Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal

Authors

  • Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Komang Dewi Susanti STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wira Darma STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Bali Sastrawan STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia
  • Putu Wulandari Tristananda STAH N Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pasraman, Pengembangan Kurikulum, Merdeka Belajar, Budaya Lokal

Abstract

Pendidikan keagamaan Hindu saat ini sangat gencar dalam mengembangkan pendidikan pasraman formal. Namun keberadaan pasraman ini memerlukan pengimplementasian kurikulum yang sesuai dengan keberadaan pasraman. Penerapan kurikulum merdeka belajar yang terintegrasi dengan budaya daerah memiliki keunggulan karena lebih relevan dan interaktif dibandingkan dengan pendekatan pendidikan lainnya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kurikulum merdeka belajar terintegrasi budaya lokal di utama widya pasraman astika dharma. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Percobaan pada penelitian dilakukan pada dua kali uji terpisah yang terdiri dari uji ahli dan uji pengguna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis reflektif dalam menelaah hasil wawancara berdasarkan analisis kebutuhan. Hasil penelitian ini menghasilkan kurikulum yang sangat bermanfaat bagi prodi dalam penguatan projek mata kuliah desain pengembangan kurikulum pasraman. Berdasarkan penilaian dari pihak pengguna, dosen pengampu mata kuliah pengembangan kurikulum di pasraman, serta ahli materi dan ahli bahasa menyatakan bahwa kurikulum yang sudah selesai disusun layak digunakan.

Published

2024-04-26

How to Cite

Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti, Komang Dewi Susanti, I Wayan Wira Darma, Ketut Bali Sastrawan, & Putu Wulandari Tristananda. (2024). Kurikulum Merdeka Belajar Terintegrasi Budaya Lokal . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/68661

Issue

Section

Articles