Relevansi Implikatur Percakapan Bermuatan Nilai Pendidikan pada Vlog Jerome Polin sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Intan Surya Pratiwi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto, Indonesia
  • Kuntoro Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67369

Keywords:

Implikatur Percakapan, Nilai Pendidikan, Teks Anekdot

Abstract

Komunikasi dengan bahasa menjadikan setiap orang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.  Tujuan spesifik dari penelitian ini adalah menemukan fungsi implikatur percakapan pada Vlog Jerome Polin di YouTube. penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis relevansi implikatur percakapan Vlog Jerome Polin di YouTube terhadap pembelajaran teks anekdot di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah dialog percakapan pada Vlog Jerome Polin. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan Vlog Jerome Polin, mentranskrip Vlog Jerome Polin yang sudah dikumpulkan, melakukan pendokumentasian tuturan pada Vlog Jerome Polin yang mengandung praanggapan, menganalisis data, membuat simpulan dari seluruh analisis. Hasil penelitian alih kode dan campur kode yang terjadi dalam video Youtube Jerome Polin akan dikaitkan dalam KD 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot dan 4.6 menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur teks anekdot dan struktur kebahasaan teks anekdot. Handout ini dengan menambahkan pengertian, ciri-ciri, struktur dan kebahasaan teks anekdot yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini untuk menyelesaikan fungsi implikatur percakapan pada sebuah tayangan harus menganalisis tuturan terlebih dahulu dan menyelesaikannya.

References

Aslan, A. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237

Astuti, W. D. (2017). Implikatur Percakapan Dalam Gelar Wicara “Sentilan Sentilun” Di Metro Tv. Kandai, 13(2), 311. https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.306. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.306

Dwi Puspita Sari, L., & Puspitasari, D. (2022). Implikatur Percakapan Tokoh dalam Film Single 2 karya Raditya Dika. Sambhasana, 1(1), 41–49.

Erawan, D. G. B. (2021). Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Program Studi Akuntansi Semester I Feb Unmas Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(1), 56–71. https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1807. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1807

Fawziyyah, S., & Santoso, B. W. J. (2017). Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 323–330. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka.

Gita Amalia, Maria L.A.S., & Lita Luthfiyanti. (2020). Implikatur Percakapan Dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Locana, 3(2), 13–22. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.43. DOI: https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.43

Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578

Isnaniah, S. (2018). Analisis Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Surakarta. SeBaSa, 1(2), 134. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1041. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1041

Jaya, S. (2021). Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pendidikan, 10(2), 20–36. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i2.10290.

Karnieli-Miller, O. (2020). Reflective practice in the teaching of communication skills. Patient Education and Counseling, 103(10), 2166–2172. https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.06.021. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.06.021

MaericE, W. S., Wijayawati, D., & Nugroho, B. A. P. (2020). Implikatur Percakapan dalam Film Orang Kaya Baru sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot Kelas X. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385. DOI: https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Moseley, C., Summerford, H., Paschke, M., Parks, C., & Utley, J. (2020). Road to collaboration: Experiential learning theory as a framework for environmental education program development. Applied Environmental Education & Communication, 19(3), 238–258. https://doi.org/10.1080/1533015X.2019.1582375. DOI: https://doi.org/10.1080/1533015X.2019.1582375

Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223. DOI: https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223

Nurita Hasmalani, Akhyaruddin, & Agus Setyonegoro. (2023). Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1899. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1899

Pudyastuti, L. A., & Zamzani, Z. (2019). Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Widyaparwa, 47(1), 21–32. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.316. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.316

Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunikasi, 1(2), 1–13.

Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.

Rusminto. (2017). Implikatur Percakapan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/13278.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98–105. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134. DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134

Sari, D. P., & Effendi, M. S. (2020). Implikatur Percakapan dalam Film Sweet 20 Karya Ody C. Harahap. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.10929. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.10929

Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913

Susanto, R., Rozali, Y., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers: Pedagogical Knowledge, Reflective Ability, Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. The Journal of Educational Research, 7, 2032–2124. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010

Wahyuningsih, H., & Rafli, Z. (2017). Implikatur Percakapan Dalam Stand Up Comedy 4. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 139–153. https://doi.org/10.21009/bahtera.162.09. DOI: https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.09

Wulan Sari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572.

Yessinta Yulianti, A. P. Y. U. (2020). Analisis implikatur percakapan dalam tuturan film laskar pelangi. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 1–14. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/693.

Zumaro, I. J. (2021). Implikatur Percakapan dalam Sinetron “Dunia Tebalik” Episode ke-2006-2007 di RCTI: Kajian Pragmatik. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 85. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1250. DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1250

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Pratiwi, I. S. ., & Kuntoro. (2023). Relevansi Implikatur Percakapan Bermuatan Nilai Pendidikan pada Vlog Jerome Polin sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 408–420. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67369

Issue

Section

Articles