Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar

Authors

  • Dhevi Ayu Elindasari Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Woro Sri Hastuti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Setiawan Edi Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Suyitno Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62994

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Teknologi, PPKn

Abstract

Pengembangan media dilaksanakan karena kurangnya penggunaan sebuah media pembelajaran interaktif teknologi di dalam proses pembelajaran. Pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang interaktif dengan bantuan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berada di semester 4. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Akan tetapi, dalam penelitian ini, peneliti hanya mencapai tahap pengembangan (Development) dikarenakan tujuan utamanya adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dinilai baik oleh validator ahli. Validitas media pembelajaran diukur menggunakan lembar penilaian dari para ahli. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dengan skor mencapai 88,5%. Skor ini termasuk dalam kategori sangat layak, mengingat bahwa presentase hasil validasi berada dalam rentang 81-100%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis teknologi ini dianggap valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi menjadi solusi yang efektif dalam mendukung pembelajaran mahasiswa.

References

Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626. DOI: https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626

Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, S., Mahmud, R. M., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Education, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, M. N., & Fatmawati. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 8(2), 188–198. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702. DOI: https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702

Ashton, C. F. (2020). The fillip of the World Wide Web: Rewriting and expanding history. Collegian, 27(6), 595–599. https://doi.org/10.1016/j.colegn.2020.08.007. DOI: https://doi.org/10.1016/j.colegn.2020.08.007

Bashori, M., van Hout, R., Strik, H., & Cucchiarini, C. (2021). Effects of ASR-based websites on EFL learners’ vocabulary, speaking anxiety, and language enjoyment. System, 99(July 2021), 102496.1-16. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102496. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102496

Budi, P. S., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning dengan Metode Parsing untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Processor: JurnalIlmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644. DOI: https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644

Chiou, W. C., Lin, C. C., & Perng, C. (2010). A strategic framework for website evaluation based on a review of the literature from 1995–2006. Information & management, 47(5–6), 282–290. https://doi.org/10.1016/j.im.2010.06.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.im.2010.06.002

Cloonan, M., & Fingeret, A. L. (2020). Developing teaching materials for learners in surgery. Surgery (United States), 167(4), 689–692. https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056. DOI: https://doi.org/10.1016/j.surg.2019.05.056

Divayana, D. G. H., Sutayasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. JANAPATI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 5(3), 149–157. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 6(1), 46–51. https://doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5. DOI: https://doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Faliyandra, F. (2020). Model Komunikasi Pendidikan di Sosial Media Pada Era Perkembangan Teknologi. International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(3), 434–459. https://doi.org/10.56613/islam-universalia.v1i3.140. DOI: https://doi.org/10.56613/islam-universalia.v1i3.140

Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1897

Haerunisa, A. P., & Firmansyah, R. (2020). Peranan Smartphone dalam Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 140–146. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v7i2.460

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala, dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.

Heckie, D., Jati, P., & Mediatati, N. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383–389. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.50348.

Humairah, N., Muchtar, Z., & Sitorus, M. (2020). The Development of Android-Based Interactive Multimedia for High School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 488, 113–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.027. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.027

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Jahnke, I., & Liebscher, J. (2020). Three types of integrated course designs for using mobile technologies to support creativity in higher education. Computers & Education, 146. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103782. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103782

Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a

Kurniawan, B., Basri K, I., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Metode EPIC 5C berbasis Model Case-Based Learning pada Materi Tematik Terpadu Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 312–319. https://doi.org/doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41368

Lau, R. W. H., Yen, N. Y., Li, F., & Wah, B. (2014). Recent development in multimedia e-learning technologies. World Wide Web, 17(2), 189–198. https://doi.org/10.1007/s11280-013-0206-8. DOI: https://doi.org/10.1007/s11280-013-0206-8

Lestari, K. A., Suranata, K., & Bayu, G. W. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418.

Ma’aruf, M., Setiawan, A., & Suhandi, A. (2019). Identification of Android-Based Interactive Multimedia Needs for Basic Physics Content. The 2nd International Conference on Science, Mathematics, Environment, and Education. https://doi.org/10.1063/1.5139792. DOI: https://doi.org/10.1063/1.5139792

Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.

Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. (2018). DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). Efektifitas Aplikasi Website dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 283–294. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Muniroh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Materi Microsoft Word. Jurnal Akademika, 10(2), 383–392. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1597

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kencana.

Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412–421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.

Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 136–147. DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.852

Nugroho, H. W., Suyahman, & Suswandari, M. (2019). Peranan Mata Pelajaran PPKn dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV di SDN 3 Wuryorejo Kabupaten Womogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal Civics Education and Social Sciense, 1(1), 18–36. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356. DOI: https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.356

Pratiwi, E. Y. R., & Siswanto, M. B. E. (2020). Pengembangan Education Game Berbasis Microsoft Power Point dalam Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 162. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43331. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43331

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1743. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743

Rachmawati, A. D., Baiduri, & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24217/ajpm.v9i3.3014. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web dan Game Edukasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 69–75. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2281

Rahmadani, & Taufina. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465

Safi, A., & Singh, S. (2023). A systematic literature review on phishing website detection techniques. Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences, 35(2), 590–611. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2023.01.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2023.01.004

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Septiani, A. N. S., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267

Sholichah, M., Rahmi, M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian Education Landscape and the 21st Century Challenges. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 219–234.

Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 415–424. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802

Sutini, M. M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136

Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89. DOI: https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89

Uno, H. B., & Ma’ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169–185. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372. DOI: https://doi.org/10.21009/JTP1803.1

Varol, F. (2013). Elementary School Teachers and Teaching with Technology. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(3).

Wahl, L., & Kitchel, A. (2016). Internet Based Collaboration Tools. International Journal of e-Collaboration, 12(1), 27–43. https://doi.org/10.4018/IJeC.2016010103. DOI: https://doi.org/10.4018/IJeC.2016010103

Yatri, I., & Pratiwi, L. (2017). Peranan Media Video dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87. https://doi.org/10.22219/jch.v7i1.20582.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Elindasari, D. A., Woro Sri Hastuti, Setiawan Edi Wibowo, & Suyitno. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Bagi Mahasiswa PGSD Dalam Pembelajaran PPKN Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62994

Issue

Section

Articles