Modul Digital Matematika Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD

Authors

  • Wilda Alfiatul Rahmaniah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58338

Keywords:

Modul Digital, Metakognitif, Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis metakognitif sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa khusunya pada pembelajaran operasi hitung bilangan cacah kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Drono, dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Hasil validasi ahli media diperoleh  presentase sebesar 80% dengan kriteria sangat layak. Pada validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Sehingga berdasarkan uji validasi ahli media dan ahli materi modul dikatakan valid dan siap untuk ujicoba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian di sekolah melalui ahli praktisi diperoleh presentase 93% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul digital matematika berbasis metakognitif, modul layak dan siap untuk digunakan sabagai bahan ajar.

References

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5.i2.11995. DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3. DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Laili, I., Ganefri, & Ismeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Lubis, R. N., Lubis, A., & Asmin. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Confidence Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 27–38. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1837. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1837

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Nurfatanah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 546–551. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388–397. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Rosita, L., & Nuranisa, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Ibl (Inquiry Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Geografi. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1). https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2590. DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2590

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561

Safitri, K. (2020). Pengembangan Kartu Kata (Flash Card) Bahasa Arab Berbasis Kosakata Bagi Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtida ’ Iyah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 2, 272–283.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200

Sholeh, A. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1743–1753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022

Sintiya, M. W., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan E -modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo untuk Siswa SMP, 06(01), 1–15.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi bahan ajar sains berbahasa inggris berbasis metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Wahyu Lestari, Fatinatus Selvia, & Rohmatul Layliyyah. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263. DOI: https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263

Wijayanti, P. D., & Hartati, L. (2018). Pengembangan Modul Matematika Smk Teknologi Kelas X Semester Ganjil Terintegrasi Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3762. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3762

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Rahmaniah, W. A. ., & Zainuddin, A. . (2023). Modul Digital Matematika Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 169–176. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58338

Issue

Section

Articles