Urgensi Nilai Berkehidupan Bermasyarakat pada Era Society 5.0 melalui Pengembangan Penulisan Cerpen
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58337Keywords:
Pendidikan Karakter, Society 5.0, CerpenAbstract
Urgensi pendidikan karakter dikembangkan karena, salah satu bidang pembangunan nasional yang sangat penting dan menjadi fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunan karakter bangsa. Society 5.0 adalah konsep dan strategi yang tujuannya sama dengan SDGs. Salah satu upaya dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 adalah pendidikan karakter. Pengambilan data dilaksanakan di Ponpes Al-Manar, Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis urgensi nilai berkehidupan bermasyarakat pada era society 5.0 melalui pengembangan penulisan cerpen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil observasi ini, terlihat guru dan santri pondok pesantren sangat antusias dan bersemangat untuk menulis. Santri yang sudah mulai aktif dalam membuat karya tulisan berupa cerpen dan mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dalam pembelajaran unttuk selanjutnya diterapkan di kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter diambil melalui penulisan cerpen, dikarenakan penulisan cerpen dipandang sebagai media pembelajaran yang efektif untuk menyampaikan nilai tersebut. Kesimpulannya, dari penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan karakter santri dalam berkehidupan masyarakat.
References
Abdurrahman, N. H. (2016). Character Education In Islamic Boarding School-Based Sma Amanah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 287. https://doi.org/10.15575/jpi.v2i2.791. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v2i2.791
Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. Jurnal Biology Science & Education, 8(1), 68–78. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.111. DOI: https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511
Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. http://books.google.com/books?id=g3ZUyBYo94YC&pgis=1.
Andayani, T., Puspitawati, P., & Juliarti, J. (2017). Upaya Menebarkan Nilai-Nilai Kebaikan melalui Pelatihan Mendongeng bagi Siswa/I Sekolah Dasar di Kecamatan Percut Sei Tuan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(2), 61. https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303. DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8303
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In CV Jejak. Jejak Publisher.
Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029. DOI: https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Arifin, M. (1991). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum.
Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953
Arthur, J. (2003). Education with character: The moral economy of schooling. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203220139
Astuti, R. W., Waluyo, H. J., & Rohmadi, M. (2019). Character Education Values in Animation Movie of Nussa and Rarra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 215–219. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610. DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.610
Baehaqi, M. A. (2022). Pesantren Gen-Z: re-aksentuasi nilai moderasi beragama pada lembaga pendidikan.
Daulay, H. H. P. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia: historis dan eksistensinya.
Dwi Kusumo Wardhani. (2020). Disharmoni Antara Ruu Cipta Kerja Bab Pertanahan Dengan Prinsip-Prinsip UU Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Adraria (UUPA). Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 6(2), 1–16.
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225 DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fathurrochman, I. (2019). Revitalization of Islamic Boarding School Management to Foster the Spirit of Islamic Moderation in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 239–258. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258 DOI: https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.239-258
Indriani, W. (2015). Kontribusi Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.19109/elidare.v1i2.675.
Islam, M. H., & Aziz, A. (2020). Transformation of Pesantren in Maintaining Good Character. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(1), 35–48. DOI: https://doi.org/10.55210/humanistika.v6i1.307
Jerome, L., & Kisby, B. (2022). Lessons in character education: incorporating neoliberal learning in classroom resources. Critical Studies in Education, 63(2), 245–260. https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037. DOI: https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Ma’arif, S. (2017). Pasang surut rekognisi agama leluhur dalam politik agama di Indonesia.
Maliki, M. (2016). Tataran Praktis Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di SMP. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29210/0247jpgi0005.
Manshuruddin, M., Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies, 4(4), 174–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110.
Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48. DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48
Miles, & Huberman. (2014). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Naura, N. J., & Khaerunnisa, K. (2021). Sistem Kode Dalam Cerpen Ke Hutan Karya Yosep Rustandi Sebuah Kajian Semiotik Roland Barthes. Journal Educational of Indonesia Language, 2(2), 36–44. https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.604. DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v2i2.604
Nimpuno, M. A. (2018). Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Cerpen Mirror, Mirror On The Wall Karya Dewi Lestari. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 13(3), 452. https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.452-459 DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.452-459
Ningrum, R. S. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5702–5713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3193
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 105–117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic education and Islamization: Evolution of themes, continuities and new directions. Journal of Muslim Minority Affairs, 31(1), 5–30. https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556886. DOI: https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556886
Nopan, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(Manager Pendidikan), 464–468.
Nurgiyantoro. (2012). Teori pengkajian fiksi perpus ummi.
Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pedagogia, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297.
Permatasari, Anne Anita. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Powerpoint Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297. DOI: https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297
Prayitno, M. A., & Nur, K. (2022). Implementation of Agriculture Education As a Means of Character Education At Al-Mutawakkil Islamic Boarding School Ponorogo. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1), 83–91. https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.326. DOI: https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.326
Puspitasari Euis. (2014). Pendekatan Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, 3(2), 45–57. https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.355
Rahman, A., Wasliman, I., Hanafiah, H., & Iriantara, Y. (2021). The Implementation of Strengthening Character Education Program through Scouts Extracurricular Activities in Islamic Senior High School. Journal of Education Research and Evaluation, 5(4), 633–644. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.32858. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.32858
Ramadhanti, S., & Handayani, T. (2020). Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 94–102. https://doi.org/10.24014/ekl.v3i2.10950.
Riyadi, D. S., Prayitno, H. J., & Sumardjoko, B. (2023). Management of Character Education Through Habituation at SMA Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar in 2021. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(2), 201–208. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i2.133. DOI: https://doi.org/10.57235/jetish.v1i2.133
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Pasca UM, 1(1), 115–124. https://media.neliti.com/media/publications/259090.
Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(2), 77–85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797.
Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.
Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774
Siska, Y., Yufiarti, Y., & Japar, M. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324. DOI: https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1324
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Tan, B. P., Mahadir Naidu, N. B., & Jamil@Osman, Z. (2018). Moral values and good citizens in a multi-ethnic society: A content analysis of moral education textbooks in Malaysia. Journal of Social Studies Research, 42(2), 119–134. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jssr.2017.05.004
Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islami.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan.
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Rahmawati, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)