Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal

Authors

  • Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Komang Dewi Susanti STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wira Darma STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Bali Sastrawan STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Putu Wulandari Tristananda STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68661

Keywords:

Pasraman, Pengembangan Kurikulum, Merdeka Belajar, Budaya Lokal

Abstract

Pendidikan keagamaan Hindu saat ini sangat gencar dalam mengembangkan pendidikan pasraman formal. Namun keberadaan pasraman ini memerlukan pengimplementasian kurikulum yang sesuai dengan keberadaan pasraman. Penerapan kurikulum merdeka belajar yang terintegrasi dengan budaya daerah memiliki keunggulan karena lebih relevan dan interaktif dibandingkan dengan pendekatan pendidikan lainnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kurikulum merdeka belajar terintegrasi budaya lokal di utama widya pasraman astika dharma. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Percobaan pada penelitian dilakukan pada dua kali uji terpisah yang terdiri dari uji ahli dan uji pengguna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis reflektif dalam menelaah hasil wawancara berdasarkan analisis kebutuhan. Hasil penelitian ini menghasilkan kurikulum yang sangat bermanfaat bagi prodi dalam penguatan projek mata kuliah desain pengembangan kurikulum pasraman. Berdasarkan penilaian dari pihak pengguna, dosen pengampu mata kuliah pengembangan kurikulum di pasraman, serta ahli materi dan ahli bahasa menyatakan bahwa kurikulum yang sudah selesai disusun layak digunakan.

References

Amirin, T. M. (2013). implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047

Amirudin, A., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2022). An Analysis of Critical Education Study on Independent Learning Campus Policy. Jurnal Basicedu, 6(2), 2777–2782. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2482. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2482

Dasmo, D., Okyranida, I. Y., Fitrian, A., Mulyaningsih, N. N., Widiyatun, F., & Astuti, I. A. D. (2022). Analisis Persepsi Kebutuhan Guru SMA dalam Mengimplementasikan Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Budaya Lokal. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 6(2), 113–118. https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i2.1757. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i2.1757

Ekayanti, P. Y., & Temon Astawa, I. N. (2022). Pentingnya Motivasi Dari Diri Sendiri Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 377–387. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i4.3108.

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076

Kiriana, I. N. (2021). Pasraman Branding: Tantangan Dan Strategi. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 110–121. https://doi.org/10.33363/sn.v0i5.124.

Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300

Mardiana, D., & Umiarso, U. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19: Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1896. DOI: https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1896

Mudana, I. W. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Agama Hindu Berbasis Multikultur Pada Sekolah Menengah Atas Di Provinsi Bali. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 3(1), 65–79.

Nareswari, T. J., Putri, V. K., Aldwinarta, F. H., & Setiawan, N. C. E. (2023). Etnochem: Inovasi Media Pembelajaran E-Flipbook Berbasis Kearifan Lokal (Patung Garuda Wisnu Kencana) Terintegrasi Steam Guna Menyukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 383–394.

Nengsih, S. W. (2020). Kearifan Lokal Dalam Legenda Keagamaan Masyarakat Banjar. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 41. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395

Parmajaya, I. P. G. (2016). Peningkatan Kualitas Dan Mutu Pendidikan Agama Hindu Melalui Pemahaman Taksonomi Tri Kaya Parisudha. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.70. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.70

Perbowosari, H. (2018). Bhakti Anak Terhadap Orang Tua (Menurut Ajaran Agama Hindu). 1–6. https://doi.org/10.31227/osf.io/38wdj. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/38wdj

Putra, I. P. A. S., & Suantara, I. W. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Augmented Reality Guru SMA Hindu Utama Widya Pasraman (UWP) Astika Dharma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Markandeya, 2(1), 1–4.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Rochmat, S., & Trisnawati, D. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah dI Sma Negeri 2 Wates, Kulon Progo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17736. DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v13i1.17618

Rudiarta, I. W., & Pramana, I. B. K. Y. (2021). Mengembangkan Pembelajaran Paikem di Pasraman dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 85–96.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Suda, I. K. (2017). Pasraman Sebagai Energi Pendidikan Agama Dan Seni Hindu Dalam Dominasi Dan Hegemoni Pendidikan Modern. SOSHUM: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(7), 364–373. https://doi.org/10.31940/soshum.v7i3.714. DOI: https://doi.org/10.31940/soshum.v7i3.714

Sudarmiani, S. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(1), 54–72. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556

Sudarsana, I. K., Sekarini, N. M., Gunawan, I. G. D., Gunada, I. W. A., & Januariawan, I. G. (2023). Fostering Students’ Creativity Through Hinduism Education-Based Bincang Esaba Program. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture, 34, 2301–2316. DOI: https://doi.org/10.59670/jns.v34i.1507

Sudiarta, I. W., Winaja, I. W., & Indiani, N. M. (2023). School Based Management System At Utama Widya Pasraman Astika Dharma Karangasem: School Based Management System At Utama Widya Pasraman Astika Dharma Karangasem. International Journal of Educational Management and Innovation, 4(1), 60–73. https://doi.org/10.12928/ijemi.v4i1.7767. DOI: https://doi.org/10.12928/ijemi.v4i1.7767

Sudyana, D. K., & Winantra, I. K. (2021). Strategi Dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis Kearifan Lokal. Widyanatya, 3(2), 92–102. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v3i2.2119.

Sugiyanto, B., & Erviana, Y. (2022). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 302–311. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52369. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52369

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Suparta, I. K. (2021). Penguatan Metode Dasa Dharma Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Spiritual di Pasraman Non Formal. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 66–80. https://doi.org/10.33363/sn.v0i5.146.

Suradarma, I. B. (2019). Pendidikan Agama Hindu Sebagai Landasan Pendidikan Moral dan Etika. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 16–36. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1731. DOI: https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1731

Suyono, S. (2021). Persepsi Berbagai Strata Sosial Masyarakat Terhadap Pasraman Formal. Pasupati, 7(2), 155–164. https://doi.org/10.37428/pspt.v7i2.142.

Takdir, M., Sani, K. R., Hasdinawati, H., Juniati, S. R., & Arifin, Z. (2021). Polemik Implementasi Program Magang MBKM Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi: Jurnal Sosial Dan Politik, 11(2).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2). https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125.

Winanti, N. P. (2021). Pasraman Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Budaya Dan Spiritual. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.37329/jpah.v5i2.1277. DOI: https://doi.org/10.37329/jpah.v5i2.1277

Yasa, I. M., Sukadi, S., & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti, Komang Dewi Susanti, I Wayan Wira Darma, Ketut Bali Sastrawan, & Putu Wulandari Tristananda. (2024). Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68661

Issue

Section

Articles