Penilaian Afektif Siswa terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia
  • Andi Muhammad Ajigoena Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.58498

Keywords:

Penilaian Afektif, Sikap Sosial, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran Kondisi sikap sikap sosial anak yang cenderung negatif seperti mengejek teman bahkan sampai bertengkar dengan teman sebaya. Penelitian ini diharapkan menjadi suatu rujukan yang dapat memberikan gambaran terkait pelaksanaan penilaian sikap sosial di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian ranah afektif dalam proses pembelajaran terhadap perubahan sikap sosial siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek uji coba penelitian adalah 2 guru kelas dan 41 siswa kelas V SD. Data pelaksanaan penilaian sikap sosial dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan mengikuti model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, penilaian ranah afektif dilakukan guru di kelas dengan teknik pengamatan, melalui jurnal harian sebagai instrumen penilaian. Terdapat dua dokumen yang digunakan untuk memantau perkembangan perubahan sikap siswa yaitu catatan jurnal harian dan rapor siswa. Perencanaan penilaian sikap dilakukan guru tidak semua maksimal dalam RPP. Kedua, perubahan sikap negatif dari seluruh aspek sikap berkurang, namun disiplin, tanggung jawab dan percaya diri perlu ditingkatkan. Ketiga, bentuk tindak lanjut yang dilakukan guru dalam upaya membentuk sikap sosial siswa dengan peringatan dan pemberian sanksi.

References

Andriani, J., Setiawan, D., & Husein, R. (2019). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Implementasi Penilaian Otentik Pada Kompetensi Ranah Sikap Di Sd Negeri Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Jurnal Tematik, 8(2), 172–182. https://doi.org/10.24114/jt.v8i2.12566.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393.

Arum, A. E., Khumaedi, M., & Susilaningsih, E. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Domain Afektif (Sikap) Kepercayaan Diri pada Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 5467–5474. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3203. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3203

Asdiana, A., & Batubara, H. H. (2022). Analisis Pengembangan dan Penilaian Sikap Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6514–6523. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3291 ISSN. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3291

Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2019). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Casey, A., & Fernandez-Rio, J. (2019). Cooperative Learning and the Affective Domain. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 90(3), 12–17. https://doi.org/10.1080/07303084.2019.1559671. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2019.1559671

Ela, Nurhaidah, & Intan. (2017). Pemberian punishment yang dilaksanakan guru di sd negeri 4 Banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 12–21. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/4388.

Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan Karakter Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273. DOI: https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Glennon, W., Hart, A., & Foley, J. T. (2015). Developing Effective Affective Assessment Practices. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 86(6), 40–44. https://doi.org/10.1080/07303084.2015.1053635. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2015.1053635

Guo, W., Lau, K. L., & Wei, J. (2019). Teacher feedback and students’ self-regulated learning in mathematics: A comparison between a high-achieving and a low-achieving secondary schools. Studies in Educational Evaluation, 63(May), 48–58. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.07.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.07.001

Hartaningrat, I. K. A., & Suwanda, I. M. (2017). Respon Siswa Terhadap Pemberian Hukuman Pada Siswa Yang Melanggar Disiplin DI SMA Kartika IV - 3 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 01(05), 272–285. https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%25p.

Heilmann, A., Mehay, A., Watt, R. G., Kelly, Y., Durrant, J. E., van Turnhout, J., & Gershoff, E. T. (2021). Physical punishment and child outcomes: a narrative review of prospective studies. The Lancet, 398(10297), 355–364. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(21)00582-1. DOI: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(21)00582-1

Hidayah, I. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 85–105. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3851.

Ingkara, P. (2015). Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 3.

Jang, H. Y., & Kim, H. J. (2020). A meta-analysis of the cognitive, affective, and interpersonal outcomes of flipped classrooms in higher education. Education Sciences, 10(4). https://doi.org/10.3390/educsci10040115. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci10040115

Kerlinger, F. N. (2022). Liberalism and conservatism: The nature and structure of social attitudes. Routledge.

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983.

Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408

Milles, M. B., Hubermen, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40. DOI: https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8406.

Nugraha, Y. W. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA SMP (Studi Empirik di SMP Negeri 2 Playen Gunungkidul). Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, IV(2), 194–203. https://doi.org/10.30738/wd.v4i2.2278.

Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88–93. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295. DOI: https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.

Pitriyani, A., Devung, S., & Anggal, N. (2020). Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Pada Kurikulum 2013. Gaudium Vestrum, 4(2), 57. https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/65.

Ramadhani, R. H. D, & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804.

Ramadhani, Raja Hulan Dari, & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804

Saidah, K., & Damariswara, R. (2018). Analisis Bentuk-Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 80. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5. DOI: https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5

Teixeira, P. J., Marques, M. M., Silva, M. N., Brunet, J., Duda, J. L., Haerens, L., La Guardia, J., Lindwall, M., Lonsdale, C., Markland, D., Michie, S., Moller, A. C., Ntoumanis, N., Patrick, H., Reeve, J., Ryan, R. M., Sebire, S. J., Standage, M., Vansteenkiste, M., … Hagger, M. S. (2020). A classification of motivation and behavior change techniques used in self-determination theory-based interventions in health contexts. Motivation Science, 6(4), 438–455. https://doi.org/10.1037/mot0000172. DOI: https://doi.org/10.1037/mot0000172

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Tursinawati, & Ulfa, I. F. (2017). Analisis Rubrik Penilaian Sikap Siswa Pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 53 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2017, 449–455.

van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27(July 2018), 71–89. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.001

Wei, X., Saab, N., & Admiraala, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers & Education, 163, 104097. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097

Worrell, V., Evans-Fletcher, C., & Kovar, S. (2002). Assessing the Cognitive and Affective Progress of Children. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 73(7), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2002.10607844. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2002.10607844

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Zhou, J., Zheng, Y., & Tai, J. H. M. (2020). Grudges and gratitude: the social-affective impacts of peer assessment. Assessment and Evaluation in Higher Education, 45(3), 345–358. https://doi.org/10.1080/02602938.2019.1643449. DOI: https://doi.org/10.1080/02602938.2019.1643449

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Nurul, Rustan, E., & Ajigoena, A. M. . (2023). Penilaian Afektif Siswa terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 231–241. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.58498

Issue

Section

Articles