Menelisik Kecerdasan Emosional Mahasiswa Aktivis Kampus

Authors

  • Gita Endah Palupi BPK Penabur Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Gendon Barus Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61434

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Aktivis Kampus, Mahasiswa

Abstract

Kecerdasan emosi (EQ) tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ). Mahasiswa aktivis kampus dituntut untuk memiliki kecerdasan emosional yang tinggi/baik agar mampu menyeimbangkan berbagai kepentingan dan prioritas sehingga tidak terjebak dalam berbagai konflik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan  tingkat kecerdasan emosional mahasiswa aktivis kampus; mengidentifikasi item skala kecerdasan emosional yang capaian skornya rendah/belum optimal; dan menentukan topik pelatihan peningkatan kecerdasan emosi bagi mereka. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif . Subjek penelitian berjumlah 47 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan Skala Kecerdasan Emosional Mahasiswa Aktivis Kampus dengan indeks Cronbach's Alpha sebesar 0,960. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kategori. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (51%) mahasiswa aktivis kampus memiliki kecerdasan emosional pada kategori tinggi, 43% pada kategori sangat tinggi, sisanya (6%) pada kategori sedang. Teridentifikasi dua item skala kecerdasan emosional yang capaian skornya belum optimal (4%) menyangkut aspek manajemen diri dan kesadaran diri.

References

Aji, B. T., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Dan Pengalaman Organisasi Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Di Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Prastiti Laras Nugraheni, 9(1). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/26917. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.091.06

Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1). https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829. DOI: https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829

Budiarti, I. I., Resmiatini, E., & Alie, R. M. M. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Kinerja Pengurus Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Raden Rahmat Malang. Journal Islamic Business and Enterpreneurship, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.33379/jibe.v2i1.2078. DOI: https://doi.org/10.33379/jibe.v2i1.2078

Dwidarti, F., Zamzani, Prabowo, M., & Retnowati, H. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kreativitas Non Aptitude. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 512-523. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.510. DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.510

Fadiana, M., & Citra, D. R. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940

Fajarianingtyas, D. A., Hidayat, J. N., & Anekawati, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berorientasi Pemecahan Masalah pada Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi. Eksakta, 6(2), 215–221. https://doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.215-221. DOI: https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i2.11670

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Gusvino, M. F., & Ahmad, D. (2023). Algoritma K-Nearest Neighbor Terhadap Peluang Mahasiswa Menjadi Aktivis Kampus Pada Jurusan Matematika Universitas Negeri Padang. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1202–1210. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.401. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.401

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i2.2464.

Harahap, D. A. F., & Sagala, E. J. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Paramedis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 16(1). https://doi.org/10.30872/jakt.v16i1.5391.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.

Huasuhut, S., & Sari, R. I. (2021). Mediasi Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Akademik Pada Peningkatan Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p35-50.

Iriyanti, A., Nusabelani, S. A., Erlina, D., & Agustina, L. (2020). Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry). Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(2), 61–67. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10879. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10879

Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. Komunika: Jurnal Dakwal Dan Komunikasi, 13(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056. DOI: https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056

Kolo, A., & Ikbal, A. (2022). Membina Karakter Aktivis Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. PINUS: Pijar Nusantara, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.17587. DOI: https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.17587

Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://doi.org/10.30659/jp.17.1.112-126.

Mahmud, M. D. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara). Financial: Jurnal Akuntansi, 6(1), 24–35. https://doi.org/10.37403/financial.v6i1.128. DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v6i1.128

Maryam, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi STIE Sutaatmadja Subang). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2). Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/427. DOI: https://doi.org/10.51713/jarac.v1i1.3

Murniati, M., & Anitra, R. (2019). Media Pop Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855

Nugroho, E. W., Warsah, I., & M. Amin. (2020). Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2156. DOI: https://doi.org/10.29240/jdk.v5i2.2156

Pahmi, P., Hidayatullah, R., Busman, B., & Mahmud, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. YUME : Journal of Management, 5(3). https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3070.

Purnamayani, A. D., Suwatra, I. I. W., & Wibawa, I. M. C. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Leadership Skill Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa Kelas V. JIPPG: Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 269–281. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28412

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Rahmi, A., & Adam, Q. H. (2022). Peran Aktivis Pers Mahasiswa Jawa Tengah dalam Meluaskan Internet Damai. JRJMD: Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 2(2). https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1357. DOI: https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1357

Ratnasari, S. L., Supardi, & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981. DOI: https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Rojabi, A. R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa EFL. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2). https://doi.org/10.30651/lf.v4i2.4946.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sairo, A. I., Meta, M., & Berkhmas., M. Y. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v6i1.7946

Sardila, V., & Arini, A. (2018). Alternatif Peningkatan Kreativitas Retorika Mahasiswa Melalui Model Simulasi Pada Media Penyiaran. Jurnal Dakwah Risalah, 29(1). https://doi.org/10.24014/jdr.v29i1.5890. DOI: https://doi.org/10.24014/jdr.v29i1.5890

Sari, R. M., & Lestari, V. A. (2023). Peran Moderasi Beragama Sebagai Kontrol Sosial Pada Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Studi Agama, 7(2), 1–23. https://doi.org/10.19109/jsa.v7i2.19989. DOI: https://doi.org/10.19109/jsa.v7i2.19989

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Sugandini, W., & Mertasar, L. (2021). Keterampilan Konseling Keluarga Berencana Mahasiswa D3 Kebidanan Melalui Kuliah Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 144. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31490. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31490

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853

Sujito, Mujiono, & Muttaqin, W. M. (2019). Pengaruh Tenik Comprehensive Modelling Terhadap Mutu Linguistis, Retorika Dan Mekanis Pada Artikel Jurnal Penelitian Mahasiswa. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaranny, 16(1), 37–46. https://doi.org/10.30957/lingua.v16i1.573. DOI: https://doi.org/10.30957/lingua.v16i1.573

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868. DOI: https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Endah Palupi, G., & Barus, G. . (2024). Menelisik Kecerdasan Emosional Mahasiswa Aktivis Kampus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 108–115. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61434

Issue

Section

Articles