E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283Keywords:
Bahan Ajar, E-Modul, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya media pembelajaran digital menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar. Hal ini bedampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektifitas penggunaan e-modul sebagai bahan ajar mandiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian termasuk model R&D namun pada penelitian ini hanya melakukan uji efektivitas. Subjek penelitian adalah siswa dengan jumlah 36 dibagi menjadi dua kelas 18 kelas kontrol dan 18 kelas eksperiment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan independent sample T-test dengan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul sebagai bahan ajar mandiri efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperiment lebih tinggi dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa E-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Direkomendasikan penggunaan bahan ajar e-modul sebagai salah satu sumber belajar khususnya materi ekosistem. Implikasi penelitian yaitu E-modul yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Kalor. 10(2), 193–202.
Agustian. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087. DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087
Annisa. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Apriati. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif pada Pelajaran Tematik dengan Tema “Indahnya Kebersamaan” untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73
Bayu K, J., & Savira W, D. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.
Budiyanto. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Dengan Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ). Program Studi Pendidikan Matematika , STKIP Kusuma Negara Email : arraziscience@gmail.com. 1, 551–561.
Evi, S. (2019). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543
Hendri, G. (2018). Efektivitas Penggunaan E-Modul terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hidayah. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 46–70. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1681. DOI: https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1681
Hidayati. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Irkhamni. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12.
Izzatunnisa. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Japar, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Lubis. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(3), 206–215. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173
Magdalena. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Malina. (2021). Needs Analysis of Physics E-Modules as PBL-based Teaching Materials at MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80. DOI: https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240
Mufida, L., Subandowo, M. S., & Gunawan, W. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Pada Materi Struktur Atom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 138–146. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2498. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2498
Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nasution, B., Insan Fahmi Siregar, & Nursiah Hasibuan. (2022). Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 304–310. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50307. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50307
Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.385. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.385
Nuryasana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Octavianis, R., Subroto, W. T., & Susanti. (2022). Efektivitas bahan ajar e-modul berbasis it dengan model problem based learning (pbl) pada mata pelajaran kearsipan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Sunan Giri Menganti. 10, 211–222. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222
Parwati. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256.
Purnama, K. J. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 343. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27413
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.460. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.460
Puspitasari. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254
Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rahman. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261
Salbila. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika di MIN 3 Kota Medan. 7, 30536–30543.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Savitri. (2022). Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 505. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54825. DOI: https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54825
Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selamapembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243–250. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31. DOI: https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723. DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723
Sugiarto. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
Verdinandus. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Jurnal Seminar Nasional Pendidikan (Issue March). CV. Edupedia Publisher. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093.
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Widiantari. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212
Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76. DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76
Zaifullah. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulfi Idayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)