Media Smart Apps Creator Berbasis Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif

Authors

  • Dyah Ratnasari Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Isa Ansori Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia”

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68614

Keywords:

Media Pembelajaran, Smart Apps Creator, Problem Based Learning, Kalimat Efektif

Abstract

Terbatasnya penggunaan media pembelajaran, model pembelajaran yang belum inovatif (konvensional) dan guru merasa kesulitan untuk mengajarkan materi kalimat efektif muatan pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jontro melatarbelakangi dilaksanakanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan, serta keefektifan media Smart Apps Creator  berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D)dengan model pengembangan menurut Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.“Teknik analisis data analisis produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Subjek validasi dilakukan oleh beberapa ahli, yakni 1ahli materi dan 1 ahli media. Subjek uji coba adalah siswa kelas III SDN Jontro. Hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 91% kriteria “Sangat layak”, hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 80% kriteria “Sangat layak”, hasil pretest dan postest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan dengan kriteria “sedang”. Pada uji coba skala kecil serta uji coba skala besar mengalami peningkatan rata-rata yang termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah media Smart Apps Creator berbasis Problem Based Learning sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat efektif pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Agustini, D., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10967. DOI: https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10967

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amil, A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2). https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628

Anggraeni, W. S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Ardiansyah, Y., & Wicaksono, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Smart App Creator (Sac) Pada Materi Persamaan Nilai Mutlak. Koordinat Jurnal MIPA, 3(2), 33–42. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i2.42. DOI: https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i2.42

Arifin, F., & Tri Anzani Ashari, F. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Matemtika Siswa Sekolah Dasar : STUDI META-ANALISIS. Jurnal PGSD, 7(2), 53. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5099. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5099

Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas penggunaan media mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar mahasiswa ikip budi utomo malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5072. DOI: https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5072

Azizah, S., Khuzaemah, E., & Rosdiana, I. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam kehidupan sehari-harinya dan juga psikomotor ( keterampilan ) siswa . Proses belajar dapat materi dan bahan belajar yang. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2005, 197–213. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957. DOI: https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957

Davies, C., Hendry, A., Gibson, S. P., Gliga, T., McGillion, M., & Gonzalez-Gomez, N. (2021). Early childhood education and care (ECEC) during COVID-19 boosts growth in language and executive function. Infant and Child Development, 30(4), 1–15. https://doi.org/10.1002/icd.2241. DOI: https://doi.org/10.1002/icd.2241

Demirtas, S., & Cayir, N. A. (2021). An Investigation of Elementary School Teachers’ Experiences about Outdoor Education Activities Project*. Egitim ve Bilim, 46(208), 1–30. https://doi.org/10.15390/EB.2021.9565. DOI: https://doi.org/10.15390/EB.2021.9565

Desramaza, A., Tiona Pasaribu, F., & Sufri. (2023). Desain Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator. Pedagogy, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2382.

Dwi, I. K., Ardana, C., Agung, A., Agung, G., & Simamora, H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.

Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 182–190. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182

Elviana, D., & Julianto, J. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (Sac) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4).

Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas. Jurnal Mentari, 1(2), 94–102.

Fahri, A. (2022). Smart Apps Creator (Sac) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Di Smait Insan Mulia Boarding School. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54518. DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54518

Faisal, A. H., Zuriyati, Nf., & Leiliyanti, E. (2020). Media Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p1-18

Fauzi, A. Z., Brilianti, D. F., & Kamal, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Teknik Voice Over. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 21–26. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.482. DOI: https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.482

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1), 106–124. https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.4857. DOI: https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.4857

Glorioso, I. G., Arevalo, S. F. Q., Decena, M. B. S., Jolejole, T. K. B., & Gonzales, M. S. (2022). Developing and pre-testing of nutrition cartoon video to promote healthy eating among hearing and deaf and mute children. Malaysian Journal of Nutrition, 28(3). https://doi.org/10.31246/mjn-2021-0127. DOI: https://doi.org/10.31246/mjn-2021-0127

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hendri, M., Pramudya, L., Ika, N., & Pratiwi, S. (2020). Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25209. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25209

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.

