Kewirausahaan: Integrasi Industri Subsektor Kuliner pada Bahan Ajar

Authors

  • Muhadjir Suni Politeknik Pariwisata Makassar
  • Masri Ridwan Politeknik Pariwisata Makassar
  • Muh. Taufik Politeknik Pariwisata Makassar, Makasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.57733

Keywords:

Bahan Ajar, Kewirausahaan, Produk Lokal

Abstract

Bahan ajar yang digunakan belum berorientasi pada kebutuhan peserta didik yang kontekstual dengan situasi industri kuliner di era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar mata kuliah Kewirausahaan pada suplemen materi Potensi Produk Lokal. Penelitian ini adalah pengembangan dengan model  produk Borg and Gall. Produk divalidasi 4 expert judgment yaitu ahli materi pariwisata, desain, bahasa, dan praktisi bidang wirausaha sebelum diuji coba terhadap 10 mahasiswa mata kuliah kewirausahaan.  Integrasi  bahan ajar tentang  inovasi yang dilakukan oleh pelaku sub sektor dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara  menggunakan trianggulasi dan  audit trial semua informasi.  Analisis data pada pengembangan bahan ajar  menggunakan deskriptif kuantitatif dengan tingkat kelayakan menggunakan skala likert, dilakukan dengan mengumpulkan jawaban responden.  Hasil menunjukkan tanggapan ahli materi, desain pembelajaran, bahasa, praktisi serta mahasiswa adalah tidak perlu direvisi dengan tingkat persentase 85,24 % dan layak untuk digunakan. Simpulan penelitian menunjukkan produk bahan ajar hasil pengembangan dapat diterima dengan baik dan layak digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu bahan ajar dapat memberi inspirasi kepada mahasiswa jurusan Tata Boga dalam mengoperasikan usaha kuliner yang tangguh dan inovatif di masa yang akan datang. 

References

Achtenhagen, C., & Achtenhagen, L. (2019). The impact of digital technologies on vocational education and training needs: An exploratory study in the German food industry. Education and Training, 61(2), 222–233. https://doi.org/10.1108/ET-05-2018-0119. DOI: https://doi.org/10.1108/ET-05-2018-0119

Area-Moreira, M., Rodríguez-Rodríguez, J., Peirats-Chacón, J., & Santana-Bonilla, P. (2023). The Digital Transformation of Instructional Materials. Views and Practices of Teachers, Families and Editors. Technology, Knowledge and Learning. https://doi.org/10.1007/s10758-023-09664-8. DOI: https://doi.org/10.1007/s10758-023-09664-8

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Aryana Mahayasa, I. G., Komang Sumadi, N., Wayan Budi Satriya, I., Gusti Ayu Hari Prihantini Devi, I., & Wayan Yuniari, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pada Universitas di Kota Denparsar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(5), 569–582. https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i05.p06. DOI: https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i05.p06

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 93–103. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11960 DOI: https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11960

Gilis, I. N., W. A. I. (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based Learning Bermuatan Reflektif pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal of Education Technology, 3(4), 286–292. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22365. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22365

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019). Peranan Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran (Bahan Ajar) Abad 21 Di Smp Negri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 184–192. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1469 DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1469

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Johar, R., Agussalim, Ikhsan, M., & Zaura, B. (2018). The development of learning materials using contextual teaching learning (CTL) approach oriented on the character education. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012039. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012039

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076

Junaidin, Sugiyono, Suryono, Y., & Komalasari. (2022). Teacher s achievement in curriculum 2013 training: A hierarchical linear model. International Journal of Instruction, 15(1), 891–910. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15151a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2022.15151a

K.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658

Kurniah, N., & Agustriana, N. (2021). Implementasi Bahan Ajar Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Mahasiswa PAUD Pascasarjana. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.17-25.

Neftyan, C. C. A., Suyanto, E., & Suyatna, A. (2018). The Influence of Learning using Contextual Teaching and Learning Approach to Physics Learning outcomes of High School Students. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(6), 446–450. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.6.3. DOI: https://doi.org/10.22161/ijaems.4.6.3

Nikmah, K., Mursid, R., & Tanjung, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kewirausahaan Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bisnis Manajemen. Jurnal TIK Dalam Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26785. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26785

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406.

