Penerapan Program Teaching Factory dalam Mempersiapkan Kompetensi Kewirausahan Siswa pada Pendidikan Vokasi

Authors

  • Lili Suryati Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Ganefri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Ambiyar Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Asmar Yulastri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Fadhilah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58257

Keywords:

Teaching Factory, Kompetensi, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan teaching factory dalam mempersiapkan kompetensi kewirausahan siswa pada pendidikan vokasi yang dilihat dari aspek peralatan yang digunakan (sarana dan prasarana), Kurikulum yang digunakan dan Kompetensi Guru terhadap pelaksanaan teaching factory disekolah sehingga mampu menumbuhkan kompetensi berwirausaha siswa pada pendidikan vokasi. Metode penelitian ini mengunakan penelitian kuntitatif jenis ex post facto berbentuk asoasiatif kausal dengan analisis multivariat. Ketersediaan peralatan untuk mendukung keterlaksanaan dan efektifitas produksi di teaching factory dan disertai dengan kemampuan kewirausaahan siswa pada pendidikan vokasi menghasilkan nilai pada path coefficient 0,032 dimana ≤ 0,050.  Pengaruh dari kurikulum yang digunakan di sekolah disertai dengan ketersediaan peralatan untuk mendukung keterlaksanaan dan efektifitas produksi di teching factory dan disertai dengan kemampuan kewirausaahan siswa pada pendidikan vokasi menghasilkan nilai pada path coefficient 0,049 dimana ≤ 0,050. Pengaruh dari kurikulum yang digunakan di sekolah disertai dengan ketersediaan peralatan untuk mendukung keterlaksanaan dan efektifitas produksi di teaching factory dan disertai dengan kemampuan kewirausaahan siswa pada pendidikan vokasi menghasilkan nilai pada path coefficient 0,046 dimana ≤ 0,050. Hal ini membuktikan bahwa semua aspek saling berketerkaitan dalam memberikan pengaruh tehadap kompetensi kewirausahaan siswa.

References

Ahyanuardi, A., Rahmadhani, S., Suryati, L., & Zuryana, Z. (2022). Realization of vocational high school curriculum based on work culture. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44243. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44243

Andrianto. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Mutu Peserta Didik (SMK Darul Maghfiroh Di Sinar Rejeki, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan). Al-Fahim; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 39–55. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.90. DOI: https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.90

Apriyani, H. (2017). Kontribusi Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa. Ekonomi & Bisnis, 16(1), 57–67. https://doi.org/10.32722/eb.v16i1.886.

Cucu Sutianah. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja Berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills Dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner Melalui Penerapan Teaching Factory Smk. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA, 2(8). Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596.

Disas, E. P. (2018). Link and match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965

Djoko Dwi Kusumojanto, A. W. (2021). Does Teaching Factory Matter for Vocational School Students? JPBM (Jurnal Pendidikan Dan Bisnis Manajemen), 6(3). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/21871.

Firdaus, S., Mulyawan, F. D., & Fajriana, M. (2021). Pengaruh Teaching Factory Terhadap Kreatifitas, Kompetensi, serta Inovasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Inovasi Kurikulum, 18(1). https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42672. DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42672

Gani, H., & Usman, H. (2018). Developing a model of partnership management between the vocational high school and the employment domain in the curriculum of industrial working practice. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.22107. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.22107

Gozali, Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan Teaching Factory Jasa Boga untuk Meningkatkan Kompetensi Entrepreneur Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.264. DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.264

Gunawan, A. I., Kania, R., & Senalasari, W. (2021). Analisis Peluang Bisnis Start-Up Konsultan UMKM dari Akademisi dan Institusi Pendidikan Vokasi. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(1). https://doi.org/10.31940/bp.v7i1.2328. DOI: https://doi.org/10.31940/bp.v7i1.2328

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 70. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762. DOI: https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Irham, I., Harnawati, H., & Purnamawati, P. (2022). Kontribusi Kewirausahaan Terhadap Pengembangan Sikap Keterampilan Berwirausaha Peserta Didik. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1119. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1119

Kurniawati, E. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit NEM. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/wj863

Maula, P. I., Patmanthara, S., & Elmunsyah, H. (2022). Teaching Factory Learning Program at Telkom Malang Vocational High School During the Pandemic. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 44(2), 124–130. https://doi.org/10.17977/um031v44i22021p124-130. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v44i22021p124-130

Muhitasari, R., & Purnami, A. S. (2021). Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8206. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8206

Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 38–53. https://doi.org/10.3709/ilpen.v1i2.18.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Purwanto, A. (2022). The Role of Leadership, Teaching Factory (TEFA) Program, Competence of Creative Products and Entrepreneurship On Entrepreneurial Interest of the Vocational School Students. International Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS),. https://doi.org/https://ssrn.com/abstract=4075412.

Puspita, D. A., Muchlas, M., & Kuat, T. (2020). The Implementation of Teaching Factory to Improve Student Interest in Entrepreneurship at Multimedia Competencies. Journal of Technology and Humanities, 1(2). https://doi.org/10.53797/jthkkss.v1i2.5.2020.

Putra, E., Ahmad, Y., & Epon, N. (2016). Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi, 4, 1–9.

Putri, Y. E., Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2019). Peningkatan Kualitas Hard Skill Dan Soft Skill Melalui Pengembangan Program Teaching Factory (Tefa) Di Smk Model Pgri 1 Mejayan. PROMOSI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2511. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2511

Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi SMK Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan vokasi yang berkemajuan: Studi fenomenologi terhadap penerapan program revitalisasi SMK di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 5(1), 49–66. DOI: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1284

Rahmadan, Kristiawan, M., & Sasongko, R. N. (2022). Teaching Factory Management for Dressing, Catering, Beauty and SPA Program. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2317. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2317

Rukmana, A. R., Rahmawati, A., Murni, J. S., & Adzani, V. H. (2021). Evaluasi Program Bantuan Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Jakarta Pusat 1. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3). https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.959-966.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.959-966.2021

Saputra, Dani, H., Faisal Ismet, & Andrizal., A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Setiawan, H. C. (2019). Kontribusi Praktik Kewirausahaan Di Pondok Pesantren (Studi Pada Pondok Pesantren Entrepreneur Mukmin Mandiri, Waru Sidoarjo). Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.30587/jre.v2i2.961. DOI: https://doi.org/10.30587/jre.v2i2.961

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Tanjung, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Kkni pada Matakuliah Konversi Energi Listrik. JURNAL TEKNIK, 14(1). https://doi.org/10.31849/teknik.v14i1.4206. DOI: https://doi.org/10.31849/teknik.v14i1.4206

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839. DOI: https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Wahyuni, H., Ahyani, N., & Tahrun. (2022). Implementasi Manajemen Model Teaching Factory di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2781–2792. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3321. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4930

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Suryati, L., Ganefri, Ambiyar, Yulastri , A. ., & Fadhilah. (2023). Penerapan Program Teaching Factory dalam Mempersiapkan Kompetensi Kewirausahan Siswa pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58257

Issue

Section

Articles