.org/10.1002/tesj.484. DOI: https://doi.org/10.1002/tesj.484

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 179–185. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12852.

Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42. DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v3n1.p31-42

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Prasetyono, R. N., Cipta, R., & Hariyono, S. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 4(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1111.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340. DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Rahayu, B. N. A., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 297–303. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma.

Randa, M., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Recipcoral Teaching Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1197–1206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.352

Rizkika, M, Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142

Rojikin, M., Rasyid, R. Z., & Supeno, S. (2022). Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Ability of Students in Science Learning on Digestive System Materials. SEJ (Science Education Journal, 6(1), 1–21. https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1618. DOI: https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1618

Sari, Y. M., & Valentino, E. (2016). An Analysis of Students Error In Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380. DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380

Setyarini, D. A. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Smp Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Scaffolding. FKIP E-PROCEEDING, 2(1), 7. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6249.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran.

Supandi, M., & Senam, S. (2019). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan game ritual tumpe. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25920. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25920

Suryaningsih, H., Medriati, R., & Purwanto, A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding berorientasi berpikir kritis pada materi Hukum Newton di SMA Negeri kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/ajipf.1.1.44-52. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.28369

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yuliana, N., Purwati, N., & Hanapi, H. (2022). Improving student’s logical thinking abilities and learning outcomes through guided inquiry model. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 345–351. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4822. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4822

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Wahyuni, D., Octaviani S, N., Supeno, Nuha, U. ., & Rusdianto. (2023). E-LKPD Berbasis Scaffolding Question Prompt untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 484–493. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.57702

Issue

Section

Articles