Urgensi Nilai Berkehidupan Bermasyarakat pada Era Society 5.0 melalui Pengembangan Penulisan Cerpen

Authors

  • Ayu Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58337

Keywords:

Pendidikan Karakter, Society 5.0, Cerpen

Abstract

Urgensi pendidikan karakter dikembangkan karena, salah satu bidang pembangunan nasional yang sangat penting dan menjadi fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunan karakter bangsa. Society 5.0 adalah konsep dan strategi yang tujuannya sama dengan SDGs. Salah satu upaya dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 adalah pendidikan karakter. Pengambilan data dilaksanakan di Ponpes Al-Manar, Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis urgensi nilai berkehidupan bermasyarakat pada era society 5.0 melalui pengembangan penulisan cerpen. Metode yang digunakan adalah  metode penelitian kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil observasi ini, terlihat guru dan santri pondok pesantren sangat antusias dan bersemangat untuk menulis. Santri yang sudah mulai aktif dalam membuat karya tulisan berupa cerpen dan mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dalam pembelajaran unttuk selanjutnya diterapkan di kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter diambil melalui penulisan cerpen, dikarenakan penulisan cerpen dipandang sebagai media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan nilai tersebut. Kesimpulannya, dari penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan karakter santri dalam berkehidupan masyarakat.

References

Abdurrahman, N. H. (2016). Character Education In Islamic Boarding School-Based Sma Amanah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 287. https://doi.org/10.15575/jpi.v2i2.791. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v2i2.791

Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. Jurnal Biology Science & Education, 8(1), 68–78. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.111. DOI: https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. http://books.google.com/books?id=g3ZUyBYo94YC&pgis=1.

Andayani, T., Puspitawati, P., & Juliarti, J. (2017). Upaya Menebarkan Nilai-Nilai Kebaikan melalui Pelatihan Mendongeng bagi Siswa/I Sekolah Dasar di Kecamatan Percut Sei Tuan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(2), 61. https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303. DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In CV Jejak. Jejak Publisher.

Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029. DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Arifin, M. (1991). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum.

Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953

Arthur, J. (2003). Education with character: The moral economy of schooling. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203220139

Astuti, R. W., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2019). Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 215–219. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610. DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610

Baehaqi, M. A. (2022). Pesantren Gen-Z: re-aksentuasi nilai moderasi beragama pada lembaga pendidikan.

Daulay, H. H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia: historis dan eksistensinya.

Dwi Kusumo Wardhani. (2020). Disharmoni Antara Ruu Cipta Kerja Bab Pertanahan Dengan Prinsip-Prinsip UU Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Adraria (UUPA). Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 6(2), 1–16.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225 DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Fathurrochman, I. (2019). Revitalization of Islamic Boarding School Management to Foster the Spirit of Islamic Moderation in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 239–258. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258 DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258

Indriani, W. (2015). Kontribusi Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.19109/elidare.v1i2.675.

Islam, M. H., & Aziz, A. (2020). Transformation of Pesantren in Maintaining Good Character. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(1), 35–48. DOI: https://doi.org/10.55210/humanistika.v6i1.307

Jerome, L., & Kisby, B. (2022). Lessons in character education: incorporating neoliberal learning in classroom resources. Critical Studies in Education, 63(2), 245–260. https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037. DOI: https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Ma’arif, S. (2017). Pasang surut rekognisi agama leluhur dalam politik agama di Indonesia.

Maliki, M. (2016). Tataran Praktis Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di SMP. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29210/0247jpgi0005.

Manshuruddin, M., Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies, 4(4), 174–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110.

Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48

Miles, & Huberman. (2014). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Naura, N. J., & Khaerunnisa, K. (2021). Sistem Kode Dalam Cerpen Ke Hutan Karya Yosep Rustandi Sebuah Kajian Semiotik Roland Barthes. Journal Educational of Indonesia Language, 2(2), 36–44. https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.604. DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.604

Nimpuno, M. A. (2018). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Cerpen Mirror, Mirror On The Wall Karya Dewi Lestari. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 13(3), 452. https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.452-459 DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.452-459

Ningrum, R. S. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702–5713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3193

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic education and Islamization: Evolution of themes, continuities and new directions. Journal of Muslim Minority Affairs, 31(1), 5–30. https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556886. DOI: https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556886

Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(Manager Pendidikan), 464–468.

Nurgiyantoro. (2012). Teori pengkajian fiksi perpus ummi.

Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pedagogia, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297.

Permatasari, Anne Anita. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297. DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297

Prayitno, M. A., & Nur, K. (2022). Implementation of Agriculture Education As a Means of Character Education At Al-Mutawakkil Islamic Boarding School Ponorogo. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1), 83–91. https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.326. DOI: https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.326

Puspitasari Euis. (2014). Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, 3(2), 45–57. https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.355

Rahman, A., Wasliman, I., Hanafiah, H., & Iriantara, Y. (2021). The Implementation of Strengthening Character Education Program through Scouts Extracurricular Activities in Islamic Senior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 633–644. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.32858. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.32858

Ramadhanti, S., & Handayani, T. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 94–102. https://doi.org/10.24014/ekl.v3i2.10950.

Riyadi, D. S., Prayitno, H. J., & Sumardjoko, B. (2023). Management of Character Education Through Habituation at SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar in 2021. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(2), 201–208. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i2.133. DOI: https://doi.org/10.57235/jetish.v1i2.133

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Pasca UM, 1(1), 115–124. https://media.neliti.com/media/publications/259090.

Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(2), 77–85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797.

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Siska, Y., Yufiarti, Y., & Japar, M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324. DOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Tan, B. P., Mahadir Naidu, N. B., & Jamil@Osman, Z. (2018). Moral values and good citizens in a multi-ethnic society: A content analysis of moral education textbooks in Malaysia. Journal of Social Studies Research, 42(2), 119–134. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.004

Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islami.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan.

Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Rahmawati, A. ., & Arifin, Z. . (2023). Urgensi Nilai Berkehidupan Bermasyarakat pada Era Society 5.0 melalui Pengembangan Penulisan Cerpen. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 27–36. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58337

Issue

Section

Articles