Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62994Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Teknologi, PPKnAbstract
Pengembangan media dilaksanakan karena kurangnya penggunaan sebuah media pembelajaran interaktif teknologi di dalam proses pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang interaktif dengan bantuan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berada di semester 4. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Akan tetapi, dalam penelitian ini, peneliti hanya mencapai tahap pengembangan (Development) dikarenakan tujuan utamanya adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dinilai baik oleh validator ahli. Validitas media pembelajaran diukur menggunakan lembar penilaian dari para ahli. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan skor mencapai 88,5%. Skor ini termasuk dalam kategori sangat layak, mengingat bahwa presentase hasil validasi berada dalam rentang 81-100%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis teknologi ini dianggap valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi menjadi solusi yang efektif dalam mendukung pembelajaran mahasiswa.
References
Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626. DOI: https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626
Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, S., Mahmud, R. M., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Education, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Arsyad, M. N., & Fatmawati. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 8(2), 188–198. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702. DOI: https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702
Ashton, C. F. (2020). The fillip of the World Wide Web: Rewriting and expanding history. Collegian, 27(6), 595–599. https://doi.org/10.1016/j.colegn.2020.08.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.colegn.2020.08.007
Bashori, M., van Hout, R., Strik, H., & Cucchiarini, C. (2021). Effects of ASR-based websites on EFL learners’ vocabulary, speaking anxiety, and language enjoyment. System, 99(July 2021), 102496.1-16. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102496. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102496
Budi, P. S., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning dengan Metode Parsing untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Processor: JurnalIlmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644. DOI: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644
Chiou, W. C., Lin, C. C., & Perng, C. (2010). A strategic framework for website evaluation based on a review of the literature from 1995–2006. Information & management, 47(5–6), 282–290. https://doi.org/10.1016/j.im.2010.06.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.im.2010.06.002
Cloonan, M., & Fingeret, A. L. (2020). Developing teaching materials for learners in surgery. Surgery (United States), 167(4), 689–692. https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056. DOI: https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056
Divayana, D. G. H., Sutayasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 5(3), 149–157. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 6(1), 46–51. https://doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5. DOI: https://doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Faliyandra, F. (2020). Model Komunikasi Pendidikan di Sosial Media Pada Era Perkembangan Teknologi. International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(3), 434–459. https://doi.org/10.56613/islam-universalia.v1i3.140. DOI: https://doi.org/10.56613/islam-universalia.v1i3.140
Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1897
Haerunisa, A. P., & Firmansyah, R. (2020). Peranan Smartphone dalam Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 140–146. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.
Heckie, D., Jati, P., & Mediatati, N. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383–389. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.50348.
Humairah, N., Muchtar, Z., & Sitorus, M. (2020). The Development of Android-Based Interactive Multimedia for High School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 488, 113–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.027. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.027
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Jahnke, I., & Liebscher, J. (2020). Three types of integrated course designs for using mobile technologies to support creativity in higher education. Computers & Education, 146. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103782. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103782
Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a
Kurniawan, B., Basri K, I., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 312–319. https://doi.org/doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368
Lau, R. W. H., Yen, N. Y., Li, F., & Wah, B. (2014). Recent development in multimedia e-learning technologies. World Wide Web, 17(2), 189–198. https://doi.org/10.1007/s11280-013-0206-8. DOI: https://doi.org/10.1007/s11280-013-0206-8
Lestari, K. A., Suranata, K., & Bayu, G. W. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418.
Ma’aruf, M., Setiawan, A., & Suhandi, A. (2019). Identification of Android-Based Interactive Multimedia Needs for Basic Physics Content. The 2nd International Conference on Science, Mathematics, Environment, and Education. https://doi.org/10.1063/1.5139792. DOI: https://doi.org/10.1063/1.5139792
Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.
Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. (2018). DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas Aplikasi Website dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Muniroh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi Microsoft Word. Jurnal Akademika, 10(2), 383–392. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1597
Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kencana.
Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412–421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.
Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 136–147. DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.852
Nugroho, H. W., Suyahman, & Suswandari, M. (2019). Peranan Mata Pelajaran PPKn dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV di SDN 3 Wuryorejo Kabupaten Womogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal Civics Education and Social Sciense, 1(1), 18–36. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356. DOI: https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356
Pratiwi, E. Y. R., & Siswanto, M. B. E. (2020). Pengembangan Education Game Berbasis Microsoft Power Point dalam Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 162. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43331. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43331
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236.
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1743. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743
Rachmawati, A. D., Baiduri, & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24217/ajpm.v9i3.3014. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014
Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web dan Game Edukasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 69–75. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281
Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Safi, A., & Singh, S. (2023). A systematic literature review on phishing website detection techniques. Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences, 35(2), 590–611. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2023.01.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2023.01.004
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Septiani, A. N. S., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267
Sholichah, M., Rahmi, M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian Education Landscape and the 21st Century Challenges. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 219–234.
Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 415–424. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802
Sutini, M. M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89. DOI: https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89
Uno, H. B., & Ma’ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169–185. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372. DOI: https://doi.org/10.21009/JTP1803.1
Varol, F. (2013). Elementary School Teachers and Teaching with Technology. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(3).
Wahl, L., & Kitchel, A. (2016). Internet Based Collaboration Tools. International Journal of e-Collaboration, 12(1), 27–43. https://doi.org/10.4018/IJeC.2016010103. DOI: https://doi.org/10.4018/IJeC.2016010103
Yatri, I., & Pratiwi, L. (2017). Peranan Media Video dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87. https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhevi Ayu Elindasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)