Pemanfaatan Media Video pada Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.63178Keywords:
Media Video, Analisis Masalah, Problem based LearningAbstract
Kemampuan berpikir yang rendah dari siswa dalam menganalisa isu permasalahan serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sehingga menyebabkan capaian pembelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media video dalam model pembelajaran PBL terhadap pemecahan masalah. Pre-experimental design dengan menggunakan pretest-posttest design merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dan sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung, dokumentasi dan alat instrumen tes. Analisis data menggunakan SPSS 26 untuk menganalisis skor mean sebelum dan sesudah pengujian, hasil uji normalitas, homogenitas serta hasil uji T sampel tunggal. Hasil uji-T one sampel, penggunaan video pembelajaran dalam model pembelajaran berbasis masalah kelas pra eksperimen berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan penggunaan video berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Implikasi penelitian ini bahwa penggunaan media video dalam pendekatan pembelajaran PBL dapat membantu dalam pemecahan masalah.
References
Anggreni, N. L., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 214–224. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.
Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859
Ernawati, N. P. E. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis video youtube untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas xi bahasa sma negeri 1 singaraja. STILISTIKA, 9(November 2020), 92–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.4295628.
Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, rahayu sri. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128 . DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128
Febriati, N., Widayat, E., & Kadar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inquiri Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2, 37–46. https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.158. DOI: https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i2.158
Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(1), 81–89. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate Dalam Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajara, 4(1), 826–835. https://doi.org/10.31980/tp.v4i1.503.
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632
Iman Taka, B., & Widjanarko, D. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Memahami Dan Memelihara Sistem Starter Reduksi. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(1), 10–13. https://doi.org/10.15294/jptm.v18i1.18637.
Kurniawati, F., Ambarwati, L., & Hakim, L. El. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas XI SMAN 1 Cikarang Pusat dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. JRMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/jrpms.061.01. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.061.01
Lusiyana, N. (2019). Optimalisasi Problem Based Learning dengan Media Pembelajaran Video Case untuk Meningkatkan Ketercapaian Tujuan Belajar Blok Penyakit Infeksi Tropis. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art1. DOI: https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art1
Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82
Ningsih, N. P. A., Astawan, I. G., & Rati, N. W. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412–421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.
Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967
Novellia, M., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760
Nur Isnaini, S., Firman, & DEsyandri. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183. DOI: https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Nurhayati, U., Nadlir, N., Husna, F. A., & Fauziyah, N. R. (2022). Peningkatan aktivitas belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran Talking Chips di kelas I Madrasah Ibtidaiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.21632. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.21632
Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Animasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 257–267. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.344. DOI: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.344
Pamungkas, W. aagung D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Parwata, I. G. A. L., Jayanta, I. N. L., & Widiana, I. W. (2023). Improving metacognitive ability and learning outcomes with problem-based revised Bloom’s Taxonomy oriented learning activities. Emerging Science Journal, 7(2), 569–577. https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-07-02-019. DOI: https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-07-02-019
Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689. DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689
Purnamawati, P., Arfandi, A., & Nurfaeda, N. (2019). The level of use of information and communication technology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27117. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27117
Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ips. Research and Development Journal of Education, 7(1), 136. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105
Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 148–153. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53803
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605
Ridwan, R. S., Aqsa, I. Al, & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653. DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126–133. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Sadiyah, N. F., & Ginanjar, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap HOTS Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Gombong. SOSIOLIUM, 2(2). https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i2.41380. DOI: https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i2.41380
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Said, S., & Azhar. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 Pada Materi Ekonomi Di SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.33627/pk.v3i2.397. DOI: https://doi.org/10.33627/pk.v3i2.397
Sari, I. P., & Fathoni, A. (2022). Problem Based Learning Model Assisted by Renderforest Video Animation on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 6(4), 648–656. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i4.56304.
Sari, N. K. C. P. (2022). Powtoon Animation Video Based on Contextual Approach in Elementary School Mathematics Learning. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 308–317. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337
Sembiring, M. B., Octariani, D., & Rambe, I. H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1), 36–41. https://doi.org/10.30596%2Fjmes.v2i1.6874.
Setiana, F., Rahayu, T. S., & , W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14
Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK Problem Based Learning In The 2013 Curicullum. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sudiarta, I. G. P., & Widana, 1 W. (2019). Increasing mathematical proficiency and students character : lesson from the implementation of blended learning in junior high school in Bali Increasing mathematical proficiency and students character : lesson from the implementation of blended learning i. Journal of Physics: Conference Series, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012118
Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320–331. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940 – 1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Syafira, D. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SD. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.851. DOI: https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.851
Taub, M., Sawyer, R., Smith, A., Rowe, J., Azevedo, R., & Lester, J. (2020). Computers & Education The agency effect : The impact of student agency on learning , emotions , and problem-solving behaviors in a game-based learning environment. Computers & Education, 147, 1037881. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103781. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103781
Utari, R. S., & Astiswijaya, N. (2022). Video Pembelajaran Sebagai Media Untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–137. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.197. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.197
Wayan Suwarni Negeri, N. S. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 330–337. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195–205. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Yatri, I., & Pratiwi, L. (2017). Peranan Media Video dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70–80. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Zural, M. M., & Febrinaldi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Aktifitas Siswa. BioCONCETTA, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i1.2801. DOI: https://doi.org/10.22202/bc.2018.v4i1.2801
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ardiansyah, Meyko Panigoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)