Relevansi Implikatur Percakapan Bermuatan Nilai Pendidikan pada Vlog Jerome Polin sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67369Keywords:
Implikatur Percakapan, Nilai Pendidikan, Teks AnekdotAbstract
Komunikasi dengan bahasa menjadikan setiap orang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tujuan spesifik dari penelitian ini adalah menemukan fungsi implikatur percakapan pada Vlog Jerome Polin di YouTube. penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis relevansi implikatur percakapan Vlog Jerome Polin di YouTube terhadap pembelajaran teks anekdot di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan dasar penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah dialog percakapan pada Vlog Jerome Polin. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari dan mengumpulkan Vlog Jerome Polin, mentranskrip Vlog Jerome Polin yang sudah dikumpulkan, melakukan pendokumentasian tuturan pada Vlog Jerome Polin yang mengandung praanggapan, menganalisis data, membuat simpulan dari seluruh analisis. Hasil penelitian alih kode dan campur kode yang terjadi dalam video Youtube Jerome Polin akan dikaitkan dalam KD 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot dan 4.6 menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur teks anekdot dan struktur kebahasaan teks anekdot. Handout ini dengan menambahkan pengertian, ciri-ciri, struktur dan kebahasaan teks anekdot yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini untuk menyelesaikan fungsi implikatur percakapan pada sebuah tayangan harus menganalisis tuturan terlebih dahulu dan menyelesaikannya.
References
Aslan, A. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237
Astuti, W. D. (2017). Implikatur Percakapan Dalam Gelar Wicara “Sentilan Sentilun” Di Metro Tv. Kandai, 13(2), 311. https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.306. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v13i2.306
Dwi Puspita Sari, L., & Puspitasari, D. (2022). Implikatur Percakapan Tokoh dalam Film Single 2 karya Raditya Dika. Sambhasana, 1(1), 41–49.
Erawan, D. G. B. (2021). Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Program Studi Akuntansi Semester I Feb Unmas Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(1), 56–71. https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1807. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1807
Fawziyyah, S., & Santoso, B. W. J. (2017). Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 323–330. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka.
Gita Amalia, Maria L.A.S., & Lita Luthfiyanti. (2020). Implikatur Percakapan Dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Locana, 3(2), 13–22. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.43. DOI: https://doi.org/10.20527/jtam.v3i2.43
Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Isnaniah, S. (2018). Analisis Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Surakarta. SeBaSa, 1(2), 134. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1041. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1041
Jaya, S. (2021). Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pendidikan, 10(2), 20–36. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i2.10290.
Karnieli-Miller, O. (2020). Reflective practice in the teaching of communication skills. Patient Education and Counseling, 103(10), 2166–2172. https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.06.021. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.06.021
MaericE, W. S., Wijayawati, D., & Nugroho, B. A. P. (2020). Implikatur Percakapan dalam Film Orang Kaya Baru sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot Kelas X. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325. DOI: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385. DOI: https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Moseley, C., Summerford, H., Paschke, M., Parks, C., & Utley, J. (2020). Road to collaboration: Experiential learning theory as a framework for environmental education program development. Applied Environmental Education & Communication, 19(3), 238–258. https://doi.org/10.1080/1533015X.2019.1582375. DOI: https://doi.org/10.1080/1533015X.2019.1582375
Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223. DOI: https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223
Nurita Hasmalani, Akhyaruddin, & Agus Setyonegoro. (2023). Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1899. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1899
Pudyastuti, L. A., & Zamzani, Z. (2019). Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Widyaparwa, 47(1), 21–32. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.316. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i1.316
Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunikasi, 1(2), 1–13.
Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.
Rusminto. (2017). Implikatur Percakapan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO/article/view/13278.
Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98–105. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134. DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4134
Sari, D. P., & Effendi, M. S. (2020). Implikatur Percakapan dalam Film Sweet 20 Karya Ody C. Harahap. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.10929. DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.10929
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.913
Susanto, R., Rozali, Y., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers: Pedagogical Knowledge, Reflective Ability, Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. The Journal of Educational Research, 7, 2032–2124. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010
Wahyuningsih, H., & Rafli, Z. (2017). Implikatur Percakapan Dalam Stand Up Comedy 4. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 139–153. https://doi.org/10.21009/bahtera.162.09. DOI: https://doi.org/10.21009/BAHTERA.162.09
Wulan Sari, A. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572.
Yessinta Yulianti, A. P. Y. U. (2020). Analisis implikatur percakapan dalam tuturan film laskar pelangi. Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 1–14. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/693.
Zumaro, I. J. (2021). Implikatur Percakapan dalam Sinetron “Dunia Tebalik” Episode ke-2006-2007 di RCTI: Kajian Pragmatik. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 85. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1250. DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1250
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Intan Surya Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)