Nuraeni, Murtiadi Awaluddin, & Mutakallim. (2022). Adversity Quotient, Self Efficacy dan Lingkungan Bagi Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Teknologi. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 6(1), 81–93. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.27973. DOI: https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.27973

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Panjaitan, M., Rini, A. D., Agusalim, L., Abdullah, Z., Purwandaya, B., & Pasaribu, B. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.394. DOI: https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.394

Prabowo, D. L., & Nurmiyati, M. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai Bahan Ajar di SMA N 1 Tanjungsari, Gunungkidul The Development Of Local Potential-Based Module On Ecosystem Subject Matter as a Teaching Materials SMA N 1 Tanjungsari, Gunungkidul. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 192–195.

Pramita Alba, A., & Akbar, D. (2019). Bahan Ajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(4), 421–426. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12228. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12228

Primasari, Y., Nuhyal Ulia, N., & Sari Yustiana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Samin Guna Menyukseskan Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62

Qureshi, I., Pan, S. L., & Zheng, Y. (2021). Digital social innovation: An overview and research framework. In Information Systems Journal, 31(5), 647–671. https://doi.org/10.1111/isj.12362. DOI: https://doi.org/10.1111/isj.12362

Rahayu, E. P., Pursitasari, I. D., & Kurniasih, S. (2021). Student Teaching Materials And Science Literature In Science Learning During The Covid-19 Pandemic. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(1), 52–61. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p52-61. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p52-61

Rahmah, Z. A., & Ermawati, I. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 364–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1916. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1916

Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605

Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385

Silalahi, M. V. (2020). Development of E-Modules Based on Exe-Learning on Topics of Reaction Rate Against Student Learning Outcomes Mechanical Engineering. International Journal of Education and Curriculum Application, 3(2), 114–120. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i2.2672.

Sugandi, B., Tadesse, E., & Ghassani, N. (2021). A Correlation Study Between Principals’ Instructional Leadership Practice And Teachers’ Organizational Commitment In Yogyakarta Province, Indonesia. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(06), 77–93.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukardi, R., Sopandi, W., & Riandi, R. (2021). Repackaging RADEC Learning Model Into The Online Mode in Science Class. Journal of Physics : Conference Series. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1806/1/012142. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012142

Sumiati, E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal. Jurnal Upi, 1–14, 61–74.

Suryati, L., Ganefri, A., Yulastri, A., & Fadhilah. (2023). Penerapan Program Teaching Factory dalam Mempersiapkan Kompetensi Kewirausahan Siswa pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58257. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58257

Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi Untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385. DOI: https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385

Suyati, E. S., & Rozikin, A. Z. (2021). The Influence of Motivation and Self-Efficacy Towards The Students’ Entrepreneurship Interest in Muhammadiyah University of Palangkaraya. Jurnal Economia, 17(1), 91–100. https://doi.org/10.21831/economia.v17i1.33123. DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v17i1.33123

Tilova, S. N., Amini, R., Guru, P., Dasar, S., Ilmu, F., Universitas, P., & Padang, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1110.

Uslan, U., Muhsam, J., Hasyda, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 380–390. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.32338.

Wanto, S., Okilanda, A., Arisman, Lanos, M. E. C., Putra, D. D., Lestari, H., Awali, M., & Oktariyana. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi, 3(2). https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340. DOI: https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Wero, L., Laksana, D. N. L., & Lawe, Y. U. (2021). Integrasi Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada dalam Bahan Ajar Multilingual untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 515–522. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867

Yuwono, T. (2019). Membangun Jiwa Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Sebagai Upaya Mewujudkan Kemandirian Perspektif Perkuliahan Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Pamulang Tangerang Selatan. J. Feasible, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.9-13.2262. DOI: https://doi.org/10.32493/jfb.v1i1.y2019.p11-15

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Suni, M., Ridwan, M., & Muh. Taufik. (2024). Kewirausahaan: Integrasi Industri Subsektor Kuliner pada Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.57733

Issue

Section

Articles