Paradoks Akademik di Kalangan Mahasiswa yang Mengikuti Program "Kampus Mengajar"

Authors

  • Ayi Abdurahman Universitas Nusa Putra, Jawa Barat, Indonesia
  • Jepri Utomo Universitas Madako Tolitoli, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Misbahul Munir STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Arif Saefudin Universitas PGRI Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Hegar Harini STKIP Kusumanegara, Jakarta, Indonesia

Keywords:

Kampus Mengajar, MBKM, Ketidakadilan Akademik, Mitigasi Covid-19, Sukarelawan Kemanusiaan

Abstract

Program "kampus mengajar" merupakan kebijakan mitigasi Covid-19 di Indonesia yang melibatkan mahasiswa sebagai relawan Covid-19 dengan 12 SKS. Meskipun demikian, para relawan menghadapi beberapa kendala. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman para relawan Covid-19 yang berpartisipasi dalam program tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian adalah mahasiswa. Observasi dan wawancara mendalam dilakukan terhadap mahasiswa dan beberapa pimpinan program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program "kampus mengajar" menjadikan mahasiswa sebagai relawan Covid-19. Namun, kegiatan ini tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari pihak kampus. Ada tiga indikasi dari temuan tersebut; pertama, meskipun mahasiswa program "kampus mengajar" telah menjalankan tugas akademik dan tugas sebagai relawan Covid-19, relevansi tugas mereka tidak diakui dalam kurikulum fakultas atau program studi. Kedua, kebijakan internal perguruan tinggi tidak sejalan dengan kebijakan pusat yang meminta perguruan tinggi untuk memberikan solusi pencegahan Covid-19. Ketiga, konversi program kampus mengajar tidak setara dengan 12 SKS. Penelitian ini merekomendasikan agar program "kampus mengajar" melibatkan penasihat akademik untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan kegiatan yang sesuai dengan mata kuliah tertentu

Published

2024-04-26

How to Cite

Ayi Abdurahman, Jepri Utomo, Misbahul Munir, Arif Saefudin, & Hegar Harini. (2024). Paradoks Akademik di Kalangan Mahasiswa yang Mengikuti Program "Kampus Mengajar". Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/59817

Issue

Section

Articles