Hudhana, W. D. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 31–46. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6839. DOI: https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6839

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411. DOI: https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411

Ikhtiarini, R. U., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible : Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 102–110. https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.138. DOI: https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.138

Juniari, I. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Latifah, N., Hasan, N., & Fitria, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negri Sukamurni 1 Kabupaten Tengerang. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3463. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3463

Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGS, 8(2), 293–303. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829

Marizal, Y., R., S., & Tressyalina, T. (2021). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 2 Gunung Talang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(4), 441–452. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i4.264. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i4.264

Meilinda, I., Hamdu, G., & Apriliya, S. (2017). Media Mock-Up Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i2.7319.

Munthe, D. A. Y., Hasibuan, T. P., Sukma, D. P., Irfani, S. Y., & Deliyanti, Y. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405. DOI: https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405

Murniyati, & Winarto. (2018). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 25–33. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.914. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.914

Nikdel Teymori, A., & Fardin, M. A. (2020). COVID-19 and Educational Challenges: A Review of the Benefits of Online Education. Annals of Military and Health Sciences Research, 18(3). https://doi.org/10.5812/amh.105778. DOI: https://doi.org/10.5812/amh.105778

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105 . DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Nurfadhillah, S., Damayanti Tantular, L., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA, 3(2), 267–279. https://doi.org/10.36088/PENSA.V3I2.1351.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary school teacher’s obstacles in the implementation of problem-based learning model in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238

Nurtanto, M., Sofyan, H., Fawaid, M., & Rabiman, R. (2019). Problem-based learning (PBL) in industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). Universal Journal of Educational Research, 7(11), 2487–2494. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071128. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071128

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565

Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-modules During The COVID-19 Pandemic? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307–314. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687

Qodriani, R. N. L., Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Ratihwulan, E., & Asmara, R. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Discokaku Dipadu Gambar Berseri di SMA Negeri 5 Magelang. Transformasi: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 3(1). https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.2006. DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.2006

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Risabethe, A., & Astuti, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Rustam Efendy Rasyid, Usmam M., S. A. S. (2019). Higher Order Thinking Skill. CV. Syntax Computama.

Sadikin, M. (2019). Pemanfaatan Media Gambar Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Ips Sma Muhammadiyah 2 Pontianak. Diakronika, 19(2), 121–126. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649. DOI: https://doi.org/10.24036/diakronika/vol19-iss2/92

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sari, S. M., Ma’arij, M. Z., & Adila, D. R. (2023). The Effectiveness of Multimedia-based Learning Media on the Achievement of Health Students’ Competences: A Literature Study. KnE Medicine, 2023, 25–38–25–38. https://doi.org/10.18502/KME.V3I1.12695. DOI: https://doi.org/10.18502/kme.v3i1.12695

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D/Sugiyono. Alfabeta.

Suhartati, O. (2021). Flipped Classroom Learning Based on Android Smart Apps Creator (SAC) in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012070

Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836

Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Yume: Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778.

Syahroni, & Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 262–271. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2237. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2237

Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X AkuntansI 3 DI SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693

Wedyawati, Nelly, and Y. L. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. : CV Budi Utama.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523

Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36

Yuliawati, D. D., Bintang, K. A., Fath A., M. S., Fitrotul, R., Gheafitri, Z., & Hanatan, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Penilaian Tes Dan Non Tes. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 65. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i2.31048. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v11i2.31048

Yuniastuti, Miftakhuddin, and M. K. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. Scopindo Media Pustaka. DOI: https://doi.org/10.31234/osf.io/s8q2w

Yusmiono, B. A. (2018). Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Di Universitas PGRI Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2148.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Dyah Ratnasari, & Isa Ansori. (2024). Media Smart Apps Creator Berbasis Problem Based Learning Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Efektif. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 10–21. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68614

Issue

Section

Articles