Pemanfaatan Media Video Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Nurul Maulida Alwi Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Media Video, Analisis Masalah, Problem based Learning

Abstract

Kemampuan berpikir yang rendah dari siswa dalam menganalisa isu permasalahan serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sehingga menyebabkan capaian pembelajaran kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media video dalam model pembelajaran PBL terhadap pemecahan masalah. Pre-experimental design dengan menggunakan pretest-posttest design merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dan sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi langsung, dokumentasi dan alat instrumen tes. Analisis data menggunakan SPSS 26 untuk menganalisis skor mean sebelum dan sesudah pengujian, hasil uji normalitas, homogenitas serta hasil uji T sampel tunggal. Hasil uji-T one sampel, penggunaan video pembelajaran dalam model pembelajaran berbasis masalah kelas pra eksperimen berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan penggunaan video berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Implikasi penelitian ini bahwa penggunaan media video dalam pendekatan pembelajaran PBL dapat membantu dalam pemecahan masalah.

Published

2024-04-26

How to Cite

Ardiansyah, Meyko Panigoro, & Nurul Maulida Alwi. (2024). Pemanfaatan Media Video Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/63178

Issue

Section

Articles